Seruit,Sambal Khas Lampung

Seruit

Seruit...hemm makanan jenis apa pulak itu, iya bagi sebagian orang barangkali enggak tau apa itu seruit, seruit adalah sambal khas Lampung yang rasanya pedas dan khas.

Seruit sendiri sebenarnya adalah seperti sambal tomat pada umumnya hanya saja bahan campurannya bukan tomat, di Lampung sendiri biasanya memakai rampai sebagai pengganti tomat.


Rampai,foto shopee

Rampai sendiri umumnya memang di pakai untuk membuat sambal, mirip tomat ceri, tapi bukan yaa. Kulit rampai sendiri lebih tipis dibandingkan dengan tomat atau tomat ceri.


Seruit sendiri terdiri dari sambal terasi biasa dengan campuran pelengkap lain seperti timun yang di kerok isinya dan terong panjang bakar serta campuran ikan yang di suwir-suwir.


Terong panjang ungu🍆yang di bakar lantas di kupas kulitnya dan di campurkan bersama kerokan isi timun dan ikan, biasanya ikan bakar, ikan goreng pun jadilah, jika semua bahan sudah lengkap tinggal di aduk menjadi satu, kayak foto paling atas tadi, itulah seruit, sambal khas Lampung, saya sisipkan gambarnya after and before nya .


Seruit yg sudah jadi


Bahan seruit

Sebetulnya seruit adalah menu yang sehat, karena di dalam campuran seruit sudah ada protein dari ikan dan campuran terong bakar dan timun, anggap sajalah itu vitaminnya:D.

Biasanya ada buah khusus untuk tambahan seruit, sayangnya sudah lumayan langka dan jarang ditemui rasa buahnya asam dan jadi ciri khas seruit, namanya buah kemang, mirip mangga tapi rasanya agak beda.

Biasanya dalam tradisi Lampung sering makan seruit bersama-sama, berkumpul dengan sanak famili dengan menggelar tikar ataupun karpet, seruit dan kelengkapan makan lainnya di sajikan di atas piring/wadah di atas hamparan tikar atau karpet, jadi suasana kekeluargaannya lebih terasa, tapi makan seruit sendiri juga boleh-boleh saja, ga di larang koq.



Kebetulan saya lagi nyeruit bareng sepupu, walau lauk seadanya tetap terasa nikmat karena makan bareng-bareng. Kalau makan seruit bisa lupa diri karena nambah lagi dan lagi😁.Biasanya ada banyak lalapan dalam tradisi nyeruit.

Sebetulnya ada yang kurang, biasanya seruit di dampingi dengan gulai ikan pindang yang rasanya gurih, pedas dan agak sedikit asam, sayang kali ini kita gak sempet buat, inipun cukuplah buat makan siang bareng🤤 udah nikmat banget, apalagi kalo lagi musim hujan bawaannya laper teroos.

Nah jadi sudah taukan apa itu seruit ?,iya seruit adalah sambal khas Lampung yang banyak campuran di dalamnya, selain sambalnya itu sendiri, ada campuran ikan yang di suwir-suwir, isi timun yang di kerok dan campuran terong bakar, di aduk jadi satu, itulah seruit ,sambal khas Lampung.




Salam




Posting Komentar

6 Komentar

  1. Auto lue lihat porsi makannya. Itukah sambel khas orang lampung Bu?

    Saya cuma kenal sambel trasi, soalnya gak suka sambel. Suka meler hidungnya kalo kepedesan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makan saya memang segitu mas Nuhid,tapi kalo lagi cocok sama makannya bisa nambah wwkkk

      Iya itu sambel khas Lampung,..saya demen sambel siii walo idung mbeler kepedesan..tetep ga bisa brenti😁

      Hapus
  2. Seruit, sambal seruit ya emm itu rasa khas nya seperti apa mba dengan bahan campuran yang begitu banyak ?

    Tapi sepertiny kalau saya gak doyan ada terong 😂 makanan paling tidak saya suka terong, dari bayi sampai sekarang belum pernah ngrasain terong, liat terong di goreng aja geeeeeerr 🤮 tapi kenapa banyak yang suka yaa, malah curhat

    Kembali ke seruit sambel, itu sambel setelah di bikin bisa bertahan sampai berpa lama mba, dan apakah ada yang jual,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya ya pedes..seger aja mas..kalo saya auto nambah😁...emm ga suka terong yaa...kalo saya lalapan rata"doyan..di lepas di kebun juga bakalan anteng hahahah

      Seruit itu ga tahan lama mas..jadi seperti makan sambal biasa..sekali buat dan sekali makan habis gitu..jadi ga da yg jual

      Hapus
  3. ga sah ditanya...liat itu foto aja aku dah merem melek kek ngerasain ni sambel radanya asem asem seger enak gitu....ah bikin pengen maem nih...aku kalau liat ikan ditambah sayur ijo rebus gitu suka bangaaat...aduh...mau ah bikin juga hihi 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbk..seruit itu bikin makan jadi nambah..karena pedas..gurih asem....padahal cuman makanan sederhana ajaloh👍😁...

      Hapus