Empal gentong mbah Darma

Hai...selamat siang...kembali lagi di blog admin yang imut 😁. Btw kali ini saya mau ajak kalian kulineran lagi, maklum siang hari ini cukup terik, wayahe makan bentaran lagi bakalan tiba, pastinya gak sabaran nungguin menu siangnya.

Masih seputaran kulineran kota Cirebon, kemaren cerita nya blom sempet di bahas semua, maklum saya juga ada sedikit kesibukan sehingga blom sempet nulis blog lagi nih. Kali ini menu kulinerannya mayan terkenal banget, namanya empal gentong.

Buat kalian pencinta makanan khususnya daging, pastinya udah gak asing lagi dengan nama yang satu ini, buat saya sendiri udah sering denger namanya tapi blom tau kayak apa rasa dan tampilannya.

Makanya biar gak penasaran, yook maksi bersama . Tadinya saya and the genk mau makan di warung makan empal gentong ibu Nur di kota Cirebon yang udah sangat terkenal itu, tapi apa mau di kata, sesampainya di sana ternyata udah banyak pasukan yang ngantri buat makan siang, yang berdiri aja lumayan banyak, ada kisaran 20 orang lebih, gak kebayang kapan makannya, sementara waktu sudah menunjukkan pukul 2 siang dan perut saya and the genk udah meronta-ronta karena kelaparan 😩.

Akhirnya pak sopir pun puter balik ke empal gentong mbah Darma yang gak kalah terkenalnya di kota Cirebon. Kata pak sopirnya juga di situ sangat enak dan alhamdulillah enggak sampe ngantri berjubel-jubel.

Akhirnya yang di tunggu-tunggu datang juga, mimin and the genk pesen empal gentong termasuk pak sopirnya. Tampilan yang unik, ternyata memang wadahnya berupa gentong ukuran mungil, cukup porsinya untuk satu orang, tapi isinya limayan banyak buat seorang mimin ,sampe full rasanya perut ini . 

Btw kalo mau kesini bisa cek di google maps aja, gak ribet kok dan soal harga masih lumayan sih..gak terlalu menguras isi dompet, apalagi buat yang suka makan daging😁.
Warna kuahnya kuning, rasanya agak sedikit mirip soto Betawi, enggak terlalu kental enggak juga keenceran, cukup ringan di lidah, gurih dan ada tambahan sambal dan bubuk cabai kering, bisa pilih sendiri di tambah kerupuk kulit ato rambak dan emping melinjo.

Rasanya maknyus apalagi perut dari tadi udah meronta-ronta menahan lapar, slurp-sluuurp...wah nikmat banget rasa kuahnya di sruput 🀀.

Di sini gak hanya menu empal gentong saja, ada sate, empal kuah bening juga ada yang rasanya asam dan segar, kupat tahu juga ada.

Temans kalo jalan-jalan ke kota Cirebon jangan lupa mampir ke empal gentong mbah Darma yah, jangan lupa juga mampir ke warungi mie koclok  mas Edi , banyak kulineran di kota ini yang belum sempet disinggahi karena keterbatasan waktu, selain kuliner di sini juga terkenal batik Cirebonnya, saya sendiri nyempetin waktu mampir ke toko batik Trusmi yang sangat terkenal itu.

Wah gak berasa waktu udah semakin siang, saya mohon undur diri dulu nih, lain waktu saya nyempetin nulis lagi dan jangan bosen mampir ke blog admin  ya .




Salam .

Posting Komentar

0 Komentar