Mirip Anggur, Namanya Buah Jamblang

Buah Jamblang

Mreneyoo.com. Sudah pernah lihat dan makan buah ini belom ? Rasanya manis, asam dan ada rasa sepet-sepetnya. Buah ini sudah jarang terlihat, entah kalau di daerah lain, kalau tempat saya hampir enggak pernah nemuin penjual buah ini, apalagi melihat pohonnya seperti apa, namanya buah jamblang, sebagian bahkan menyebut nya buah juwet, dan anggur Jawa.

Kebetulan minggu lepas suami balik atau mudik ke Jatim ke kampung halaman dia, nah pas balik ke sini bawain buah jamblang ini, ini pun pemberian temennya, kebetulan si temen punya pohonnya sendiri, maka nyicip lah saya si buah ini.


Sekilas mirip anggur 


Warna buahnya mirip banget dengan buah anggur, sekilas memang mirip buah anggur hitam, tapi isinya gede dan rasanya manis, asem dan sepet, beda banget sama buah anggur 😁.


Bijinya besar


Dulu pas jaman anak-anak saya sudah pernah makan buah jamblang ini, tapi sudah agak lupa seperti apa rasanya. Pas makan lagi buah ini jadi teringat rasanya...owwh gini toh ?

Buah Jamblang ini termasuk suku-sukuan dengan buah jambu dan bisa hidup di daerah tropis. Biasanya Jamblang di makan begitu saja atau di buat manisan atau asinan buah, rasanya yang manis, asam dan sepet di beri campuran garam, cabai dan gula menambah nikmat dan segar.

Daging buah dan biji jamblang bersifat sejuk, aromatik dan astringent, dan bisa di gunakan buat  beberapa pengobatan alternatif dan modern, untuk lebih lengkap baca infonya di Wikipedia, biasanya tanaman jamblang di tanam di pekarangan rumah sebagai penyejuk.

Keberadaan buah dan pohon jamblang semakin punah karena kurangnya budidaya dan kalah bersaing dengan buah-buahan lainnya termasuk masuknya buah-buahan impor.

Makanya walaupun ada yang menjual buah ini namun harganya lumayan mahal, di beberapa e-commerce untuk harga buah ini kisaran 30 ribu ke atas perkilonya, bisa lebih mahal antar satu toko dengan yang lainnya.

Rasa buah yang manis, asam dan sepet bikin saya ketagihan buat terus-terusan nyomot, apalagi di makan dalam keadaan dingin..emmm seger banget, ada yang udah pernah nyicipin buah jamblang, juwet atau anggur Jawa yang satu ini belum ?





Salam😀



Posting Komentar

36 Komentar

  1. Aku tahu nama buah ini dengan sebutan buah juwet atau duwet. Kmudian tahu kalau ada yang menyebutnya dengan jamblang.

    Rasanya lebih ke asam dan sepet. Kaalu manis emang ada, tapi sedikit. Pohonnya dulu mudah buat ditemui, sekarang susah nyarinya. Sudah lama ga makan duwet..wkwkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang biru agak gelep banget lumayan manis mas,walo tetep ada asemnya juga hehehe,memang sudah jarang banget nemuin buah ini,saya aja terakhir makan mungkin masih SD... kwkwkk

      Hapus
  2. No la he probado pero se ve muy rica. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya manis,asam,buah ini sudah langka, terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  3. ah, ini sih buah yg ngingetin masa anak2 dulu mbak... saya jg sering nyari buah ini. Rasanya sepat manis gitu dan bikin bibir jd ungu, hehe... kalo di daerahku daerah Cirebon, ada Desa yg namanya Desa Jamblang... mungkin ada kaitannya sih dgn buah ini. Tapi aku blm tau jls sejarahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mas...makanan jaman kecil emang,sekarang sudah jarang nemuin buah langka ini,...barangkali dulu di salah satu desa Cirebon memang banyak pohon jamblang ,biasanya gitu sih..perlu di pelajari mas,sesuai dengan nama blog masnya hehehe

      Hapus
  4. Tak pernah pulak saya jumpa buah ni di Malaysia. Memang nampak macam anggur kan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sudah termasuk jarang kak buah Jamblang ini, di sinipun saya jarang ketemu buah ni.

      Hapus
  5. Buah ini di saya nyebutnya Buah Duwet. Masih ingat betul pas ngunduh, buahnya sampe tumbuh di dahan-dahannya. Rasanya manis asem sepet. Dan getahnya bikin rusak baju kalo kena.

    Udah jarang pula pohonnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang ada beberapa sebutan untuk buah ini mas, ooh saya baru tau kalau getahnya ganas...hahaha

      Hapus
  6. Sering dengar buah jamblang, tapi baru sekarang lihat bentuknya. Kalau nggak diinfo, mungkin aku akan mengira ini buah anggur saking miripnyaa 😂. Kalau teksturnya mirip anggur nggak, Kak? Soalnya kalau di foto kelihatannya agak mirip teksturnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya soalnya ini termasuk langka Liii.. tekstur nya memang mirip anggur Lii, hanya bijinya gede,rasanya juga beda,tapi enak koq..manis asem sepet wkwkkw

      Hapus
  7. Di tempatku namanya Duwet. Ini buah masa kecil mbak.. ada yg mirip itu juga, tapi bulat. Di sini namanya Gowok. Rasanya juga mirip

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...udah jarang nemuin buah ini,namanya beda"ya tiap daerah, kalo buah gowok malahan gak tau kayak apa.

      Hapus
  8. tau mbak buah ini, di tempatku namanya buah juwet, sampai di buat nama desanya juga, namanya desa juwet, padahal disana ga begitu banyak buah juwet :D, tapi memang sekatang udah jarang nemuin buah ini

    dulu waktu kecil sering makan buah in :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya emang sekarang udah mulai langka kayaknya mas Khanif,saya juga dulu jaman SD makan buah ini hehehe,baru sekarang nemuin.

      Hapus
  9. Aku dah pernah donk makannya..hahaha..asem sepet,nggak mirip rasa anggur haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Warna nya cantik,tapi rasanya ga secantik warnanya haseeem hahaha

      Hapus
  10. Ooo..ini ke jamblang..tapi kalau saya jumpa pun tetap panggil anggur mungkin..haha.. tahu satu nama je..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,nama lainnya Juwet,Duwet, atau anggur Jawa,..hahhaha

      Hapus
  11. buah ni mama macam pernah makan semasa mama ke borneo iaitu di sarawak. dipanggil buah dabai. rasanya mmg unik

    BalasHapus
  12. Baru pertama kali dengar jamblang ini...rupanya saja sudah menarik dan rasanya juga tentu sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya manis, asam dan sepet, begitulah,tapi kalau sudah matang banget segar banget

      Hapus
  13. Iyalah, rupanya memang seperti buah anggur 😃
    Cantik warna isinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantik warnanya tapi rasanya campur -campur😀

      Hapus
  14. Bila makan, ada lekat warna purple atau ungu kah, dalam mulut? Kalau iya, saya pun pernah makan dulu, waktu kecil. Saya sudah lupa apa nama buah ni. Aduh, hilang ingatan pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak koq...ga melekat warnanya, biasa saja ,kalau yang berwarna mungkin kami menyebutnya buah buni, tapi entahlah😄.

      Hapus
  15. Gak pernah ielihat buah jamblang ananda. Baru kenal di sini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Memang sudah cukup langka bunda buah ini, pohonnya juga sepetinya kebanyakan di pulau jawa,itupun sudah jarang ada.

      Hapus
  16. Unik namanya..mmg mirip buah anggur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...memang mirip banget,tapi rasanya gak mirip😄

      Hapus
  17. cantik buahnya hitam berkilat👍👍

    BalasHapus
  18. kalau 30K tu mahal juga tu. dah hampir sama macam harga anggur muscat yang sedang viral sekarang ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalau di sana 10 rm ?di sini di beberapa e-commerce berbeda",mungkin karena buah ni termasuk langka.

      Hapus