Pempek 123

Pempek 123 bandar Lampung
Pempek 123

Sabtu kemarin tanggal 18 Maret kakak bareng adikku dan kedua keponakan yang ada di Jakarta datang ke Lampung, niatnya mau ziarah ke makam ibu sebelum ramadhan tiba. Gak lama sih hanya sehari aja, itupun di sempetin karena Senin kembali beraktifitas.


Setelah ziarah ke makam ibu selesai, karena hanya ada waktu sehari karena Minggu paginya mereka akan balik lagi ke Jakarta, kami ber lima nyempetin jajan pempek 123 yang lumayan  ngetop di Bandar Lampung, lokasinya berada di jalan Jendral Sudirman samping SMP 23 Tanjung Karang Bandar Lampung.



Di Lampung sendiri banyak ruko-ruko yang berjualan empek-empek ikan yang lumayan terkenal dan rasanya enak",biasanya buat  makan di tempat atau di bawa pulang sebagai oleh-oleh. Ketika tiba banyak petugas yang membungkus oleh-oleh di dalam kotak kardus.


Kami pesen empek-empek satu porsi,terdiri dari empek-empek telur, lenjer dan adaan kebetulan pempek keriting sudah habis, satu porsi terdiri dari 10-12 buah,foto yang di atas tadi.


Pempek di Lampung sendiri memang cukup terkenal dengan rasa ikannya yang asli, jadi kalau kalian datang main ke Lampung banyak ruko pempek yang bisa di kunjungi.


Mulai dari pedagang di emperan lorong  king hingga pedagang di ruko juga ada.Untuk rasa ga perlu khawatir karena pempek di emperan pun rasa tetep dari ikan asli no kaleng-kaleng.


Celimpungan

Si adek pesen tekwan dan si kakak pesen climpungan, karena setiap pulang ke Lampung ga sempet mampir nyicipin ,maklum waktu terbatas banget, jadi ga sempet keliling buat kulineran, praktis waktu libur hanya satu hari kemarin di sempet-sempetin.


Kalau celimpungan sendiri berkuah santan warna kuning, kuahnya sedep banget, gurih sedang isiannya adalah adonan yang terbuat dari ikan, untuk menambah sedap bisa di beri sambalnya,dan taburan bawang goreng. 


Di pempek 123 ini banyak yang datang buat makan dan beli oleh-oleh untuk di bawa pulang, berhubung di dalam ruangannya  cukup besar, jadi walaupun ramai ga terlalu riweuh. Hanya di bagian kasir terlihat beberapa pengunjung ngantri.



Di dalam ada dua rak yang memajang dagangan berupa kerupuk ikan, ada beberapa jenis kerupuk dan juga sambal khas Lampung, kebetulan si kakak beli beberapa kerupuk dan sambal buat oleh-oleh.


Sambal Lampung


Oleh-oleh kerupuk ikan


Setelah puas nyicipin pempek, dan belanja sedikit oleh-oleh nya kamipun bergegas pulang, karena hari sudah semakin sore dan cuaca agak gerah, sumuk dan peliket, mandi bersih-bersih kayaknya seger deh..sekian postingan yang rada nanggung ini :D




Salam


Posting Komentar

8 Komentar

  1. Asssallammualaikum, wah empek - empeknya weeenak banget mbak Henny sayangnya empek - empek disini mahal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam mbk...ya Disinipun lumayan mahal mbk..ada yg perbuah Rp 2500-3000 ,tapi sesuailah rasanya enak

      Hapus
  2. Kuliner Lampung, Sumsel, dan Jambi, hampir sama ya, ananda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund...mungkin karna sama"dari Sumatra jadi masih sama..makasi bundπŸ™

      Hapus
  3. baru tahu ada makanan yang namanya Cilempungan dan aku jadi penasaran gimana rasanya πŸ˜‚. kayaknya di jakarta aku belum pernah nemu menu makanan ini, Kak.

    kalau makan pempek, aku paling sering pesan yang kapal selam~ kayaknya ini favorit semua orang ya 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Celimpungan itu kuahnya gurih banget Lii..gak tau bumbunya apaan..πŸ˜€
      Kapal selem itu memang favorit semua orang,tapi ukurannya lumayan guedee..jadi puas nyantapnya... hahahhah

      Hapus
  4. selalunya mereka guna ikan apa yang paling sedap?

    wahhhh banyaknyaaaa keropok ikan!!!

    BalasHapus