Berasa Pake Hp 3 G


Mreneyoo.com. Sinyal hape hilang saat mati lampu ? Mungkin bukan hal yang aneh lagi, dulu saya nggak ngeh kalau mati lampu sinyal hape bisa ikut terganggu.

Setelah ngalamin gak bisa internetan saat mati lampu, masih berlanjut soal mati lampu  yang kemaren, kebetulan di rumah memang pake wifi, makanya saya tenang-tenang saja wong pikir saya masih ada quota dari simcard operator yang satunya, saya mikirnya gitu hehehe.

Iya sih kalau mati lampu memang wifi juga otomatis bakalan mati alias gak bisa inetan, tapi saya berfikir kartu saya yang satunya dari operator lain kan masih full quotanya, ternyata saat mau di gunakan juga nggak bisa ☹️ padahal di pengaturan posisi internet nya sudah di simcard 1.

Setelah saya coba googling ternyata penyebab hape gak bisa di pake dan sinyal hilang saat mati lampu termasuk pada beberapa operator lainnya di sebabkan karena arus listrik yang di terima BTS atau tower yang akan di distribusikan terganggu, BTS memerlukan pasokan listrik, jika pasokan gak ada maka sinyal hape pun ikut terganggu.

Oalah, ternyata selama ini saya salah atau gak paham permasalahannya di mana, saya menduga kalau mati lampu dan wifi rumah gak bisa di pake maka saya masih bisa internetan dengan kartu dari operator lainnya, ternyata enggak bisa, itu pas kebetulan posisi saya lagi berada di rumah .

Nah berhubung kemarin saya main ke sepupu dan mati lampu juga, kebetulan di rumahnya gak ada wifi ya...saya iseng gunain kartu dari operator satunya, koq bisa sih, tapi sinyalnya mendep-mendep alias ilang timbul, kadang garis dua, jadinya internatan berasa di saat masih make hape jadul yang eranya masih 2 dan 3 G 😁...megep-megep dan loadingnya lumayan lama, muter-muter walau sempat bisa internetan tapi durasinya lama, hehehe, tapi kenapa pake simcard dari operator lain pas mati lampu di rumah gak bisa ya, agak heran juga saya 🤔,ada pengaruhnya kah ?

Dulu semasa masih pake hape 2 dan 3 G internatan lama aja bisa sabar, soalnya memang era-nya masih begitu, jaringan / server belom secepat sekarang ( mohon koreksi kalau salah 🙏), loading lama juga enggak masalah hehehe, tapi sekarang pas mati lampu saya berasa balik ke jaman dulu, langsung mati kutu, halah halah.

Saat era-nya blom ada hape gak masalah, balik telat pun gak ada yang sibuk nyariin, gak ada yang sibuk nelponin, gak ada yang basa-basi nanyain kabar, sekarang hape lagi gangguan, gak bisa internatan, gak bisa kirim pesan, kerjaan terganggu, gak bisa ini itu, rugi trilyunan, rugi waktu dan sebagai nya, terasa betul tergantung nya  pada alat komunikasi yang satu ini, wajar ya memang jaman sudah berubah, teknologi makin maju dan kita ikutan berubah mengikuti perkembangan jaman.

Kejadian mati lampu berturut-turut beberapa hari belakangan seperti  mengulang masa saat saya belom begitu tergantung sepenuhnya pada alat komunikasi yang satu ini, dulu hanya bisa SMS dan telponan aja, blom ada internet, hape saya juga masih merk yang dulu sih ngetop banget, banyak tombolnya dan berwarna-warni 😆sayang sekarang udah gak terdengar lagi kabarnya, terus naik lagi, sudah bisa internetan walau pun eranya masih 2 dan 3 G, loading lumayan lama, saat itu sudah dianggap lumayan canggih dan sudah bisa terkoneksi internet walaupun megep-megep, belom ada medsos, belom ada istilah-istilah selebgram, tiktok, YouTuber, gamer dsb.

Nah pas kejadian mati lampu berkali-kali kemarin, sinyal hape saya kadang satu kadang dua, bahkan gak ada sama sekali, walaupun bisa di buka pas di luar rumah tapi berasa pake hape jadul yang masih 2 dan 3 G, lola dan muter-muter, jadi kayak jaman dulu lagi , yang begitu sabar membuka Opera Mini, bisa liat judul beritanya aja udah senangnya minta ampun walau belom ke baca semua, ya maklum loading nya lamaaa 😁.





Salam


Posting Komentar

26 Komentar

  1. Dia mintak beli yang baru tu Mreneyoo...Iphone maybe..hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....harus ganti yang baru yaa..yang lebih canggih😁

      Hapus
  2. kadang ada beberapa kartu sim yang walaupun mati listrik tapi masih bisa di pake buat internetan, gw pake indosat lancar pas mati listrik, tapi kalo telkomsel ikut mati juga :D

    btw skarang gw malah penen hunting hape jadul, pengen nostalgia :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin ya mas Khanif, kebetulan koq pas di rumah ga bisa waktu mati lampu pake yg Indosat, eh pas di luar juga mati lampu koq bisa malahan hehehe....hape jadul ngangenin emang yaa..banyak tombol qwerty nya itu loh, kangen di pencet 😆

      Hapus
  3. Kukira cuma dirumahku aja yg gitu.. Wkwkwk.
    Aku ya sbnernya heran. tapi pernah baca kataya ketika mati listrik persinyalan bakal makai emergency listrik. Nah, itu bandwidth atau kecepatannya dipangkas demi menghemat daya.. 😁

    Tapi kesel aja ya. Soalnya mati listrik kan mengganggu... bete pula, masa Hp ikutan terganggu apalagi sekarang serba Internet.. 🥹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin memang begitu jalur cerita nya mas Bayu😁, semua ikut ke ganggu, internetan gak bisa, berasa kayak balik jaman dulu dan serba salah , mati gaya ya wkwkwk.

      Hapus
  4. Iyaaa, apalagi kalo Telkomsel euy. Tiap kali mati lampu langsung berasa jadi manusia purba. Udah mah gelap-gelapan, keki juga karena ga bisa internetan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mas...langsung bener"ngilang, gak bisa berkutik lah pokoknya hehe

      Hapus
  5. Kerap ye kejadian mati lampudi sana

    BalasHapus
  6. pas banget sama yang aku alami hari ini, ga ngerti kenapa tiba-tiba internet ilang sinyal, mungkin hampir setengah harian. Ini aja baru on, malam malam begini hahaha
    aku juga merasa mbak, tadi aja 2 jam misalnya internet ilang, kayak mati gaya, dulu waktu masih pegang hape yang tulit tulit bunyinya, malah hapeku ga ada 2 atau 3 G waktu itu, masih biasa aja. Ehh sekarang malah beda ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pan mbk kerasa banget, semalem aja mati lampu lagi sampe tiga jam😑waah udah cuaca gerah, otak juga ikutan gerah, gak bisa ngapa-ngapain.

      Iya dulu mah biasa aja ya ga gitu"amat,sekarang kalo ada problem langsung kerasa banget bingungnya kalo hape lelet/ gangguan

      Hapus
  7. Kalau loading lama, tension juga. Baik off saja, baca buku atau aktiviti offline lain. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang ga bisa internetan, bagusnya memang kerjaan lain sii😀

      Hapus
  8. Jaman dulu, keadaan gelap-gelita tidak ada apa-apa ya Mreneyoo. Sekarang, mati aja lampu sudah tidak karuan hehehehee.... sama juga dengan masalah air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak...kalau mati lampu dunia serasa mau runtuh hahaha, sama pentingnya dengan air.

      Hapus
  9. iphone baru on the wayyyyyy lalallalallalalaa😁😁😀🤭

    BalasHapus
  10. mungkin sebab kita dah terbiasa dengan lampu. jadi bila jadi gelap, hati pun tak senang😀

    BalasHapus
  11. jangankan 3G...2G pun pernah saya guna HP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pun pernah juga bang pakai hp 2 dan 3 G

      Hapus
  12. Hmmmm, aku ga terlalu inget apa provider pulsaku masalah atau ga pas mati lampu. Krn memang JKT jarang mati lampu. Sekalinya mati juga cuma 5-10 menit. Tapi perasaan kalopun pernah mati, kayaknya ga ada masalah pake hp. Kebetulan yg aku pake Indosat. Cuma ga pernah liat tsel. Soalnya hp yg tsel memang aku pake kalo urgent aja mba 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas mati lampu di sini beberapa provider ada yg nggak bisa, ada juga yg bisa,walaupun bisa tapi leletnya kebangetan mbak Fanny 😁

      Hapus
  13. Rupanya ananda di sana juga mengalami mati lampu ya. Padahal dekat dengan pulau Jawa. Kalau di Kerinci sini mati lampu itu sudah jadi air mandi sehari2.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda ,walau dekat dengan ibukota gak jaminan listriknya selalu hidup .

      Hapus