Air PAM Mati Lagi



Mreneyoo.com
. Sudah sebulan ke belakang air PAM sering mati mendadak, tau sendiri kan air merupakan salah satu kebutuhan yang sangat penting, jika kejadian mati air pam berulang kali bukanlah hal yang di anggap sepele.

Ini bukan  perkara saya udah bayar atau gak pernah telat bayar, tapi kemarau yang jadi permasalahannya. Kemungkinan debit air berkurang drastis, jadi dalam seminggu bisa dua kali mati air.

Walau di rumah ada tower penampung, tapi tetap saja kalau mati air PAM dua hari berturut-turut lumayan membuat pusing kepala saya selaku ibu rt.

Ya maklum aja lah, urusan ini itu mulai dari masak, mandi, bersih-bersih perabotan, nyiram kembang sampe buang hajat gak bisa di tunda, okelah kalau buat air minum dan masak kita ngandalin beli air galon, tapi buat mandi, urusan hajat dan tetek bengek lainnya tetep juga butuh air pan.

Nah dua hari kemarin PAM mati lagi tanpa aba-aba, biasanya dulu-dulu pas lagi gak musim kemarau alias hari normal, saya ngisi tower hampir tiap hari buat jaga-jaga aja, soalnya walau gak musim kemarau, emang air PAM sering ujug-ujug mati.

Nah sekarang boro-boro mau isi tower setiap hari, bisa dua hari sekali udah bersyukur alhamdullilah. Yang jadi masalah gimana mau ngisi full wong matinya dua hari berturut-turut🤦.

Bayangin kalo pagi hari ketika isi perut udah meronta-ronta tapi air di tampungan ngepas, kan gak mungkin di tunda-tunda, megangin batu kerikil ?? katanya bisa di tunda dulu buang hajatnya😩 kalo perut udah mules cemana  pulak.

Sebagai suami siap siaga, si bapake langsung sigap beli air buat di buang lagi, nah koq,... pan airnya buat bersihin hajat dan mandi orang rumah😆 wkwkk, ya namanya mules dan mandi coy ga bisa di tunda, gak bisa saya mah kayak orang luar ngelap pake tisu doank... harus pake aiiir, titik ga pake koma.

Kalau di pikir-pikir pemakaian air saya tuh udah lumayan di hemat-hemat, saat air PAM lagi idup, sebisa mungkin tower saya isi penuh, bak-bak penampungan bahkan sampe ke ember juga saya isiin, ya itu tadi takutnya ujug-ujug PAM nya mati lagi, kalo udah mati ya alamat susah sendiri, kayak belakangan ini nih, airnya mati lagi 🤦.

Untungnya saya enggak nyuci di rumah alias nge-laundry aja, gak kebayang kalo cucian udah numpuk dan bau hasyeeem tapi gak ada air buat nyuci, minimal ndas ku ra mumet mikirin cucian.

Memang sebagai ibu rumah tangga yang baik dan tidak sombong, pemakaian air ini harus bijak, jangan boros-boros karena enggak tau sampe kapan air bersih akan terus mengalir di muka bumi ini,..ntar gimana kabarnya dengan anak cucu kita nanti, kira-kira masih bisa enggak terus menikmati air bersih setiap waktu, koq jadi kayak iklan nganu di tipi.

Sekarang aja saya udah kelimpungan karena air PAM sering mati, gimana kabarnya dengan saudara-saudara ku sebangsa tanah dan sebangsa air yang jauh dari mata air kayak daerah yang tandus dan gersang, mereka juga butuh air bersih buat keperluan sehari-hari dan sulit mendapatkannya, walau kadang ada bantuan air bersih tapi jaraknya lumayan jauh.

Kalo udah musim kemarau gini, mau di hemat-hemat juga gak bisa, wong emang airnya gak ada, apa yang mau di isi, apa yang mau di hemat, wong towernya kosong, palingan hanya beberapa ember yang tersisa, soalnya gak tau sampe kapan air PAM nya bakalan idup lagi, saat ini si mamak ini cuman bisa bersabar, mudah-mudahan airnya bisa idup lagi, buru-buru mau ngisi tower lagi hehehe.

Gimana nih ma ibu-ibu lain yang ngalamin nasib yang sama kayak saya, air pam udah dua hari mati 😁.




Salam


Posting Komentar

29 Komentar

  1. Dua keperluan utama sekarang untuk umat manusia...letrik dan air..jika salah satu daripadanya tiada maka kehidupan jadi kurang selesa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul banget...tak ada listrik merana,tak ada air kekeringan

      Hapus
  2. Bener banget mbak, di t4 saya juga pernah PDAM mati, toren pun ga sanggup dipakai utk beberapa hari. alhasil istri pun kadang sewot sendiri. Sayangnya di t4 saya g ada yang jual air keliling. Ada paling air galon, mw brapa galon dibeli. hehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mas..di tempat sayapun gak ada yg jual gerobak air, suamiku beli air isi ulang.. hahahah, bis piye.

      Hapus
  3. Hay que cuidar el agua . Ojala su problema se arregle. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ..air sangat penting buat kehidupan sehari hari, kita harus bijak menggunakannya.

      Hapus
  4. Hay que cuidar el agua. Esperó que se arregle su problema. Te mando un beso.

    BalasHapus
  5. Memang kemarau tahun ini terasa banget panas dan kekeringannya. Sumber air pada berkurang, sumur² biasa di pegunungan/pedesaan aja kering, apalagi PAM :( mengsyedih kalo gak ada air tuh rasanya gelisah🥲

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kerasa banget mbak...udah cuacanya terik,mau apa"juga malez keluar,sumur ga punya,,krna tetangga juga yg punya sumur kering airnya,di tambah PAM mati juga ,bikin pusing🤦

      Hapus
    2. Di pegunungan sini juga air makin kering. Pdhal di kebun2. Gitupun kami dh gak tenang. Apalagi yg di kota. Keinget jaman kuliah, gak mandi di kosan gegara gakda air. Mandinya nebeng di kampus kwkww

      Hapus
    3. Nah itulah mbk..beberapa hari ini di sini sudah mulai mendung, saya kira bakalan turun hujan,ternyata enggak, PHP aja hihihi...

      Hapus
  6. Memang susah sungguh kalau tiada bekalan air. Apa lagi kalau sampai dua hari.
    Moga Allah permudahkan urusannya ya, cepat pulih bekalan airnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini karena kemarau debit air terbatas, jadi air pam mati .

      Hapus
  7. Aku udh lama ga pake PAM mba. Jadi gunain pompa air. Bisa dibilang PAM ku mah cuma bayar biaya langganan doang, tapi meterannya mah ga gerak 🤣. Bersyukurnya itu sih, air pompa masih nyala dan bersih banget. Paling ngaruhnya ke listrik yg naik 😁

    Aku ngerasain zaman masih di Banda Aceh, air PAM juga mati seriiiiing. Ga usah tanyalah itu. Jadi rumah kos pake pompa sumur. Tapi airnya kotor setelah bbrp hari pasti ngendap pasir. Ntahlah kalau Skr. Semoga udh bener.

    Yg di JKT ini moga2 aja air tanah yg pakai pompa sendiri masih ttp bagus. Kalo ga, ga tau juga bakal gimana 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini rata"pake PAM mbk, walo ada sumur susah soalnya harus dalem banget sampe ketemu airnya,tempat rumah almarhumah ibuku aja sampe entah berapa puluh meter baru bisa di bor baru keluar airnya.

      Tapi syukurnya airnya bening.
      Kalo udah mati gini ya susah mau ngapain ijuga, kalo pas idup sebisa mungkin menuhin segala macem yg bisa di isi, takutnya ujug-ujug mati lagi😆 wkwkkk

      Hapus
  8. Mba Kota sebelah saya malah air PAMnya udah mati seminggu 😭. Perumahan Bapak saya tuh antara Blok D sama Blok C meskipun 1 perumahan tapi beda Kota. Rumah kita yg Blok D, gang depan udah masuk Blok C...

    Dan mereka nggak ada air sama sekali karena air PAM udah mati seminggu. Kasihan Mah..

    Jadi kadang aku dan tetangga lain menawarkan air jika mereka butuh.. ya nggak sberapa tapi semmoga bisa bantu..

    Air PAM kita disini nggak mati cuma airnya yg kecil. Berhubung aku tinggal sendirian. Airnya awet sih.

    Semoga airnya bisa kembali ya mba.. dan Hujan bisa segera datang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuh,satu minggu mati PAM?..saya yang udah dua hari aja kelimpungan,gimana yg seminggu yak🙄, gak kebayang mau segala macem kayak bebersih badan dan beberes peintilan dapur,..ketemu tetangga yang baik hati kayak mas Bayu nya nawarin air segala,

      semoga amal ibadahnya mas Bayu terus mengalir seperti air ..amiin

      Iya mas..ini alhamdullilah udah ngalir lagi,udah bisa isi tower/torennya lagi, segala tampungan di penuhin😁

      Hapus
  9. Kami di sini selalu bilang, biar tidak ada api (letrik) daripada tidak ada air. Aduhai dapat dibayangkan kesulitan yang sedang dialami gara-gara ketiadaan air. Semoga masalah ini segera di atasi dan sentiasa berjimat-cermat menggunakan air yang bekalannya sangat terbatas itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Amie, air memang perlu banget, kalau air mati bagaimana mau melakukan ini itu yaa..sudah di hemat-hemat,tapi sepertinya debit air di musim kemaraw ini bawa dampaknya.

      Hapus
    2. setujuuuuu dengan kata-kata kak amie

      kami pernah kena catuan air dulu. hampir sebulan tiada air. ramai yang terpaksa buat sumur di halaman rumah... terseksanyaaaa hidup hanya Allah sahaja yang tahu...

      harap2 dapat berjimat cermat dengan bekalan air yang ada. yang penting minum dan memasak... mandi mungkin jatuh no. 2.... ;-)

      Hapus
  10. Betul,kalau tak da air itu sengsara bangeet, memang yg utama dulu lah buat masak, tapi tetep kalau mau buang hajat ga bisa di tunda,mandi okelah bisa cuci muka saja 😁

    BalasHapus
  11. hari ni macam mana keadaannya? masih tiada perubahan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah sudah hidup,sudah isi tower/toren full😁

      Hapus
  12. Semoga dipermudahkan urusan Mreneyoo. Antara tiada letrik dan tiada air, saya lebih pilih tiada letrik. Dulu pernah di apartment saya tinggal sebelum ni bekalan air terputus, ramai penduduk terpaksa ambil air di kolam renang untuk mandi / buang hajat. Mujur ada kolam renang apartment 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah sudah hidup lagi air PAM nya..memang kalau gak ada air dan mati lampu tuh perkara rumit...wah pengalaman lucu juga yaa pas mati air di apartemennya, pake air kolam buat mandi dan buang hajat😁.

      Hapus
  13. Memang kena berjimat tapi tetap mesti ada air.. Kalau tak ada, tak tenang hidup.. Banyak urusan tak dapat dilunaskan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya betul sekali..jadi susah urusan rumah tangga tak ada air.

      Hapus
  14. PR emang kalau gak ada air, hajar hidup emang air ini.
    Makanya pas air berlimpah seharusnya semua dari kita masyarakat ini berpikir bersama untuk ngirit air dan menjaga agar pasokan air ke tanah stabil, caranya ya dengan menjaga lingkungan sekitar tetap rimbun.

    Pelihara tamanan² yang bisa ngikat air, repotnya kalau sudah lingkungan pemukiman dimana daya serap air gak ada, wasalam. Mau gak mau harus buat penampungan kala hujan.

    PDAM bukan jaminan air kita tersedia ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas,kalo ga ada air itu waduuh susah minta ampun,ya tau sendiri kegiatan manusia sehari"itu butuh air segalanya,mulai dari masak, nyuci,mandi, buang hajat dll.

      Iya sih harus mulai hemat'penggunaan air, apalagi kemarau masih belom berakhir di Lampung,belum ada hujan, dan di perkirakan masih Desember baru turun hujan, jadi sebisa mungkin di hemat"..

      Hapus