Tega Vs Tegas



Mreneyoo.com. Tega dan tegas adalah dua kata yang hampir mirip namun berbeda arti. Tega berarti tidak ada rasa belas kasihan, tidak peduli ( penderitaan orang lain ), sedang tegas adalah perbuatan yang menyatakan tidak ragu-ragu dan mampu membedakan sesuatu yang jelas, ya atau tidak.

Kenapa admin jadi membuat postingan tentang tega dan tegas ? Iya karena saya sendiri belakangan ini lagi banyak merenung, apa iya saya se-tega itu ?..apa iya saya harus bersikap tegas ?

Saya nggak akan bercerita kenapa saya begini begitu, lantas kenapa sampai jadi  kepikiran ?

Apakah saya orangnya tega-an sampai harus menjaga jarak bahkan menjauhi sesuatu yang akhirnya bikin saya merasa capek sendiri dan akhirnya menyerah ? Apakah saya jahat dan se-tega itu ? Padahal saya pribadi orangnya nggak tega-an πŸ™„.

Lantas apakah jalan yang saya ambil untuk menjauh dari sesuatu yang bikin saya capek itu salah?

Akhirnya dengan berbagai pertimbangan yang saya pikir berkali-kali dan bulak balik untuk memastikan, sayapun memutuskan untuk bersikap tegas, bersikap tegas dan harus tega, mau nggak mau harus saya lakukan demi kewarasan diri.

Biarlah saya di anggap tega-an, gak punya rasa belas kasihan, saya harus bersikap tegas supaya ke depan nya langkah saya lebih ringan.

Maafkan kalau saya tega-an, maaf juga kalau saya jadi terlihat jahat, banyak sudah perjalanan dan masalah yang datang silih berganti, rasanya manis, asem dan asin bahkan pahit, dan saya harus menyudahi rasa yang gak enak ini.

Di awal tahun saya kepingin juga punya kehidupan yang lebih baik, membuka lembaran baru, gak seperti tahun-tahun sebelumnya, jalan di tempat, banyak yang saya kepingin tapi gak terjadi, bukan persoalan harapan dan keinginan saja, tapi hal-hal lain dalam hubungan saya dengan orang-orang di sekitar saya, yang dekat dan yang jauh, yang nyata dan enggak.

Rasanya kali ini saya harus tega-an dan tegas, setelah berkali-kali gak berhasil karena sikap gak tega-an dan gak tegas tadi yang akhirnya malah merugikan diri sendiri, semua yang tertulis sudah cukup mewakili, maaf yaa πŸ˜ŠπŸ™ kalau akhirnya saya harus tega ( s ) !!




Salam


Posting Komentar

50 Komentar

  1. kat malaysia sekarang tengah viralπŸ”₯πŸ”₯πŸ”₯ orang bernama 'Teega'🀭🀣 dah sampai ke Indonesia ceritanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. O ya kah ?..saya bahkan belum pernah dengar...wah ketinggalan berita saya πŸ˜€

      Hapus
    2. Viral langsung kaaaak πŸ˜‚πŸ˜‚πŸ˜‚. Sesuai nama yaa, teega, tega sangat mempoligamj istri sedang hamil ... Semoga berkah aja hidupnya 🀭

      Hapus
    3. Ooh saya akhirnya tau juga, lagi viral beritanya yaaπŸ˜€

      Hapus
    4. Hahaha di Malaysia ejaan nya TEEGA.. Bikin panas aja habis semua suami di Malaysia menjadi mangsa hahahaha

      Hapus
    5. Yang ini beda lagi cerita nya ya hehehe

      Hapus
  2. sifat manusia.memang begitu. ada kala kita rasa bersemangat nak buat itu ini, nak capai macam2 perkara, nak plan sana sini etc. at the end kita sedar, ada part yang kita tak mampu disebabkan beberapa halangan termasuklah ketidakmampuan diri. namun ia bukan bererti kita harus mengalah. pasti ada caranya. cuma kita belum temuinya lagi. mungkin ketegasan itu perlu dipertingkatkan demi motivasi diri 🫰

    BalasHapus
  3. Iya sis, memang gak semua yang kita inginkan terwujud, dalam beberapa hal mungkin masih bisa di terima bahkan perjuangkan, tapi ada hal"lain yang sepertinya ya cukup sudahlah...menjelang akhir tahun dan awal tahun yang baru semuanya kalau bisa mulai melangkah dengan lebih pasti😊

    BalasHapus
  4. gpp mbak bersikap tega'an dan tegas terhadap sesuatu, untuk membuat diri jadi lebih baik pastinya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Khanif, walau ada rasa gimana gitu yaa, campur aduk, tapi mau gak mau ya saya harus punya sikap.

      Hapus
  5. Setiap individu punya prinsip hidup masing-masing kan Mreneyoo. Teruskanlah jika itu sesuai dan membuat kita berasa senang menjalani kehidupan sehari-hari. Saya pilih kesederhanaan, tidak keterlaluan dalam mementingkan diri dan kepentingan orang lain. Namun itu tidak semudah yang disangkakan sebenarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Amie,memang serba salah dan gak enak juga, tapi supaya hidup lebih tenang memang ada jalan yg harus di ambil , makasih kak sudah singgah.

      Hapus
  6. Bahasan yang menarik. Antara tega dan tegas. Jika dalam kondisi tertentu, dua2nya terpaksa dilakukan, mau diapakan lagi .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda...saya harus pilih dua"nya dengan banyak pertimbangan , makasih bunda udah singgahπŸ™.

      Hapus
  7. Sesungguhnya, nk memuaskan hati semua pihak mmg tak boleh.. Insya-Allah, apa yang kita pilih itu sudah yg terbaik...

    BalasHapus
  8. memang tega dan tegas berbeda satu huruf s saja, tapi bisa merangkum dua kata itu menjadi satu kesatuan
    kalau saya sih kalau mau tegas kudu tega
    mau menunjuk pada satu keputusan tidak bisa menyenangkan semua orang
    jadi keputusan yang telah dibuat bisa juga membuat tega pada orang disekitar
    emang tegas itu harus merelakan ketegaannya

    BalasHapus
  9. Perkara kata tega dan tegas yang beda arti tapi emang jadi satu kesatuan ya mas hehe...iya sih..akhirnya saya memilih ke duanya..tega dan tegas...mau gimana lagi kalau gak ada jalan keluar, barangkali membuat orang lain gak nyaman,tapi dari pada saya susah sendiri..

    BalasHapus
  10. gak apa2 mbak, aku pun lagi belajar untuk tega(s), capek diinjak2 terus. hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk ...walaupun rasanya beraaat banget, tapi harus coba tega dan tegas, kalo nggak saya susah sendiri

      Hapus
  11. Hay situaciones en las que uno se debe alejar eso no nos hace tan malos. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih..memang betul..kita harus bisa memilih yang terbaik walaupun mungkin tak bisa menyenangkan semua orang.

      Hapus
  12. huruf e nya kan dibacanya beda mbak...

    tergantung situasinya seperti apa sih kita hrs tega dan enggak. Misalnya, ngadepin org yg hobinya utang mulu tp giliran ditagih gak mau bayar. Nah itu sih hrs tega... mislkan dia minjem lg jgn diksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya iyalah emang beda, kan saya cuman bilang dua kata yg hampir mirip tulisannya 😁 kalau pengucapan mah beda...iya memang tergantung situasinya kayak apa, kebetulan dalam masalah saya , harus tega dan tegas dari pada susah sendiri.

      Hapus
  13. ingatkan citer viral TEEGA di msia sudah smp ke indonesia ternyata bukan hehe...kdg2 kita perlu tegas ..kdg2 kita perlu tega

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah saya ternyata belum denger beritanya πŸ˜€....memang kadang butuh tega dan tegas yaa...

      Hapus
  14. untuk menjaga kesihatan mental kita sendiri maka haruslah kita bersikap tega dan tegas... skrg yg pentingnya hati dan emosi kita.. cukup² sudah nak menjaga hati org lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Kakmim, memang saat nya ambil sikap, tega dan tegas, makasih masukannya.

      Hapus
  15. dua perkataan ini sama juga di Malaysia...maksud juga sama

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena berdekatan, jadi ada kata"yang sama juga

      Hapus
  16. Tega Vs Tegas ok lagi. jgn teega dah le hikhik.. apapun Tega Vs Tegas mmg kedua maksudnya bertentangan gitu kan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya akhirnya cari di google teega yang lagi viral di sana..aiihh..jangan sampai begitu

      Hapus
  17. harap urusan dipermudah. pilihlah yang menyenangkan diri, pentingkan untuk menjaga hati sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak...bukan karena egois ..tapi buat kewarasan diri

      Hapus
  18. perkataan yg sgt mirip tapi maksud jauh berbeza.. kat msia.... tega tgh viral ni.. ha ha ha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya MA...saya baca yang lagi viral di sana teega πŸ˜€

      Hapus
  19. Hmmm, masalah apa ini?

    Apakah masalah orang yang minta-minta mbak. Menurutku sih kita memang harus tega dan tegas kalo lihat orangnya masih muda badan sehat tapi minta-minta.

    Eh, bukan itu ya? πŸ€”

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pokoke masalah lah ...pelik 😁

      Hapus
    2. Ada waktunya kita memang hrs tegas yg sekilas jadi kliatan tega. Tapi kalo itu demi kebaikan kita sendiri, ya kenapa ga. Memang hrs malah dilakukan.

      Aku termasuk tegas. Tapi buat sebagian orang, jadi dianggab tega. Cuma ya bodoamat lah... Apalagi kalo udah menyangkut keluargakan. Hrs tegas banget memang.

      Hapus
    3. Iya sih mbk..aku tuh tipikal orang yang kadang suka gak tega-an jadinya sering susah sendiri ,kalau kenapa "mikirnya kelamaan karena gak tega-an, gak enakan..emang harus tegas sih .

      Hapus
  20. Tidak salah jika kita ambil langkah untuk menyenangkan hidup kita. Tak penting apa orang lain fikir, sama ada kita tega atau tegas. Asalkan kita happy dan tidak susahkan orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu, kadang susah mau tegas karena ga enakan, ga tega-an, tapi memang harus berani berkata tegas yaa.

      Hapus
  21. Susah ya mbak jadi orang tegas karena biasanya nggak enakan, apalagi kalau suka gampang kepikiran sama omongan orang. Tapi kadang bersikap tegas emang perlu banget biar orang nggak nggampangin kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nih mas, susah banget mau tegas, apalgi kalau mereka deket dengan kita, lebih gak enakan lagi, tapi memang perlu tegas dari pada ngelunjak.

      Hapus
  22. Dalam kehidupan kadang kita diuji menyedari atau tidak akan sesuatu bahkan jika ia penting bagi hidup kita mungkin ia bertambah stress gitu.. Namun harus bljr melepaskan ia dan membuang jauh agar hidup lebih aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, apa yang membuat stress memang ada baiknya di lepaskan saja,jadi harus tega dan tegas yaa

      Hapus
  23. Memang pada akhirnya kita harus tegas untuk memilih tega. Pilihannya hanya 2, jadi korban atau tidak, kalau gak tegaan terus seringnya jadi korban, karena justru lingkungan itu sudah lebih dulu "tegas untuk memilih tega", hanya kita² ini yang masih berulang kali berpikir untuk tegas memilih tega.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu lah mas..memang harus tegas walau tetap ga tega-an...ujung-ujungnya ya tega dan tegas biar gak ngelunjak, biar tenang aja sii.

      Hapus
  24. Kalau tega itu kata benda tegas adalah banyak tega πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...bener sih mbk...akhirnya dua-duanya di lakuin, mau gak mauπŸ˜€

      Hapus