Hindari 5 Jenis Makanan dan Minuman Ini Jika anda Mempunyai Magh/Asam Lambung

Halo kawan...semoga aktifitas kalian di hari Minggu ini menyenangkan
 yaa..amiin 🤲

Punya sakit magh itu rasanya gak enak bangeet, nah untuk meminimalisir rasanya coba hindari 5 jenis makanan dan minuman ini jika anda mempunyai magh/asam lambung. Menurut yang saya baca sakit magh/lambung itu di sebabkan karena adanya gangguan di pencernaan kita, pencetusnya ada berbagai macam, yang punya sakit ini biasanya akan merasakan perih, mual dan rasa sebah alias kembung.


Pokoknya rasanya ga nyaman dan jika sudah berlangsung lama, minum obat-obatan yang di beli di minimarket pun di rasa ga mempan . Kalo sudah  gak mempan biasanya ya ke dokter.


Selain faktor makanan, magh/asam lambung juga bisa di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti telat makan, makan gak teratur, stress karena kerjaan atau hal lain dan makan gak sehat, itu semua bisa memicu magh/lambung menjadi kumat. Untuk meminimalisir sakit magh/asam lambung supaya gak sering kumat, hindari kebiasaan berikut ini.


5 Jenis makan & minuman yang perlu Anda hindari, agar asam lambung  lewat


1.Kopi dan minuman bersoda

Kopi bagi sebagian orang sepertinya sudah menjadi budaya atau kebiasaan yang mendarah daging, apalagi anak-anak zaman sekarang ngopi-ngopi sudah jadi gaya hidup. Aneka kopi🍮 kekinian rasanya manteeb  bila di seduh dengan air panas atau dingin.


Namun di balik rasanya yang nikmat itu ternyata tahukah kamu ada rasa yang bikin lambung jadi gak senikmat rasanya, caffeine di dalam kopi bisa memicu asam lambung jadi naik jika di konsumsi berlebih.

Bagi kalian yang punya sakit magh/lambung sebaiknya hindari yaa jika gak mau bertambah parah. Begitu juga dengan minuman bersoda, minuman kaleng banyak mengandung soda atau gas, jika keseringan gak baik buat lambungmu, selain itu kadar gulanya cukup tinggi.


2.Mie instan

Siapa yang gak suka dengan mie yang satu ini, berbagai kalangan sering banget menyajikan mie instan🍜 sebagai makanan paling praktis dan sedap. Buat anak kost bisa banget jadi pengganjal perut di saat duit bulanan belum terdeteksi kedatangannya .

Tapi di balik rasanya yang maknyus, mie instan bisa banget bikin kamu yang punya magh/asam lambung bakalan ngerasa gak nyaman di lambung, biasanya perut cepet begah alias engep, saya sering banget ngerasain ini, karena tepung yang terkandung di dalam mie mengandung gluten yang bagi sebagian orang gak cocok.


3.Roti

Siapapun rasanya suka dengan makanan satu ini🍞,rasanya yang lembut dan gurih bikin kamu kepingin nyomot lagi, apalagi dengan berbagai toping dan isi yang bikin tambah nikmat. Namun gluten dalam tepung terigu bikin perut terasa gak nyaman, roti juga mengandung ragi yang bikin bentuknya mengembang🥯 gluten dan ragi membuat rasa gak nyaman bagi penderita lambung. 


4.Makanan pedas dan bersantan

Bagi penyuka makanan pedas dan bersantan, hati-hati ya, karena makanan jenis ini gak baik buat lambungmu, bukannya enggak boleh, hanya jangan keseringan aja. Sensasi pedas dan magtegh emang nikmat, tapi sakitnya ga senikmat rasanya.


5.Buah yang mengandung  gas dan asam.

Buah-buahan yang mengandung gas seperti durian dan nangka serta buah yang rasanya masam, contohnya kayak mangga muda dan nanas ( buat rujakan enak banget 🤤) agaknya gak bisa di nikmati bagi kalian penderita magh/asam lambung, karena kandungan gas di dalamnya bikin lambung jadi full alias begah terutama durian dan nangka. Jadi gak usah makan berlebihan ya kalo enggak mau ngerasain efeknya.


Nah itu tadi beberapa cara buat hindari 5 jenis makanan dan minuman jika anda mempunyai magh/asam lambung.


Semoga bermanfaat ya ulasan di atas, buat kalian dan juga saya kalau enggak mau ngerasain efeknya ya jangan coba-coba.



Salam

Posting Komentar

8 Komentar

  1. Aku sebenernya ada sakit lambung, tapi udh lama ga kumat, sejak rutin olahraga dan jaga makan. Cuma, sesekali pernah sih kumat, Trutama kalo telat makan atau tiba2 makan yg berminyak. Makanya kalo udh lewat jam makan, aku menghindari langsung menghajar perut dengan yg digoreng. Lebih milih yg rebusan atau kukus, biar lambungnya ga kaget 😊.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya jg ada lambung udah lumayan lama,salah makan aja udah bikin ga nyaman,ga bisa juga makan dalam porsi banyak,harus dikit tpi beberapa kali,karena kalo gak perut jdi berasa begah😩

      Hapus
    2. Naaah iyaa mba, kalo telat makan, aku ga bisa juga langsung banyak. Pasti begah nanti. Makanya tiap kali traveling aku juga bawa obat lambung, untuk jaga2 kalo kumat. Kadang pun kalo udh hati2, ga makan yg berminyak dulu, porsi kecil, ttp aja kumat 🤣. Mau ga mau hrs obat

      Hapus
    3. Betuuul banget mbk Fanny,aku tuh kalo kemana"selalu gembolan tas isi obat"an yg perlu " aja.udah kayak apotik berjalan gitu🤣biar ga repot harus mampir" lgi😁

      Hapus
  2. Paling mudah mencegah magh yaa hindari penyebab magh itu sendiri. Jangan untuk makan teratur, jangan bergadang, dan rajin olahraga.
    Sekarang jarang makan mie instan, tetap ngopi dengan kopi yang sesuai dengan lambung. Semuanya baik-baik saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas . Sy jg udh ngurangin makan mie instan..krna emng pasti begah kalo udahnya,kopi masihlah asal gak kentel aja,yg terpenting emang hidup sehat sii,krna kalo udh sakit mahal pastinya

      Hapus
  3. semua kesukaanku semua kecuali yang bersanten mba hen hihihi

    eh kopi juga ga bisa terlalu, soalnya perut suka sakit mules kalau uda ngupi...mbul biasanya sih susu hahahha

    kalau mie ini godaanku huhu..roti cuma suka ambilin selainya doang...kalau rotinya ga hahahhaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh mbk Mbul ga suka yg bersantan yaa..saya sesekali aja..itupun santan encer..ga brani yg kntel takut kolestrol😁,semuanya enak sii ,asal ga berlebihan aja yaa

      Hapus