Listrik Byar Pet, TV di Rumah Mati



Mreneyoo.com. Emang agak nyebelin, belakangan listrik sering banget byar pet, ga ada pemberitahuan tau-tau ujug-ujug mati, sehari bisa dua tiga kali, memang durasinya gak lama, justru karena itu, baru idup langsung mati lagi, belom sempet buat matiin tv tau-tau idup.. eeh langsung mati lagi.

Gara-gara listrik byar pet terus-terusan, tv di kamar depan akhirnya jebol juga alias mati, sudah di tes tetep ga nyala dan warna hitam thok πŸ™„ terpaksa di servis dulu.

Memang tv di kamar depan bukan buat di tonton, fungsinya hanya untuk tv keperluan cctv aja, justru itu, karena rusak akhirnya ga bisa buat mantau.

Kebetulan tv di kamar juga bukan tv keluaran baru, mereknya aja nganu, hanya saja di manfaatkan buat memantau keadaan rumah dan usaha, biasanya setiap hari selalu standby, kadang kalau ada sesuatu atau kejadian bisa di pantau, pernah juga ada kejadian kucing tetangga ngilang, sampe segitunya dia minta tolong di buka tvnya biar ketauan ilangnya karena di curi atau gimana, laah di kira buat mantengin sampe segitunya πŸ€”.

Tadi sore saat suami balik kerja dan masuk kamar depan, posisi tv udah gak nyala, saya juga enggak merhatiin tv nya nyala apa enggak ( istri yang sangat rajin dan perhatian 😁 ...hehe ).

Justru saya baru ngeh saat suami nanya, koq tv nya gak nyala ya ? Saya malahan menduga memang sengaja di matiin, gak taunya tv emang gak nyala beneran gegara mati lampu, keseringan byar pet berkali-kali akhirnya ra kuwat .

Ini nih yang suka bikin khawatir, beberapa hari belakangan memang sering mati lampu, yang saya kuatirin kalau-kalau peralatan elektronik di rumah sampai rusak, semalem lampu kamar juga putus satu, ndalalah koq tv kamar juga mati total.

Takutnya barang elektronik yang lain juga gitu, kadang lagi masak nasi pake rice cooker tau-tau byar pet, terpaksalah masaknya balik lagi kayak dulu, di kukus atau ngeliwet, jangan sampe kejadian tv rusak berimbas pada barang lainnya juga.

Kalau sudah begini yang rugi kan konsumen, bayar enggak pernah telat, walau gak ada hubungan bayar telat apa enggak, tapi kondisi listrik masih sering mengalami mati hidup, barang di rumah rusak, apa PLN mau tau ? Ya ndak toh..

Maunya sih memang menghemat listrik, tapi apa daya kalau cuaca gak keruan dan panas begini, mau enggak mau ya saya musti ngademin badan, mau di hemat-hemat juga agak susah, mungkin akan sedikit ngerem penggunaan dulu, 

Kepingin punya barang yang awet tapi berhubung listrik lagi gak jelas moodnya jadinya saya musti berpikir, mudah-mudahan gak sering-sering mati idup lagi, mau apa-apa jadi susah sendiri, soalnya sekarang kalau konsumen mau ngadu ke PLN nomornya suka gak aktif, kadang ada nada sambung tapi nggak pernah di angkat, jadi mau protes kemana semisal ada gangguan jadi ribet.

Ya ngerti sih kalau PLN juga butuh perawatan untuk segala alat operasional di lapangan dan yang perlu di alirkan listrik juga banyak , gak hanya satu dua RT, tapi seluruh wilayah khususnya Sumatra Selatan dan Lampung memang cukup tergantung pada PLN.

Selaku konsumen kadang kita gak pernah tau gimana di lapangan, kita maunya lampu selalu on, karena banyak kejadian lampu mati dan lumayan lama, isi lemari es jadi busuk, akhirnya terbuang sia-sia, alat elektronik jadi ikutan rusak, kalau sudah begitu konsumen juga ikutan kesal tapi mau komplain gak bisa.

Mudah-mudahan ke depannya PLN gak sering-sering lagi byar pet, kita sebagai konsumen maunya PLN gak jadi berubah namanya dari PLN  : Perusahaan Listrik Negara berubah jadi PLN, Perusahaan Lilin Negara, karena keseringan byar pet alias mati lampu melulu, mosok kudu ngidupin lilin, ntar di kira ada babi ngepet wkwkkk.






Salam


Posting Komentar

34 Komentar

  1. memang tuh. Kalau listriknya ga konsisten, peralatan di rumah mudah rosak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener kak...ni sering banget mati lampu,tv jadi rusak.

      Hapus
  2. Aduh... Kalau linda pun.. Boleh jd hulk mcm nie... Senang nya ngeliwet manual saja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mati lampu akhirnya masak liwet aja yaaπŸ˜€

      Hapus
  3. Waduh kok jadi Perusahaan Lilin Negara, biar lebih cakep Perusahaan Lentera Negara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa juga mas..lebih berbobot dikit ya hehehe..

      Hapus
  4. Apakah tidak bisa minta ganti rugi ke PLN mbak?

    Kan gara² sering mati lampu tv jadi rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya enggk mungkin lah mas Agus...walau rusak urusane sing due tv 😁

      Hapus
    2. Peralatan listrik rusak gara-gara listrik PLN, yang betulin tetap yang punya TV.

      Kalo telat bayar listrik lebih dari tanggal 10 langsung disegel kilometer nya.

      Indahnya perusahaan listrik negeriku.πŸ˜†

      Hapus
    3. Ya begitu lah hidup di negri ini mas Agus, punya barang di jaga tapi giliran rusak kita rugi sendiri, keluar duit sendiri,..telat bayar kena denda dan apesnya di cabut 😁

      Hapus
  5. pakai aplikasi pln mobile kak, untuk komplen,
    sering mati lampu gitu, pasti berpengaruh ke peralatan elektronik
    btw ati2 hard disk cctvnya rusak jg kak,
    mending cctv dan dvr nya dipasangin ups, setidaknya kalau mati lampu, bisa dimatikan dulu semestinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh gitu ya mas...kadang ga kepikiran,. ...iya juga sih takutnya malahan cctv-nya yg kena ya..saya mah liatnya tv nya aja , gak kepikiran justru cctv-nya juga bakalan berdampak .ok..makasih sarannya mas.

      Hapus
    2. iya mbak soalnya di dvr cctv ada hard disknya, dan itu sensitif kalau shut downnya enggak bener.
      tapi setiap alat elektronik emang enggak cocok dengan kondisi listrik yang putus nyambung

      Hapus
    3. Iya mas...moga" suami dan orang rumah paham nih , takutnya kalo masih sering byr pet malahn makin fatal kalo ga segera di cek, makasih infonya mas

      Hapus
  6. Mmg stress kalau elektrik asik mati... peti ais tu lah yg paling dirisau asik on off saja belum lagi isi dalamnya segala ikan udang ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Mim..memang begitulah kita kalau urusan dapur peti ais nya mati jadi susah sendiri.

      Hapus
  7. Aduh... susah juga begini. Nak masak nasi pun susah. Semoga dapat diatasi segera masalah listrik-nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekarang listrik sudah hidup lagi..tv pun sudah servis.

      Hapus
  8. Aku tuh bingung yg kota2 selain jakarta trutama sumatera memang msh banyak ngalamin mati listrik. Dulu kan aku di Aceh lama ya mba. Awalnya 18 THN msh tinggal di Komp arun, Aceh Utara. Naah Krn ini komplek karyawan oil company, jadi seluruh listriknya dari PT Arun, bukan PLN. Otomatis fratis dan ga pernah mati. Seingetku kalk pun mati itu Krn ada eror di gardu dan 18 THN di sana matinya bisa diitung pake 1 tangan doang. Alias juaraaaang byangeeeet.

    Trus pindah ke Banda Aceh. Ya Allah kayak mau nangis. Masa sehari bisa 6x. Trus lamaaaa ya. Bukan cuma sebentar. Peralatan listrik ga usah ditanya lah. Ga ada yg awet. Paling sebel kalo udh malam matinya. Ya kali ga puas2 matiin dari pagi sampe malam.

    Trus pindah Penang, ga pernah ngalamin πŸ˜„. Aman sentosa di sana. Jakarta juga sampe Skr aman. Pernah mati lampu, tapi juaraaang byangeeettt dan sekalinya mati cuma bentar.

    Jadi kasian , kenapa yg di luar jakarta yg selalu keseringan gitu. Kirain PLN udh berbenah. Ternyata sama aja 🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya memang bener mbk Fanny, sini tuh masih kadang"mati lampu,sehari kadang bisa dua kali, walau enggak tiap hari tapi pasti ada mati lampunya, kemren"aja malahan berturut " walau cuman sebentar, enggak jelas juga alsan mati lampunya kenapa, apa ada gardu yg rusak, apa ada yg terbakar, apa lagi ada perawatan, suka gak jelas...jaman saya SMA aja dulu sering banget mati lampu,sampe kalau mau nonton tv numpang tetangga yg pake genset πŸ˜†

      Kadang kalau mati lampu juga suka giliran, entah hari ini RT mana, ntar RT yg lain gilirannya, hari gini gitu loh, barangkali saking udah kebanyakan yang di bagi"tapi enggak cukup dayanya apa gimana, gak ngerti juga🀦

      Hapus
  9. Tahu nggak sih mba, awalnya aku kebingungan pas baca judul.. Aku bacanya Listrik bayar pet TV di rumah mati.." Ehh ternyata maksudnya byar pet ibarat listrik mati nyala mati gtu ya.. πŸ˜‚

    Emang kalau udah mati listrik tuh apa-apa serba riweuh... Pernah tahu listrik dirumah byar pet byar pet juga.. Itu ngerusak pompa kolam, jadi setiap mau dinyalain nggak bisa tegangannya selalu turun. Awalnya aku bingung apa yang rusak.. smpe bingung tuh, kukira MCBnya udah rusak.. smpe aku nelpon PLN suruh kerumah karena hampir 24 jam rumah nggak masuk listrik. Kulkas udah anyepp.. Ikan udah megap-megap diatas.. πŸ₯²

    ehh ternyata ada konsleting di pompa kolamm.. Serem sih kebakar gtu dalemnya.. untung aja arus listrik nggak bocor, kalau bocor kan bisa bikin ikan mati ..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Byar pet ..hehhehe...iya mas Bayu..kan susah sendiri kalau sudah sering mati lampu, yang jadi masalah kalau sampai barang" elektronik ikutan rusak juga, udah kita yang keluar duit buat servis ,mati lampunya lumayan sering, durasinya juga kadang ga nentu, kadang selang-seling harinya kadang beruntun.

      Pan serem kalo sampe ikan"nya mas Bayu jadi mati gegara konslet alatnya,.

      Hapus
  10. Kacau nih, gak ada kompensasinya ya ...
    Alat elektronik bisa pada jebol tuh. PLN always begitu gak di Jawa, gak tempat lain, sama. Yang kasian malah di daerah terpencil malah gak pernah nyala² listriknya karena gak dipikirkan listrik datang ke sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ngerti nih PLN kayak mana lagi, kalau sering byar pet bisa kompensasi sih enak yaa, ini mati ujug",bisa beberapa kali, ga ada pemberitahuan, gak da persiapan.

      Wah kalo di daerah"terpencil kayaknya susah mau berharap ada listrik, wong di kota aja kadang lampu penerangan jalan gak semua hidup kalau malam, malahan ngandalin lampu teras warga.

      Hapus
  11. bener banget mbak, kalau listrik sering nyala idup nyala idup bikin pengaruh juga ke peralatan elektronik di rumah. Aku pernah ngalami
    dan bulan ini pembayaran listrik dirumahku naik hahaha, karena nyalain kipas terus-terusan efek dari cuaca puanasss poll

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama mbk....udah tv rusak, lampu putus, eeh pemakaian listrik juga agak naik karena sering idupin kipas juga, sumuuk kalo ga kipasan😁

      Hapus
  12. ini memang betul betul buat orang stress!!!😑

    paling saya risau kalau jadi macam ni adalah peti ais. dah laa kita simpan macam2 dalam tu. habis ikan daging membusuk kalau lagi lama blackout nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itulah, kalau sudah begini siapa yg mau di salahkan...ada yg mau tanggung jawab?

      Hapus
  13. sekarang bagaimana keadaannya? sudah pulih sepenuhnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah sudah mulai menyala lagi,tapi sesekali masih juga mati lampu πŸ˜”

      Hapus