Ada Apa Dengan Introvert ?

Introvert


Saya sendiri sebetulnya mempunyai sifat yang introvert, lebih demen menyendiri dari pada suasana ramai, lebih cenderung diam dan ternyata sifat saya koq sama persis kayak anakku, iya sama-sama introvert. Saya juga enggak ujuk-ujuk melabeli diri saya introvert, tapi membaca beberapa ulasan tentang introvert, ya koq sama banget, tapi mosok iya sih saya introvert ? Seakan belum percaya.


Sebetulnya perasaan kayak  gini udah lama menyadari nya dan saya memang susah membaur dengan banyak orang, tapi bukan berarti saya cuek dan anti sosial, introvert berbeda dengan pemalu ya.


Tau ga sih saya itu paling betah berdiam diri di dalam rumah dan paling demen ngedekem di dalam kamar, cari kesibukan atau menulis kayak gini atau hanya di ruang tipi. Saya ngerasa gak nyaman di keramaian atau berkumpul di tengah keramaian.


Saya sebetulnya ga ngerti kenapa, kalau ada acara kumpul-kumpul bareng keluarga besar seperti nikahan atau syukuran yang melibatkan banyak orang saya ga pernah ngerasa nyaman, duduk rasanya serba salah dan bawaannya kepingin acara cepat selesai aja. Kecuali keluarga inti aja, kayak kakak dan adikku sendiri, intinya yang terdekat aja.


Saya ngerasa aman dan bebas  saat  berada di rumah  sendiri  dari pada ngumpul-ngumpul, agak susah membaur, di kira ga mau bergaul, di kira sombong, kuper, apalagi dengan orang baru, saya hanya ngerasa gak nyaman aja di tengah keramaian apalagi dalam kurun waktu yang cukup lama...cape banget rasanya.


Kebalikan dengan si extrovert yang lebih berenergi di tengah keramaian, introvert justru lebih merasa berenergi di dalam kesendirian, introvert lebih hidup di lingkaran yang kecil dari pada yang besar. Lantas adakah  yang salah dengan introvert ?


Orang menganggap introvert mempunyai permasalahan mental dengan kepribadian, seolah-olah harus selalu di beritahu, harus begini harus begitu yang kadang melelahkan bagi introvert. 


Introvert sendiri kepingin maju, sama koq seperti yang lainnya hanya saja cara mereka berbeda, ada loh tokoh dunia yang ternyata juga introvert dan ga ada yang salah dengan mereka.


Semua orang berbeda sifat dan  kepribadian nya sehingga kita ga bisa memaksa seseorang yang berkepribadian introvert harus sama seperti extrovert, enggak adil rasanya jika membanding-bandingkan keduanya.


Untuk bertemu orang baru pun saya sering merasa sungkan, enggak tau harus memulai percakapan dari mana, atau sekedar berbasa-basi yang ga jelas. Saya dan kata orang-orang terdekat saya memang cenderung diam.


Padahal saya bukanlah anak muda lagi, dulu waktu masih muda saya berpikir sifat seperti ini akan hilang dan memudar dengan sendirinya, tetapi ternyata kok enggak ya.


Barangkali orang" yang gak ngerti  menduga sombong karena saya gak mau membaur, padahal bukannya saya enggak mau, tapi jadi kayak otomatis ga berkutik gitu loh, mereka ga pernah tau rasanya jadi orang introvert itu begitu melelahkan saat lagi ngumpul kepinginnya kabur.


Saya tuh bisa akrab dengan orang yang memang udah bener-bener klik dan sehati dan udah bener-bener deket banget itupun gak banyak, bahkan dulu sahabat dekat saya tak lebih dari tiga orang.



Koq sama percis kayak saya



Menulis adalah cara saya untuk ngobrol, dengan menulis saya jadi seperti mendapat udara segar kembali 😀. Karena saya enggak pandai bercakap-cakap dengan banyak orang nah dengan menulis adalah media saya buat bercerita. Toh orang gak kenal saya langsung seperti apa.


Mungkin banyak orang menduga saya adalah pribadi yang lincah dan supel,..hohoho...sifat lincah saya hanya terlihat di dalam tulisan saja kalau di dunia nyata saya langsung mengkeret 😀.


Kalau tetangga kiri kanan ada acara ya saya pastinya ikutan nimbrung donk, wong namanya hidup pasti ga mungkin menyendiri terus, tetangga adalah orang yang kayaknya udah ngerti sifat saya dan kayaknya mereka udah memaklumi, lagian saya udah kenal mereka tahunan lamanya, jadi  udah tau seperti apa dan saya berusaha sebisa mungkin membaur menghormati mereka.


Jika extrovert membutuhkan banyak stimulasi supaya tetap bisa eksis, berbeda dengan introvert, mereka lebih nyaman dengan kesendirian, walau itu ga mutlak, tapi kebanyakan introvert memang lebih nyaman begitu.


Tak kenal maka tak sayang, tak paham introvert bisa jadi salah menduga, para introvert seperti saya memahami orang lain dengan caranya sendiri, mereka ga perlu terlihat eksis, mereka dan juga saya bisa jadi pendengar yang baik, memahami orang lain  dan jeli namun dengan caranya sendiri.


Kebetulan saya demen mengamati dan sering jadi curhatan tapi belom tentu saya bisa curhatan dengan yang lain, lebih memilih untuk diam dan jadi pendengar. Kalau ada yang berbicara dengan saya, biasanya saya selalu memperhatikan dengan seksama dan kalau orang ga tau di kira saya cuek padahal saya berusaha memahami apa yang mereka omongin walau mungkin wajah saya terlihat biasa aja .


Jadi jika ada seorang anak kecil duduk di pojok kelas terlihat menyendiri dan ga berbaur dengan yang lain, jangan langsung berprasangka, coba lihat kedepannya ada hal istimewa apa yang akan mereka lakukan bisa jadi dia seorang introvert yang sedang mengamati dan menikmati dunianya.




Salam🙏 









Posting Komentar

20 Komentar

  1. Kebiasaannya orang yang introvert memang mudah berkata-kata menerusi penulisan, tapi tidak apabila bertemu empat mata.

    Saya pula mungkin ambivert, saya tak suka dan rasa lemas di tempat sesak seperti mall. Tetapi mudah bertegur sapa dengan orang-orang yang tak dikenali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..saya lebih suka bercerita melalui tulisan..tak mudah rasanya bertemu dengan keramaian...apalagi berlama-lama..capai rasanya

      Hapus
  2. MA jenis yg friendly and alhamdulillah mudah berkawan. and since single ni, memang x suka sorang2 sbb rasa sedih & sunyi je nanti. mesti nak berteman ngan anak2 or ibu or kawan2..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah Mummy Ayu mudah berkawan..senang melihat orang yang pandai bergaul...sukses selalu MA

      Hapus
  3. Aku juga lebih suka mendekam di kamar gitu, Kak 😂 tapi kadang suka pengin jalan-jalan juga kalau udah kelamaan di rumah. Aku kayak di tengah-tengah antara introvert dan extrovert, katanya sebutannya ambivert. Cuma aku nggak tahu mana yang benar sih, tapi kayaknya cenderung introvert soalnya nggak terlalu bisa kumpul sama kebanyakan orang, yang ada malah capek 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih Liii...ga tau kenapa koq lebih demen ngedekem di kamar..pergi jalan sih tetep..tapi ga rame"..itupun bareng sepupu yg udah deket banget..tapi lebih betah di rumah dan ga ketemu orang rame..bisa mati gaya ga tau mau ngapain..maunya kabur ajaa..hahahhh

      Hapus
  4. Ih mbk Heny sama banget kayak saya😁. Yang pasti saya bukan ekstovert, mungkin saya introvert karena saya nggak suka keramaian. Kecuali keramaian dimana nggak ada satu orang pun yang kenal saya jadi saya bisa ngapain aja tanpa merasa ada yang mengamati. Saya juga lebih suka menyendiri. Di rumah, di kamar. Dulu saya suka ke perpus karena tempatnya sepi dan tenang. Saya suka ke mana-mana sendiri karena merasa lebih nyaman. Tapi semakin nambah umur saya kadang suka memaksa diri untuk memulai sebuah percakapan sama orang di samping saya walaupun melelahkan tapi lebih lelah lagi dengerin mereka gosipin saya😅. Pas hamil dan nggak pernah jalan pagi aja saya mau lahiran malah digosipin. Padahal saya nggak jalan pagi karena emang sakit buat jalan yang ternyata saya kena isk😅
    Impian saya tuh tinggal di tempat yang gak banyak tetangganya😁
    Beteweh temen dekat saya juga nggak lebih dari 3 mbk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Astria...saya ga suka banget keramaian..tapi kalo ga ada yg kenal Yo wes saya masih bisa wong ga kenal ini😁..ga tau ya sifat atau perasaan kayak gini kapan adanya pokoknya udh dari dulu deh..ga betah banget rame"..blingsatan sendiri kayak cacing kepanasan hehehe..

      Saya juga ga suka berbasa basi dengan orang baru..sekedarnya aja buat ngilangin sungkan..aah pokoke Ra betah lah..kadang takut di kira gimana gitu ..tapi mereka kan ga bisa maksa saya harus sama kayak mereka yg supel...yg pinter gaul...saya tetep bisa baik kok ke orang lain..tapi jangan harap kalau bisa lama"ngumpul...😁..

      emang temen deket saya juga seiprit banget..tapi udah klop banget ...tos kita ya mbak..saling menguat kan sesama introvert 🤗..

      nah..nulis ini walo kadang kumat malesnya..adalah cara saya buat tetep saling berkomunikasi..pan ga ada yg liat saya langsung hehhehe😁🙈

      Hapus
  5. saya juga merasa introvert, tapi selalu menyangkal apa iya sih introvert

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mirip lah..sayapun gitu..ya tapi memang iya hehehhee

      Hapus
  6. Saya termasuk introvert
    dari era sekolah, saya lebih menyendiri dan membaca buku
    saya merasakan kesulitan bergaul saat kerja, perlu adaptasi yang lama. Apalagi menghafalkan nama-nama sekantor atau nama-nama atasan dan bawahan, harus mencatatnya dikertas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah saya pun begitu mas..sulit bergaul..bukannya enggak mau..tapi kadang orang menganggapnya kuperlah...inilah itulah..Cape sendiri..Yo wes diam ajalah

      Hapus
  7. Saya jenis extrovert tapi sekaramg melatih diri untuk menjadi introvert....agak sukar dan boleh menyebabkan stress tapi terus berusaha kerana tidak mahu popular sewakru muda-muda dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kebalikan dengan saya...saya justru kepingin jadi extrovert supaya mudah bergaul..tapi ga bisa...karena saya ga betah ramai dan berlama-lama.

      Hapus
  8. Saya ini jenis apa entah... ahaks!
    Tapi rasanya lebih kepada extrovert. Barangkali faktor pekerjaan yang menyebabkan saya jadi begitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa jadi kak..karena yang bisa bekerja team memang orang" yang pandai bersosialisasi dan bekerjasama..sedang introvert sebaliknya..lebih tertutup dan susah buat kerja team

      Hapus
  9. saya tak.pasti saya di kategori mana. tapi seiring pertambahan usia, saya rasa saya lebih cenderung ke arah introvert. tapi tak sepenuhnya introvert sebab ciri-ciri extrovert masih ada dalam diri. apa pun saya taklah terlalu memikirkan perkara ini. saya sesuaikan dengan keadaan dan cuba didik diri jadi lebih matured dalam setiap perkara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Anies memang sebaiknya begitu ya..mencoba mendidik diri supaya bisa lebih dewasa dalam mengahadapi setiap persoalan.. terimakasih yaa..jadi masukan buat saya

      Hapus
  10. Percayalah...saya seorang introvert lebih suka di rumah dan jalan jalan sama paksu dan anak anak...kalo suruh jalan jalan sama emak emak yg berisik...gw ogaaaaaah.... 😅😅😅😅toooossss mbak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak saya juga ga betah kalo sama yg rame"..enakan sendiri pokoknya jgan banyak"lah wkwkkk😁

      Hapus