Pohon Mangga Tetangga Lebat Buahnya


Buah mangga
Pohon mangga tetangga

Pohon mangga di belakang rumah lebat buahnya, sayangnya bukan punya saya😁 buahnya seakan memanggil menggoda iman. Sering saya duduk di sebelah jendela sambil menatap pohon mangga kali-kali aja jatoh buahnya.

Siang-siang terik begini memang enaknya makan yang seger-seger kayak rujak buah, emm 🤤..melihat mangga di halaman tetangga bikin hati saya jadi tergoda di tambah hidung saya yang lagi mbeler pas kayaknya makan yang pedas menggugah selera .

Pohon mangga di belakang rumah ada dua  dan pohon alpukat ada tiga. Biasanya kalau musim buah tiba, pemilik mangga membagikan buah mangga pada tetangga dekatnya.

Pemiliknya kami panggil koko atau kakak, kebetulan si koko punya usaha bengkel mobil truk dan panglong kayu, posisi halamannya ada tepat di belakang rumah saya, orangnya rada cerewet tapi baik hatinya.

Saya suka terganggu kalau pas lagi istirahat siang karena berisik bunyi alat pemotong kayu, ngeeeeeenng... apa daya saya ga bisa berbuat apa-apa...lah koq jadi merembet ke mana-mana🙏. Alhamdullilah sekarang udah jarang-jarang terdengar suara alat potong kayu karena si koko lebih fokus ke bengkel mobil saja...iya ko...bagusan ke bengkel mobil aja..biar ga berisik..ga ganggu saya 😁🙏.

Pohon mangga si koko sedang ranum-ranumnya, bergelantungan di kedua pohon mangga yang lebat daunnya.




Pohon mangganya percis juga di belakang rumah Mak Akung, siapakah Mak Akung?kenapa di panggil Mak Akung? Karena orangnya jangkung hehehe, jadi makin ngelantur saya😁 maklum rumah saya berjejer dengan rumah dua tetangga lainnya.

Nah kalau buah mangga sudah matang biasanya Mak Akung suka menjolok buah mangga menggunakan galah bambu, hayoo..mak Akung nakal yaa..😀settt..saya suka mengintipnya dari balik jendela😆karena jendela dapur Mak Akung terbuka lebar jadi mudah mengambilnya, sedang jendela belakang rumah saya ada jarak sekitar empat meteran jadi ga sampai buat mengambil mangga. Gak ada kesempatan buat saya..hehhehe .

Lagian ga ada niatan saya buat mengambil buah mangga si koko, walaupun hanya mangga tetap saja mencuri namanya jikapun saya kepingin dan ngiler melihat buah mangga tetangga, cukup saya membelinya di pasar buah, kebetulan bapake juga penyuka buah mangga.

Biasanya bapak-bapak tukang yang kerja di panglong si koko suka memanjat pohon mangga dan mengambilnya saat si koko lagi ga ada, soalnya kalau ada si koko ga boleh mengambil tanpa bilang, maklum aja kan itu pohon mangga Koko yang punya.Tapi Koko juga baik hatinya kalau buah mangga dan alpukatnya matang si koko sering membagikan pada tetangga dekatnya. Saya juga pernah kebagian, makasih ya ko...sudah baik hati berbagi buahnya 😀🙏.

Saat ini buah mangga tetangga lagi lebat-lebatnya, tapi saya cukup melihatnya saja di balik jendela belakang rumah saya, ga ada niatan untuk mengambilnya, cukuplah  ambil fotonya saja buat jadi cerita 😁. 




Salam🙏




Posting Komentar

29 Komentar

  1. salam kenal. seru kalau ada pohon mangga sendiri ye. lagi seru kalau berbuah dgn banyak nya. sy juga punya sepohon. tp mau diambil buah nya agak sukar. sayang sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam kenal juga😀
      Iya kalau punya pohon mangga sendiri pasti seru..sayangnya punya tetangga ...hahhaha

      Hapus
  2. Ya ampun saya jadi ikutan pengen mbk, disini mangganya belum berbuah.. Pas banget cuaca lagi panas kayak gini makan buah mangga sama garem, kesukaan saya😆
    Daripada yang mateng saya suka yang mentah mbk😅🤨
    Di rumah saya juga ada buah alpukat tapi entah kenapa kalau berbuah malah males makannya, jadi selalu dijual sama emak. Q
    Haduh koko baik juga ya, disini jarang yang bagi-bagi mbk tapi kalau minta banyak dan pasti boleh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak Astria..saya demen juga di cocol pake cabe garem..maknyus...asem"pedes gimana gitu😆.. sayangnya pohon mangga bukan punya saya wkwkk..emng si kokonya baik mbak.kalo lagi panen suka bagi"tetangga deket

      Hapus
  3. wah..meriah sungguh mangga nya.. geram tgk yer

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..sayapun ngiler di buatnya .sayang cuma bisa melihat saja😁

      Hapus
  4. wahhh tandanyan musim buah sudah hampir

    biasa kalau mangga sudah terlalu banyak, jadi ia dibuat apa selain jus mangga?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya di buat manisan mangga..ada manisan kering ada juga manisan basah yg berkuah pedas.tapi bnyk yg manisan berkuah pedas...di sebut asinan buah

      Hapus
    2. kalau yang jering tu harus dijemur bawah matahari ke?

      Hapus
    3. Kalau yg tradisional biasanya masih di jemur tapi kalau yg sudah modern di oven

      Hapus
  5. aku pernah punya pohon mangga di depan rumah, tapi udah di tebang karna menghalangi jalan raya :(.. mangga salah satu buah kesukaanku mbak, selain buah pir :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas Khanif..dulu saya juga punya mangga manalagi..terus di tebang karena mati...😀

      Hapus
  6. Cubalah usaha untuk beli..mana tahu dia mahu jual mangga tu...buah mangga memang sedap tau !

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga di jual bang...untuk konsumsi sendiri😀

      Hapus
  7. Semoga si Koko segera tersadar bahwa sekarang saatnya untuk menebar kebaikan (mangga) ke tetangga tetangga ya mbak hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul banget mas...😀.waktunya bagi mangga pada tetangga hehehe...

      Hapus
  8. Sesuai kata pepatah, Mangga tetangga emang lebih ranum dan manis.
    Cuaca panas kayak gini emang paling enak makan rujak yaa mbak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Vai... tetangga memang lebih menarik..eeeh..panas begini.ccoknya emang makan rujak buah😀

      Hapus
  9. Mangga tetangga lebih manis daripada mangga sendiri ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehhe...bisa aja mas ..tapi memang iya..apalagi kalau di kasih gratis😀

      Hapus
  10. Apabila tiba musim mangga berbuah, memang teruja menanti buahnya matang dan gugur. Kami ada sepohon mangga jenis mangga udang yang buahnya besar-besar melebihi 1.3 kilogram setiap sebiji. Jiran belakang rumah ada pohon mangga jenis mangga manila. Siap berpesan kalau buahnya jatuh ke kawasan kami, ambil sahajalah. Sebelah kiri rumah kami pula, jiran mempunyai sepohon pokok mangga epal. Jadi, jika ada rezeki berbuah, memang dapatlah merasa ketiga-tiga jenis buah mangga ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah bisa mencicipi ke tiga jenis buah mangga,sangat beruntung punya tetangga yang pengertian,tak perlu meminta..cukup dari buahnya yang matang berjatuhan pun jadilah😀apalagi kalau memang tetangga berbaik hati menghantarkan hahahha

      Hapus
  11. Senangnya punya pohon buah yang lebat begitu ...

    BalasHapus
  12. Teruja betul tengok pokok mangga yang banyak buah macam ini.. Memnag hari-hari makan manggalah saya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak pohonnya lebat buahnya..wah asiik donk makan mangga tiap hari😀

      Hapus