Kenapa Daun Markisa Berubah Bentuk ?

Daun markisa tiga ruas daun

Mreneyoo.com. Hai....selamat pagi...selamat beraktifitas...Kali ini saya mau bahas sedikit tentang tumbuhan atau tanaman markisa, ini gak ngebahas cara atau metode nanam buah markisa atau gimana supaya buah markisa tumbuh lebat, enggak yah..karena saya gak bahas itu.

Kebetulan saat saya lagi main dan duduk-duduk di teras rumah sepupu saya Bu Ambar๐Ÿ˜€dia bilang kalau tanaman buah markisa nya udah mulai tumbuh dan merambat.

Ya walaupun baru daun dan batang saja yang menjulur ke atas dan belum ada buah nya sama sekali, tetapi yang jadi perhatian kita adalah kenapa bentuk daun markisa jadi berubah ya...๐Ÿค”.

Usut punya usut kalau saya lihat emang bentuknya saat dari awal tumbuh sampai menjalar gini ada tiga perubahan bentuk pada daun buah markisa ini.


Awal tumbuh hanya ada daun berbentuk tunggal

Saat awal di tanam di pot dan sudah mulai tumbuh jadi daun, jumlah ruas daun hanya tunggal atau satu, nah semakin ke atas jumlah ruas daun berubah menjadi dua dan semakin ke atas berubah bentuknya lagi menjadi tiga seperti jari-jari.


Daun jadi berbentuk dua ruas

Daun berubah jadi tiga ruas

Nah saya juga jadi bertanya-tanya, kamu nanyaaak ??..eh Dylan masih nanyak gak yak ๐Ÿ˜..mungkin dia lelah.. hohoho, asal ga nanya kenapa buah semangka berdaun sirih kayak lagunya siapa gitu ๐Ÿค”.

Yang jadi pertanyaan kenapa ya bentuk daun markisa jadi berubah setelah makin meninggi / bertumbuh ? Awalnya kita mengira bentuk daun markisa hanya tunggal dan gak akan berubah lagi kayak kamu ke aku wkkwk.

Sebetulnya ini sih gak perlu jadi pertanyaan yang bikin kepo, orang juga gak bakalan tau atau nanya bentuk daun markisa kayak apa sih..atau koq daunnya jadi begini yaa...paling banter orang nanyain...harga sekilo markisa berapa ? Hehehe..iya juga sih.

Tapi berhubung saya dan sepupu kepo dan pinisirin, maka saya selaku admin di blog ini berusaha cari tau donk di mbah Google, akhirnya ketemulah salah satu jawaban yang saya anggap pakar di bidangnya.

Mengapa daun markisa berubah bentuk seiring pertumbuhannya ?

Dari website Sciencedirect.com, di jelaskan perubahan yang terjadi pada daun markisa, dalam jurnalnya : di sebabkan adanya perilaku heteroblastik, yaitu perubahan fase vegetatif remaja ke dewasa, dari monolob ke trilob.



Ketika proses peralihan, daun menjadi lebih kompleks, meristem yang menghasilkan sulur dan bunga yang muncul di ketiak daun, munculnya sulur di anggap fase awal vegetatif dewasa. Untuk artikel tentang tanya jawab lainnya bisa baca di sini dan sini.

Selama perkembangan tunas, tanaman mengalami perkembangan ukuran, bentuk dan geometri yang terkait dengan proses ontogeni.

Dalam beberapa kasus terjadi peristiwa perubahan mendadak dan dramatis dalam bentuk dan fungsi, misalnya ukuran dan bentuk daun, panjang ruas dsb.

Markisa sendiri merupakan species heteroblastik yang artinya mengalami perubahan mencolok sepanjang perkembangannya, sehingga memungkinkan adanya perbedaan morfologi antara vegetatif remaja ke dewasa.

Fenomena ini di kenal sebagai heteroblastik dan di gunakan untuk membedakan tanaman yang mengalami perubahan mendadak dan mencolok yang di sebut perubahan ontogenetik secara halus dan bertahap.

Emm jadi itu ternyata kenapa daun pohon markisa bisa berubah bentuknya sejak awal tumbuh hingga akhirnya menjadi bentuknya yang sekarang. Dan kalau di amati memang akhirnya semakin tumbuh ke atas jumlah ruas daun markisa menjadi tiga ruas atau trilob seperti yang di uraikan di atas tadi.

Setidaknya rasa penasaran saya terjawab sudah..jadi kalau ada yang bertanya kenapa daun markisa berubah bentuk seiring pertumbuhannya, ya kalian bisa baca secara singkat di postingan ini yaa..tapi kalau mau tahu lebih lengkapnya silahkan kunjungi di laman websitenya tadi. Demikian sekilas info ๐Ÿ˜€.




Salam

 




Posting Komentar

35 Komentar

  1. di rumah parent saya, markisa hidup subur dan banyak buahnya. sering sahaja dijadikan juice.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waah enak banget markisa di jadikan jus/sirop,pakai es batu ,segaar di saat cuaca panas begini.

      Hapus
  2. Saya baru tau daun pun berubah seiring pertumbuhannya, selalu buah je yang berubah bila semakin matang. Terima kasih share info yang menarik ni ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama..sayapun baru tau ๐Ÿ˜tapi setidaknya rasa penasaran saya sudah terobati.. hahahha

      Hapus
  3. sama la.. MA pun baru tau ni.. unik sungguh

    BalasHapus
  4. Persoalan saya ...apa manfaat daun markisa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau saya Googling, di antaranya untuk menurunkan tekanan darah,insomnia, diare..tapi entahlah masih butuh keterangan yg lebih lengkap dari pakarnya.

      Hapus
  5. oooo ya ke? hahahahaa saya pun baru tahu... almaklum laaa tak pernah tanam markisa hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saya pun baru perhatikan..itupun di rumah sepupu saya yg kebetulan tanam markisa๐Ÿ˜€

      Hapus
  6. daun pokok markisa jantan atau betina pun sama juga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah..walau bunga markisa adalah hemaprodit, di websitenya gak di jelaskan ttg ini.

      Hapus
  7. Awal membaca, sempat kaget juga ya
    kok bisa berubah begitu
    dan akhirnya tahu jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akhirnya tau pan kenapa berubah bentuk..sip lah

      Hapus
  8. Perkongsian yang menarik. Kalau tak kerana perkongsian ini, saya tak pernah tahu dan tak peduli tentang pokok markisa. Apa lagi tentang perbezaan daunnya ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya juga begitu..gak pernah tau dan perhatikan seperti apa bentuk daun nya hahaha

      Hapus
  9. Saya dak terlalu hafal dengan bentuk daun markisa, malah pohonnya kayak gimana saya baru tahu di artikel ini :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas..siapa tau bermanfaat kalo pas mau nanem pohon markisa nya.. hehe

      Hapus
  10. wah bisa nambah pengetahuan baca postingan ini, jujur gw belom pernah lihat daun markisa bentukanya kayak gimana sebelumnya, tapi dari posyltingan sudah dijelaskan kalo itu proses tumbuh kembang menjadi dewasa, kurang lebih sama lah kayak kita :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah kalo bisa bermanfaat mas Khanif, sayapun baru tau setelah lihat bentuk daunnya secara langsung, dan gak kepikiran kalo bentuk awalnya akan berubah , iya sama kayak manusia berubah dari bayi menuju dewasa.

      Hapus
  11. Wow kompleks juga daunnya ya?. Suka minum air buah markisa tapi tak pernah tengok pohonnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, daunnya berubah seiring pertumbuhannya, wah jus markisa pasti sedap kalau di minum dingin

      Hapus
  12. Es una linda planta. Gracias por los consejos. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini tanaman buah markisa...tau kan ....terimakasih..๐Ÿ™

      Hapus
  13. Pas baca judulnya langsung kepikiran kalau itu cara adapatasi daun markisa terhadap lingkungannya. Jadi daun berubah bentuk menyesuaikan denga kbutuhan pada pohon markisa. Akhirnya daun berubah bentuk dan fungsinya.

    Ternyata karena proses heterobpastik. Perubahan vegetatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Vai..perubahan bentuk pada daun markisa karena adanya proses heteroblastik,perubahan fase vegetatif dari remaja ke dewasa.

      Hapus
  14. Saya tidak mengetahui informasi ini. Saya mengerti sekarang, terima kasih. ๐Ÿ˜Š

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama"... mudah -mudahan postingan ini berguna๐Ÿ˜Š

      Hapus
  15. Mba, aku malah ga tahu bentuk daunnya ๐Ÿคฃ๐Ÿคฃ jadi ga sadar juga berubah bentuk. Setelah baca ini jadi tahu.

    Selama ini tahunya ya buahnya Thok, itupun aku ga doyan yg masih berbentuk buah. Lebih suka kalo udh diolah jadi jus atau sirup. Soalnya tahu sendiri rasa buahnya asem dan ga suka Ama tekstur bijinya itu ๐Ÿคฃ. Geli aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun baru ngeh karena pas lagi duduk di teras sepupu ku mbk..lah koq bentuk daunnya beda pas makin menjulur ke atas wkwkw...
      Lagian gak ada juga yang bakalan nanya yak ๐Ÿ˜,sekedar berbagi info aja hehehe...kalo buahnya manis"asyemm yaa..kalo di buat jus ato sirup baru sedep,apalagi pas di minum kalo lagi cuaca panas...endulll segeeeerr.

      Hapus
  16. Dulu malah aku ga ngerti tanaman markisa kayak apa, yg aku tau waktu budeku dari Makasar bawain sirup markisa dan enak hehehe
    Terus waktu ke Banyuwangi dan lagi makan di warung, nahh aku baru tau tanaman markisa dan menjalar, aku taunya menjalar mbak, karena sama yg punya warung ditanamnya model merambat kayak dibikin atap gitu dan nggak merhatiin bentuk daunnya kayak apa
    ternyata bisa berubah-ubah ya, baru tau aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk..memang menjalar pohon markisa itu, pas awal tumbuh keluar daun berbentuk tunggal, eeh makin ke atas koq jadi berubah ada tiga ruas daun.. hehehe..sayapun demen sirup atau jus markisa.. segeeeerr

      Hapus
  17. Terima kasih kongsi infonya.
    Bertambah pengetahuan saya tentang kenapa daun markisa berubah bentuk.

    BalasHapus