Pilihan Menonaktifkan Komentar di Blog Sementara


Mreneyoo.com. Blog tanpa ada kolom komentar ? Hemm barangkali bagaikan sayur kurang garam, hambar. Tapi biarlah buat sementara ini saya memilih untuk menonaktifkan kolom komentar di blog.

Pilihan widget komentar pada blogspot sepengetahuan saya ada dua cara, yaitu bisa  berkomentar langsung atau melalui moderasi komentar dulu.

Awalnya dulu-dulu saya memilih untuk langsung bisa berkomentar di blog ini, tanpa lewat moderasi komentar. Bahkan ada seorang teman menganjurkan saya untuk mengaktifkan moderasi komentar saja, alasannya kalo ada spam atau komen-komen ga jelas bisa di hapus atau di saring dulu, beda dengan komentar langsung, kita gak bisa langsung mencegahnya, kecuali menghapus komen yang masuk.

Masalah hapus menghapus komen yang masuk sebetulnya urusan ranah si empunya blog, mau dia menerima komen atau enggak itu hak dia sepenuh nya. 

Apalagi kalau komen di moderasi dulu, bisa saja google menganggapnya sebagai spam, kalau sudah begitu kita mau apa, mau ngak mau ya komen yang di anggap spam kita hapus.

Yang jadi pertanyaan saya adalah, jika kita berkirim komentar ke blog seseorang, dan blog dia tidak melakukan moderasi komentar alias kita bisa komen langsung, dan yakin sekali kalau komen kita sudah ada di kolom komentarnya, wong emang gak di moderasi, jadi gak mungkin kalau tau-tau komen kita ujug-ujug menghilang sendiri.

Sayangnya pengalaman saya beberapa kali blogwalking ke blog temen yang kolom komennya bisa langsung, yang tadinya ada, tau-tau gak ada, kemungkinan besar komen saya sudah di hapus oleh yang punya blog.

Saya hanya ngerasa aneh saja, saya selama berkomentar enggak pernah ngeluarin kalimat yang aneh-aneh apa lagi bertujuan menyinggung perasaan, enggak pernah kepikiran sama sekali.

Barangkali komen saya terlihat bodoh ? Entahlah, saat ini saya agak merasa kecewa saja. Seharusnya saya enggak baperan, namanya komen itu urusan pribadinya yang punya blog, mau dia nerima, mau dia menghapus komen yang mungkin di rasanya gak bermanfaat, ya saya nggak bisa protes.

Hanya saja sangat di sayangkan, cara nya melakukan hal itu agak membuat saya sedikit jadi malas buat memberi komen di blognya, takutnya suatu saat komen saya bakalan di hapus lagi hehehe...barangkali komen saya di anggap enggak ada apa-apanya, gak membawa manfaat, dan terlihat hanya seperti sampah yang harus segera di bersihkan.

Jadi sementara ini saya cukuplah menonaktifkan kolom komentar saya, entah barangkali buat sementara waktu atau sampai kapan saya belum bisa memutuskan, saya hanya perlu belajar banyak, bahwa engggak semua orang barangkali  butuh di komenin, saya aja yang keranjingan, padahal niat saya mah baik.

Saya ngambek ? Enggak juga sih, hanya perlu waktu buat nenangin otak yang terlanjur konslet, gak guna juga saya marah-marah dan kesel, wong saya juga bukan siapa-siapa, hanya lagi demen curhat aja di blog ini, gak perlu sanjungan atau apapunlah, bagi temen-temen yang pernah berkomen di blog  ini saya mengucapkan banyak-banyak terimakasih, maaf kalau barangkali postingan ini membuat enggak nyaman, saya cuma orang biasa yang bisa juga ngerasa kayak ...koq  jadinya gini amat.




Salam😷



Posting Komentar

6 Komentar

  1. saya tak rasa blogger sewenang-wenangnya akan hapuskan komen tanpa sebab tertentu melainkan komen itu berbaur fitnah atau menjelekkan.

    mungkin juga sebab browser yang kita gunakan. saya pun pernah alami. tapi bila fikir semula, it's not a big deal...anggap sahaja cabaran dalam berblogging

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya juga sih...hanya saja memang blognya tak menggunakan moderasi komentar,jadi otomatis komen kita ada tercantum langsung,apalagi saya melihat komen saya tu ada selama 24 jam..kalau tau"menghilang entahlah

      Hapus
  2. tak apa yang penting mreneyoo teruskan menulis selagi mampu💪

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...sekarang ga mau lagi lah mikir yang aneh-aneh, positif aja

      Hapus
  3. Menurutku, mungkin kalau komentar terhapus sementara isi komen aman (nggak ada kata-kata kurang layak atau link hidup) ada kesalahan teknis. Blogspot suka agak aneh kadang...apalagi kalau pakai template gratisan....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin juga bisa begitu mbak...tapi kalau komen langsung tanpa ada moderasi komentar, gak tau juga sii..

      Hapus