Menjaga Mental Tetap Waras

Hari kesehatan mental dunia berlangsung pada tanggal 10 Oktober yang lalu, meskipun sudah berlalu gak ada salahnya sedikit mengulas seputaran kesehatan mental.

Masih banyak orang-orang di sekitaran kita yang ga ngerti gimana rasanya menjadi orang yang mengalami gangguan mental, namun gangguan mental gak selalu berkonotasi kurang waras ya, karena merekapun teteplah normal seperti yang lainnya.

Kali ini akan membahas mengenai serangan panik alias panic attack bahasa kerennya, walaupun yang dirasain ga lah sekeren namanya.

Serangan Panik bisa datang tiba-tiba tanpa mengenal waktu dan tempat, bisa saja terjadi saat penderita sedang melakukan kegiatan normal, didalam kendaraan umum, saat sedang berkumpul, bahkan saat sedang menikmati liburan, seperti jelangkung aja, datang tak di undang pulang gak di antaršŸ˜©.

Biasanya penderita akan mengalami sensasi yang tidak nyaman pada tubuh berupa rasa deg-degan, kesulitan berfikir logis karena perasaan cemas, rasa tidak nyaman di pencernaan, ketegangan otot bahkan berkeringat, biasanya sensasi berlangsung sekitar lima sampai sepuluh menit, setelah itu akan perlahan menghilang.

Karena datang tanpa alarm alias ujug-ujug ga jelas, kebanyakan penderita suka ngerasa ga nyaman saja kalau sedang melakukan aktifitas, tau-tau muncul .

Beberapa tips ringan yang bisa di lakukan jika tiba-tiba serangan panik datang :

1.Tarik nafas dan hembuskan nafas secara perlahan sebanyak lima sampai sepuluh kali hitungan.

2.Yakinkan pada diri sendiri jika perasaan tidak nyaman ini hanya sementara dan akan segera hilang.

3.Tetap tenang dan cobalah tetap berfikir positif dan beri sugesti pada diri kita dengan kalimat positif berulang-ulang seperti.."ok saya tidak perlu cemas karena apa yang di cemaskan tidak akan terjadi, saya akan baik-baik saja".

Bisa di ulang-ulang kalimat positif ini saat menjelang tidur dan saat bangun tidur agar memori kita terbiasa mendengar dan merekam di otak.

4.Istirahat yang cukup dan cobalah lakukan hal-hal ringan seperti berjalan di sekitar rumah, memasak menu sederhana, baca novel, dengerin lagu, apapun yang kamu suka, supaya kamu tetap rileks.

5. Jaga pola makan yang sehat, berolah raga ringan dan tidur yang cukup alias berkualitas.

Demikian beberapa tips ringan jika kebetulan serangan panik tiba-tiba datang, intinya tetap berusaha berfikir positif ya, jika kalian merasa kewalahan dan butuh bantuan datanglah ke orang atau tenaga profesional yah.

Setiap manusia akan mengalami cobaan, di setiap cobaan pasti ada jalan keluar dan jangan menyerah, tetap semangat ya .




Salam

Posting Komentar

2 Komentar

  1. saya pernah alami anxiety disorder dan alhamdulillah sekarang sudah tiada lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya saya pun pernah merasakannya,kadang hilang timbul,berusaha tetap optimis dan menjaga fikiran tetap sehat ,karena saya tipe orang yg kepikiran.semoga kita senantiasa kuat

      Hapus