Resep Oseng Ikan Cakalang Fufu,Simpel dan Endul

Oseng ikan cakalang fufu


Kemarin saya sempet buat oseng-oseng ikan cakalang fufu, kebetulan kakak baru balik tugas dari Sulawesi tepatnya Manado dan bawa oleh-oleh ikan cakalang asap, saat saya balik ke Lampung di bawain ikan cakalang ini.
 
Ikan cakalang fufu ini biasanya di awetkan dengan cara di asap sehingga bisa di olah untuk pemakaian yang cukup lama, daging ikan cakalang tebal dan pungkil atau mempur.....Opo Yo maksudnya..enaklah pokoknya ๐Ÿ˜†.




Saya pernah nyobain menu ikan cakalang fufu khas Manado ini, kebetulan dulu ada rumah makan khas Manado yang menyajikan menu ini dekat rumah almarhumah ibu. Rasanya gurih banget dan pedas, tau sendiri kan mereka kalo mengolah makanan itu bumbunya serba pedas.




Nah berhubung bahannya udah ada yok langsung kita masak-masak, menunya ala-ala saya, simpel aja pake bumbu yang praktis dan seadanya.


Bahan:


*ikan cakalang fufu ..

tergantung banyaknya, kebetulan saya pakai sekitar satu ekor ikan ukuran sedang.

*cabe syaiton 5-7 buah.

Suka-suka aja..kalo kepedesan boleh dikurangi atau di tambah kalo mau pedes.

*bawang merah 5-7 siung yg agak gede,iris-iris tipis.

*bawang putih 3 siung ,iris-iris tipis.

*daun salam 2 lembar.

*lengkuas 1 ruas ibu jari di geprek.

*garam dan gula secukupnya sesuai selera.

*minyak goreng secukupnya untuk menumis bumbu.

Cara membuat:


Setelah ikan cakalang di suwir-suwir, sisihkan dulu. Bumbu-bumbu seperti bawang merput di rajang halus, begitu pula si cabe syaiton.

Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu masukkan bumbu tadi, termasuk daun salam dan lengkuas / Laos geprek-nya, tumis bumbu sampai harum dan matang, lalu masukkan suwiran ikan tadi, lalu masukkan garam dan gula pasir.

Oseng dan bulak-balik sebentar hingga bumbu tercampur rata, jika di rasa sudah pas, matikan api kompor, sajikan dan makan selagi hangat dengan nasi putih aja udah enak.

Gak perlu masak kelamaan yaa karena ikan cakalang-nya sendiri memang sudah matang.

Demikian resep oseng ikan cakalang fufu simpel dan endul..kalo gak ada bumbu lengkap, bumbu di atas tadi aja udah cukup...selamat mencoba yaa ๐Ÿ‘.




Salam

Posting Komentar

16 Komentar

  1. Lah kok gak ada momen icip-icipnya Bu?

    Saya pernah makan ikan cakalang tapi dibikin pepes bu. Ikannya di suir-suir mirip banget seperti yang di foto.

    Soal ikan yang di asep-asep saya malah kurang greget bu. Beberapa ikan asep yang pernah saya makan baunya sangit banget (namanya juga ikan asep).

    Boleh nih saya simpen resepnya buat masak ikan asin rebus (ikan asin favorit)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Nuhid,ikan cakalang sebetulnya ga harus di asapin.di olah apa aja bisa,di pepes,di goreng,apa di sambel
      Kalo cakalang fufu ini Krn mmg makanan khasnya orang Manado,makanya di asepin jadi ya bau"Asep๐Ÿ˜

      Resep yg saya buat itu mh resep iseng saya sendiri,๐Ÿคญkarena bumbunya simpel

      Hapus
    2. Haduh bisa aja ya kalo dah ahli masak, dikit-dikit dikata iseng ๐Ÿง

      Hapus
    3. Hahahh....iseng berfaedah yaa ๐Ÿ˜

      Hapus
    4. Waah kayanya enak yaa bu, meski saya pribadi belum pernah makan ikan cakalang, atau mingkin sudah pernah tapi tak tahu kalau itu ikan cakalang.๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
    5. Saya juga jarang makan ikan cakalang,ini aja karena di kasih๐Ÿ˜

      Hapus
  2. Orang kampungku menyebutnya ikan salai. Tapi jenis ikannya apa saja. Yang penting diawetkan dengan cara diasap. Rasanya gurih karena ada aroma asapnya. Foto ini bikin ngiler. He he ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bund..ikan apa aja bisa di asap asal ikan yg agak lebar,jadi banyak dagingnya,rasanya enak karena bau asap itu aromanya khas..makasii bund๐Ÿ™

      Hapus
  3. Ikan cakalang fufu, baru tahu nama ikannya, biasanya disini jualan paling ikan lele, bawal, kembung, bandeng, ikan yang pasaran lah.๐Ÿคฃ

    Berarti ikan cakalang bisa awet karena diasapkan ya mbak. Jadi ingat daging biar awet juga katanya diasapi.๐Ÿ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip" kayak tongkol tapi ga tau juga deh ๐Ÿ˜,iya..kalo di asapin memang jatuhnya lebih awet karena itu bisa diolah kapan aja mas Agus

      Hapus
  4. Uenak ini, baru itu ikan asapnya di wadah aja udah bikin ngiler lho.

    Jadi pengen buat, nanti tak post di gaksukalapar.id kalau berhasil hahaha

    Maklum amatir, biasanya batch pertama² sering gagalnya.

    Simpel dan praktis ...
    Btw cakalangnya bisa diganti ikan lain ya, soalnya nunggu yang datang dari luar pulau kan sudah juga, nunggu siapa coba.


    Pake ikan lain x ya, cakala-kala-eee-samina-mina-janggalewa-ee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh mas..di coba dulu,kalo berhasil ya buat postingan๐Ÿ˜boleh"aja pake ikan asap yg lain kayak ikan tongkol,yg penting ikannya daging yg tebel,kalo tipis suka keras ikan asapnya,bumbunya yg simpel"aja kayak di atas ☝️

      Hapus
  5. mbaaa pengen....hihih

    aku kalau ikan diasap suka banget..aromanya itu loh bikin kemlecer karena ada smookey smookeynya..a.duh bener ga ya ni penulisan bahasa Inggrise heheheh...aku gegara waktu itu pertama kalinya icip sambel roa trus jadi kenalan ama masakan menado lainnya dan kusukaaah ...apalagi ditambah tumis bunga pepaya dan cakalang fufu ini...alamak sedapnyooo ๐Ÿ˜„๐Ÿ˜Š๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk..ikan asap itu aromanya dan rasanya khas gitu yaa..harum Asep"๐Ÿ˜
      Ini olahan ikan asap yg simpel..ga pake banyak bumbu..yg ada aja di dapur bisa di pake

      Aku juga demen ma sambel roa itu..kebetulan di Deket rumah si almarhum ibu ada resto manado..aduuh ngapa orang Manado kalo masak syedep"gitu yah.pedes tapi maknyoos๐Ÿคค..
      Tumis bunga payanya juga endulita tra la la

      Hapus
  6. ini lauk sahur๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘๐Ÿ‘mantap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Anies..simpel..praktis juga..๐Ÿ˜๐Ÿ™

      Hapus