Tawaran Program Afiliasi Marketing


MreneYoo.com - Program Afiliasi Marketing adalah metode untuk mendapatkan penghasilan pasif dengan cara mempromosikan suatu produk atau layanan dari suatu bisnis atau perusahaan yang bermitra dengan anda. Cara kerjanya dengan membagikan link atau kode afiliasi melalui media sosial yang anda punya. Dengan cara ini anda bisa mendapatkan penghasilan dari internet.

Bukan tanpa sebab saya mengulas ini, sebelumnya saya hanya sepintas kilas mendengar istilah Afiliasi Marketing, tau artinya juga enggak, akhirnya saya mencari tahu melalui internet dan mulai sedikit memahami bagaimana program Afiliasi Marketing itu . 

Bermula ada sebuah email yang masuk ke hp saya, semula saya cuekin aja karena memang sering ada email masuk dan itu sudah biasa. Saat itu saya sedang scrolling hp dan tiba-tiba masuklah sebuah email dan berhubung ga ada notif yang berbunyi maka email tersebut saya abaikan.

Gak lama sekitar setengah jam dari email masuk tadi lantas saya buka, isinya tebak...apa coba...gak tau yaa...sama doonk..wong saya aja  masih sedikit bingung dengan isi emailnya.

Isinya saya tulis singkat saja sebagai berikut ya..Intinya email tersebut datang dari sebuah lembaga yang bergerak pada progam pelatihan dan pendidikan . 

Tujuannya mengajak saya untuk bergabung menjadi afiliator pada lembaga / perusahaan mereka yang saya sebut tadi. Ini adalah sebuah tawaran kerjasama dalam program afiliasi, lantas saya berfikir, dari mana mereka bisa menghubungi saya via email ?

Emm..setelah saya baca sampai bawah, di jelaskan bahwa konten-konten yang terdapat di blog Mreneyoo.blogspot.com adalah konten yang di nilai sesuai untuk partner program afiliasi.

Saya gak nyangka sama sekali kalau blog abal-abal saya yang belum genap satu tahun bahkan masih berstatus blogspot sempat di lirik dan di ajak kerjasama dalam program afiliasi.

Bukannya saya kegeeran ya..karena banyak juga temen blogger lain yang pastinya sudah berpengalaman sering mendapat ajakan kerjasama seperti ini dan tentunya sudah berpengalaman sedang buat saya ini pengalaman pertama kali semenjak menulis di blog ini, jadi agak sedikit ga percaya.

Lantas saya kirim email balasan bagaimana  dan seperti apa. Email pun di balas dengan menjelaskan jika saya mau bergabung dalam program afiliasi ini maka saya akan mendapat penghasilan pasif dari produk atau layanan tersebut dengan cara menyebarkan atau membagikan link dan kode afiliasi ke media sosial yang kita punya, termasuk salah satunya blog.

Sebetulnya banyak website besar yang bisa jadi acuan untuk menjadi seorang afiliator, kayak Shopee, Lazada, E Bay, DomaiNesia, dll.

Saya sedikit mulai paham cara kerjanya, sebetulnya gak masalah kalau saya buat postingan atau tulisan dengan menyelipkan link tertentu dalam tulisan, karena memang itulah salah satu gawean keseharian seorang blogger.

Hanya saja saya sempat berfikir lagi, andaipun saya menerima tawaran tersebut, apakah saya mampu ? Saya pikir gak sesederhana ituloh menjadi seorang afiliator, karena walau terlihat hanya menyebarkan link dan kode afiliasi saja tapi  gak semudah itu, sasarannya juga harus tepat.

Memang sih sepintas terlihat pekerjaan yang ga menyita waktu, bisa di kerjakan di mana saja dan oleh siapa saja.

Gak mungkin donk hanya duduk santai gak  bergerak terus duit datang menghampiri, hanya saja kebetulan medsos saya hanya satu, instagram saja, sedangkan  sebagai afiliator tugasnya menyebarkan link di berbagai medsos  termasuk blog. 

Setidaknya sasaran yang di bidik terhadap pembaca juga harus spesifik dan tepat, yang di tawarkan juga bukan sekedar menawarkan produk berupa barang tetapi sebuah program pendidikan dan pelatihan dalam suatu lembaga.

Bukan berarti saya pesimis, saya sendiri harus sadar diri karena ternyata saya belum sepede itu untuk bergabung dan yang pasti saya gak mau donk mengecewakan pihak yang sudah menawarkan kerjasama sedangkan saya sendiri merasa belum mampu.

Karena buat saya pekerjaan seorang afiliator itu ga sesederhana yang di bayangkan, ga sekedar bagi"link dan kode lantas saya hanya tinggal sebar dan duduk manis sembari nunggu kalau-kalau ada yang tertarik dan mau klik linknya.

Pekerjaan apapun itu, buat saya adalah sebuah bentuk tanggung jawab dan komitmen yang harus bisa saya jalankan dengan sebaik-baiknya.

Saya gak bisa asal comot apalagi kalau saya sendiri masih belum yakin dengan kemampuan saya, bukan juga bermaksud pilah-pilih, enggak sama sekali, karena jika sudah melangkah saya harus konsekuen dengan apa yang saya pilih, memang semua butuh kerja keras dan proses, tapi untuk sementara ini saya lebih memilih dan menikmati menjadi seorang penulis biasa sambil terus mengasah kemampuan.

Jikapun suatu saat nanti ada yang mengajak kerjasama lagi semisal review atau sponsor post dan sejenisnya, tentunya akan saya terima dengan senang hati donk. Banyak maunya  yah saya tapi ga sadar diri πŸ™ˆ.

Seorang blogger atau pekerjaan apapun itu di tuntut serba bisa dan mengikuti perkembangan jaman, tapi gak sekedar ikut-ikutan latah meng -iyakan semua tawaran tanpa paham seluk beluknya dan harapan saya semoga aja ke depannya jadi lebih baik lagi...terimakasih πŸ™ sudah mau memberi kesempatan istimewa buat saya, blogger yang masih sedikit ilmunya, masih harus belajar dan akan terus belajar 😊.



Salam

Posting Komentar

30 Komentar

  1. Oh mbak dapat juga ya.

    Kemarin aku juga dapat email yang isinya menawarkan afiliator tapi aku ngga paham, jadinya tidak aku balas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Agus ..bis gak mampu juga sih walo keliatannya cuman sekedar bagi"link apa kodenya...kalo yg udah pengalaman mah beda lagi..udahlah nulis aja kayak giniπŸ˜€

      Hapus
  2. Ngeblog buat menyalurkan hobi ...

    Kalau terlalu ditekan malah stres, ngeblog gak lagi bahagia.
    Ngeblog buat saya jadi obat stres paling murah meriah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...bener banget...bisa jadi menuliskan apapun itu bikin hepi...apalagi tambah hepi kalo tulisan kita itu ada yg mau bayar ..sambil nyelem neguk banyu.. wkkwkw.

      Hapus
    2. Ya jadi cwo bayaren deh hehehe

      Hapus
  3. Join affiliate memang nampak mudah, cuma promote link. Tapi kalau kita tak usahakan sungguh-sungguh, mungkin susah juga nak mendapatkan hasilnya.

    InsyaAllah lain masa boleh join kalau tawarannya datang pada waktu yang tepat, kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..terlihat mudah hanya sebar link..tapi kalau ga serius ya susah jugak ya...

      Hapus
  4. Saya juga mendapatkan tawaran tersebut
    dan masih dalam tahap berpikir juga
    kalau sudah ahlinya dan punya pengalaman banyak, pastinya hal mudah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih mas...kalo memang jiwanya marketing dan terpanggil ya ga masalah ..saya orangnya ga pedean sii..

      Hapus
  5. antara side income yang ramai telah cuba. tampak mudah tapi perlu usaha lebih sikit dan kena selalu aktif dengan media sosial.
    ada yang pernah beritahu saya. kalau nak join affiliate ni cari yang (founder) baru sebab belum ramai pesaing. kalau macam shopee, lazada tu, dah ramai join dah kita terpaksa bersaing dengan mereka-mereka yang sudah aktif dan punya 'nama besar' dalam affiliate untuk brand tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya.betul banget...yg besar"macam itu memang persaingan berat sekali,sayangnya saya gak terlalu aktif di media sosial,hanya sesekali aja,itupun hanya ada Instagram, tak banyak juga, belakangan aja krna mulai ngeblog jadi agak aktif lagi hehehe

      Hapus
    2. tak apa boleh je mula dengan blog... dengan syarat update setiap hari ;-)

      Hapus
    3. Naaah itulah..maunya sih tiap hari tapi situasi dan kondisi ga memungkinkan..makanya saya salut dengan sobat"blogger dari Malaysia yang bisa tiap hari update..bahkan dalam satu hari bisa beberapa postingan...hebat dehπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  6. Muy interesante. Gracias por los consejos. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama" terimakasih sudah membacaπŸ˜€πŸ™

      Hapus
  7. ada jugak dpt hari tu tapi x join pun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya MA...agak susah sii kalau gak tekun hehehe..

      Hapus
  8. Saya tak pandai sangat bab ini.. Nak belajar selau ada alasan lain yang menghalang.. hehehe.. Tapi begitulah, kena rajin baru ada hasilnya kan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul..saya pun tak terlalu paham banget...harus tekun dan sabar cocoknya yg kerja begini πŸ˜€

      Hapus
  9. Jadi afiliator sepintas kelihatannya mudah tapi sebenarnya sulit, mesti tau segmen pasar yang dibidik paling ngga bikin riset kecil-kecilan supaya ngga begitu buta.

    Daripada jadi afiliator mending daftarkan blognya ke google AdSense aja iseng-iseng berhadiah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...ga semudah tinggal bagi"link trus beres..harus tekun dan sabar...saya mh orangnya ga sabaran hehhe...kalo adsense kurang suka sih..tampilan blog jadi penuh iklan wkkwk

      Hapus
  10. Kesempatan jarang datang dua kali, ananda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih bund..tapi memang agak ga pas ini bund...

      Hapus
  11. selama ngeblog gw engga pernah dapet email penawaran kerja ataupun program afilasi apapun mbak, apa mungkin blog gw gajelas yak :D

    yah selama itu memberikan positif mending di ambil aja mbak, tapi harus di oelajari dulu cara kerjanya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini kebetulan aja lagi dapet mas Khanif,mas Agus juga dapet katanya, tapi agak susah si kalo buat saya..harus tekun dan sabar ini mah cocoknya..kalo saya ga sabaran orangnya...

      Hapus
  12. Masya Allah, keren Kakak udah dapat tawaran kerja sama. Semangat terus ya Kak, Insya Allah proses tidak akan menghianati hasil.

    Terima Kasih telah berbagi ya Kak

    BalasHapus
  13. Program affiliate (terutana shopee) ini sering banget ditemui di twitter. Jadi banyak akun yang menyebar link jualan mereka. Terkadang malah jadi sebuah spam. Banyak yang kasih testimoni tentang penghasilannya selama jadi affiliator.

    Yaa memang tidak ada salahnya untuk dipelajari dulu mbak heni. Kqlau merasa cocok, ga ada salahnya untuk dicoba.
    Semangaat mbak heni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mas Vai saya juga banyak melihat malahan jadi spam krna udh kebanyakan...tapi buat sementara ini mau mengasah kemampuan menulis aja sambil terus belajar,kalaupun ada rejeki gak akan kemana selama giat berusaha

      Hapus