Cantik Itu Pokoknya Harus Begini !


Mreneyoo.com. Kau cantik hari ini...dan aku sukaa 🎢. Siapa sih yang gak suka di bilang cantik, cantik parasnya, hatinya, cantik itu relatif, definisi cantik tiap orang berbeda-beda.

Kriteria dan definisi cantik kebanyakan perempuan Indonesia tuh beberapa tahun kebelakang agak berubah, dulu di jaman saya, cantik itu masih apa adanya, walaupun dandan tapi tipis-tipis, model rambut pun apa adanya, ya maklum namanya masih jadul.

Bahkan iklan shampoo jaman dulu tuh model rambutnya gak harus selalu lurus, ada yang ikal, ngembang bahkan gak selalu panjang. 

Tapi jaman sudah makin berkembang, perubahan selalu ada, kriteria cantik sekarang pan ikut berubah, dulu sinetron tv kita di banjiri wajah-wajah indo, pokoknya pasti selalu ada pemain blasteran yang ikut mewarnai sinetron di televisi.

Beberapa tahun kebelakang trend cantik kita mengacu ala-ala Korea, cantik itu harus putih, rambut hitam lurus dan panjang, dagu runcing, wajah tirus, bibir tipis dan tubuh langsing, pokoknya imut kayak cewek-cewek Korea, makanya banyak perempuan berlomba-lomba untuk suntik putih dan suntik lemak, padahal pada dasarnya warna kulit perempuan Indonesia itu sawo matang alias kecoklatan, gak putih-putih amat.

🌸 Manfaat pijat dan lulur buat kesehatan.

🌸 Berdandan buat mood jadi lebih baik ?

🌸 Manfaat double cleansing bagi kulit wajah.

Entahlah definisi cantik itu kenapa harus putih mulus dan glowing, ada yang salah dengan warna kulit kecoklatan? Padahal bule-bule lebih demen warna kulit wanita Asia yang katanya eksotis, artinya sawo matang atau kecoklatan, mereka rela berjemur supaya kulit menjadi coklat, sementara perempuan kita lebih demen keliatan putih dan glowing, muka dan badan itu harus glowing, putih dan kinclong kayak porselen dan ogah banget kena sinar matahari.

Bahkan maaf ni ya...emak-emak sekarang juga kebawa arus glowput, bukan golput ya 😁, mukanya jadi glowing dan putih sementara lehernya tetep item, katanya sih pake krim racikan abal-abal yang harganya murah meriah supaya hasilnya cepet keliatan,  apa gak takut tuh mak 😭, entar mukanya jadi rusak dan item legem, dr Richard Lee aja mungkin nyerah .

Beberapa tahun terakhir trend kecantikan sedikit berubah lagi, sekarang kalau kalian liat di media sosial, banyak sekali wajah-wajah cantik bersliweran, tapi nyadar gak sih kalau mereka tuh kelihatan mirip-mirip, gak perempuan gak laki tipenya sama aja, gak perlu saya jelaskan siapa, pada taulah ya.

Trend kecantikan beberapa tahun kebelakang ini bisa merubah wajah yang asli terlihat banyak berubah, gak hanya permainan make up yang bisa mengubah wajah, suntik wajah pun bisa mengubah wajah seperti yang kita mau.

Hidung bisa jadi lebih mancung, bibir jadi lebih penuh bahkan ada yang ketebelan, malahan sengaja di tebelin, gak tau maksudnya supaya apa siih, dagu jadi lebih runcing, mata yang sipit kayak saya bisa ada kelopaknya, semuanya sah-sah aja, ada uang adek senang.

Definisi cantik belakangan koq agak menyiksa diri, menyiksa kantong juga iya, entah kenapa perempuan-perempuan sekarang kayaknya lebih kepingin terlihat cantik dengan cara yang instan dan bikin sakit, kulit itu harus putih dan glowing, hidung itu harus mancung, dagu itu baru proporsional kalau runcing, bibir itu harus bervolume baru terlihat seksi, akhirnya berubah semua, sampai-sampai saya jadi lupa dengan wajahnya yang asli dan gak mengenali lagi, who is She ? πŸ€”.

Saya salut dengan orang-orang yang jago makeup kayak beauty vlogger atau MUA yang bisa menutupi kekurangan wajah dengan skill dandan yang gak kaleng-kaleng, suka terpana dengan hasil akhirnya. Kalo ini sih saya akui dan acungi jempol, merubah yang biasa jadi terlihat luar biasa.

Sebenarnya menjadi cantik itu hak setiap orang, mau lewat operasi, suntik dan teknik makeup tujuannya supaya terlihat cantik, siapa sih yang gak mau terlihat cantik, sah-sah aja koq.

Tapi definisi cantik sekarang udah mulai bergeser, gak lagi sekedar dandan atau ber makeup, teknologi udah semakin canggih dan siapapun bisa menjadi seperti apa yang dia mau dan nyadar gak sih, semakin banyak orang yang jadi berubah wajahnya tapi mirip-mirip hasilnya, gak perempuan gak lelaki sama aja.

Cantik itu gak musti berkulit putih glowing dan berhidung mancung atau berambut panjang hitam lurus dan ga wajib juga ngikutin trend yang ada karena belom tentu cocok di kita, make up bisa menutupi kekurangan, apa yang sudah ada di tubuh ini apapun warna kulitnya mau hitam, putih, sawo matang, bersyukur aja, yang penting tetap di rawat dan bersih, semua terlihat cantik dengan ciri khasnya masing-masing, harusnya bangga dong, karena wajah kita gak pasaran, setuju ?




Salam

Posting Komentar

48 Komentar

  1. Muka putih leher hitam πŸ˜‚
    Sebenarnya memenatkan kalau hidup ini fokus mau kelihatan cantik menurut acuan media sosial. Biarlah kita menjadi cantik dengan pekerti yang baik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis, kalau mengikuti medsos gak akan ada habisnya, kepingin ini dan itu, memang lebih baik jadi dri sendiri saja apa adanya.

      Hapus
  2. betull.. perlu cantik dalaman juga bukan just luaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya MA, cantik gak hanya yang terlihat, cantik hatinya jugak.

      Hapus
  3. cantik tu subjektif..yang penting hati mau cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis, cantik hati dan perbuatan itu lebih berharga.

      Hapus
  4. Kalo dulu cantik itu A, lalu sekarang B, berarti emang 'cantik' atau 'ganteng' itu berubah sesuai jaman atau trend ya...

    Menurutku ga akan ada habisnya kalo ngikutin terus trend, bahkan cenderung terlihat dangkal kalo merubah bentuk aslinya hanya demi mengikuti trend yg kita tahu timingnya temporary (sedangkan perubahan yg dilakukan bisa jadi bersifat permanen)

    yak betul, bebas aja mau gimana juga, toh wajah mereka sendiri ya. akupun sebetulnya ga pernah komen sih, hanya menyimak dari kegelapan aja, hehehe...

    Kalo menurutku, makin kesini (apalagi dari POV seorang fotografer), ternyata setiap orang itu punya keindahannya tersendiri, bahkan ga mesti cantik secara fisik, karena aku sadar betul, beberapa kali punya temen yg secara fisik biasa aja, tapi ketika tahu karakternya yg bagus, the outside doesnt matter anymore, udah aja keliatan menarik.

    So, buat siapapun yg mungkin ga sengaja baca komen ini. Syukuri apa yang sudah dimiliki. Perbagus apa yang secara alami bisa diperbagus.. misalnya olahraga biar lebih sehat, rawat diri biar bersih, tingkatkan potensi diri biar self esteem naik yg ujung-ujungnya bisa bikin orang lain yg liat kamu jadi... 'kok ni orang biasa aja sebetulnya, tapi menarik aja liatnya'

    hehehe.. sok tahu banget ya si aku :D

    tapi apapun itu, ini cuma pendapatku dari satu sudut pandang aja, semoga bisa diterima :D

    BalasHapus
  5. Iya sih mas, cantik itu memang suka" mereka yang punya duit, tapi kayaknya sayang aja kalo sekedar ikut"an ,bener tuh gak bakalan ada habisnya, karena perubahan itu pasti selalu ada, entah mau di ubah kayak apa lagi.

    Saya juga punya temen, orangnya biasa"aja, tapi anaknya supel dan ringan tangan, pokoknya kalo ada apa" cepet banget mau ngebantu dan solider banget,..itu aja udah nunjukin kalo tingkah laku dan hati yang baik lebih di hargai dari sekedar wajah yang cakep.

    Wah kalo dari kacamata seorang fotografer mah jangan di tanya lagi, mas nya pasti ngerti banget gimana melihat kecantikan seseorang yang punya ke khas-an tersendiri, yang unik, apalagi di tambah supel dan ramah, pasti ok banget ..iya nggak sih.

    BalasHapus
  6. Yg jls bagiku, yg paling cantik itu cm ibuku... dan yg paling ganteng itu ya cm bpkku. Hehehe 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti belom punya cemiwiw ya mas 😁....so sweet banget, yang tercantik dan terganteng ke dua ortu...

      Hapus
  7. Yo creo que la belleza esta en el ojo del espectador. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya cantik itu relatif dan bagaimana cara pandang kita pada seseorang, terimakasih.

      Hapus
  8. for me, beauty is when you can be yourself. zaty sometimes insecure juga because i don't fix the beauty standard at all but lama-lama zaty rasa macam who care kan? we're all pretty just the way we are. so, im not going to be sad and insecure just because some random people told me that kulit putih lagi cantik.

    everyone are pretty in their own way. macam bulan dan bunga, tidak sama langsung tapi tetap kedua-duanya cantik kan! πŸ’‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah betul tu, jadi diri sendiri dan pribadi yang baik, tiap orang itu unik dan punya ciri khas masing-masing yang membuat nya berbeda dan gak perlu ikut dengan standar kecantikan yang harus begini-begitu, karena pastinya lelah , karena selalu berubah-ubah .
      Yups...mawar dan melati itu berbeda, tapi sama" indah 😘.

      Hapus
  9. Jadi inget lagu "Cause you're beautiful, just the way you areee... 🫠" Tapi pas dicari ternyata liriknya ngak kaya gini 🀣. Bukan beautiful, tapi amazing... Lagunya Bruno Mars judulnya lupaaa .. wkwk

    Kalau menurut aku semuanya cantik... dengan cara mereka masing-masing. Beauty Standard tuh Omon-omon sih menurut aku.. Mau putih, cokelat, kuning langsat, sawo matang.. Semua cantikkk 🀩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Bayu, cantik itu kamu apa adanya aja, gak harus jadi atau sama seperti yang lain, cantik sesuai dengan ciri khas masing", perbedaan itu justru terlihat menarikπŸ˜€

      Hapus
  10. hidup lebih tenang dengan menerima setiap kejadian Allah kan... masing2 punya ciri kecantikan tersendiri..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis, bersyukur dengan apa yang sudah Allah beri,siapapun kamu, jadi dirimu sendiri.

      Hapus
  11. perlu cantik luar dan dalam....skarang byk yg fake

    BalasHapus
  12. kalo mengikuti cantik jaman sekarang susah ya mbak, tapi kalo cwe dasarnya udah cantik ga perlu di poles-poles yang aneh-aneh udah keliatan cantik, lebih baik cantik apa adanya daripada ikut gaya kekinian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh mas Khanif, kalo dasarnya udah cantik mah ga di apa"in ga apa, yang penting hati dan tingkah lakunya juga cantik, respect banget.

      Hapus
  13. Lehenya hitam? :D
    Saya tertarik dengan negara nan jauh disana
    melarang warganya menggunakan glowing, ya karena itu lehernya tetap hitam
    Tapi tak apalah ya, jaman selalu berubah, ukuran kecantikan juga ikut berubah

    BalasHapus
  14. Lehernya hitam maksudnya karena yang di makeup/ rawat hanya wajahnya saja gitu mas πŸ˜€...wah negara mana tu ya yang ada melarang untuk glowing, tapi boleh juga biarlah jadi diri sendiri apa yg ada ,gak usah ikut"an.

    BalasHapus
  15. dulu orang tak kisah sangat
    esp warna kulit dengan kecantikan
    sekarang, putih melepak bak mayat hidup itu
    lebih cantik dan menawan...
    waduhhh bangsaku
    kalau lahir sudah sawo matang
    jangan perasan diri kelahiran England
    hahahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha....entahlah kenapa trend kulit putih pucat itu bisa jadi favorit sebagian perempuan, padahal kulit coklat pun tak kalah cantik asal di rawat dan bersih.

      Hapus
    2. tapi bila tanya orang barat
      mereka lebih suka yang berkulit coklat
      no wonder mereka suka berjemur
      di tepi pantai
      nak kulit tanned katanya
      tapi orang kita?
      nak kulit putih
      sampai merosakkan buah pinggang...
      telan macam-macam supplement untuk putih
      akhirnya yang meerana organ dalaman...

      Hapus
    3. Nah itulah...badan sakit karena suntikan pemutih dan obat-obatan pemutih ,apapun di lakukan/ di minum demi mendapatkan warna kulit yang di inginkan sampai mengabaikan kesehatan.

      Hapus
  16. mungkin juga teknologi
    menjadi salah satu punca
    kenapa orang sekarang berlumba-lumba
    mahu kelihatan cantik
    oplas sebagai contoh
    dulu mana ada oplas ubah sana sini
    sekarang, anytime kalau rasa nak ubah hidung
    boleh fly ke korea untuk jadi mancung bak seludang
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kemajuan teknologi salah satu nya yang memudahkan orang" untuk melakukan bedah kecantikan, bisa merubah apa saja yang dia mau yang penting ada uang.

      Hapus
  17. Aku sempet terjebak dengan mindset kalo cantik itu hrs putih. Kulitku sendiri ga putih mba, tapi memang gelap. Sayangnya, aku dulu sekolah di mana cewe2 nya banyak yg putih.

    Jadi kulitku yg gelap biasanya jadi sasaran Mereka buat joking. Ga bermaksud menghina aku tahu, tapi ttp aja yaa dengernya kayak sakit hati πŸ˜”

    Jadi dulu pengeen bgt punya kulit putih.

    Mindsetku JD berubah pas kuliah di Penang. Krn kuliah di kampus swasta, yg mana students nya kebanyakan international. Ada dari Dubai, India, China, Oman, Mongolia, bahkan ada dr Afrika.

    Trus ada satu dosen hukum, orang Malaysia keturunan india, tapi cantiiiiik byangettt. Kulitnya gelap, rambut panjang keriting tapi rapi dan bagus curlynya. Body gitar pula.

    Di situ aku jadi sadar, kalo cantik ga hrs putih. Yg penting terawat. Krn temen2 yg asalnya dari middle east, Afrika, mereka juga ga putih cuma Krn confident, dan kulitnya memang bagus, sehat, ya terlihat cantik.

    Akhirnya aku fokus ke perawatan kulit. Ga lagi ngejar putih, tapi terawat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Entahlah kenapa orang-orang koq kayaknya terobsesi banget biar kulitnya putih, padahal kulit warna kecoklatan juga gak kalah cakep, eksotis gitu kata bule " πŸ˜€.

      Padahal kulit perempuan asli Indonesia itu kecoklatan, gak yang putih-putih banget, kalo ada unsur campuran barangkali memang putih, tapi sebetulnya apapun warna kulitnya kalo menurut aku sih ok"aja koq, sesuai ama asal dia berada, aneh juga kalo misalnya orang Afrika maksain banget kepingin kulitnya putih kinclong, gak banget ya...cantik itu apa yang ada di tubuh kita patut kita syukuri, berbeda itu keren loh...yang penting di rawat dan bersih.

      Hapus
  18. Ini funny...muka putih tapi lehernya hitam. Model ditampilkan semuanya harus putih tapi kalau yang hitam pun cantik juga. Janji sihat, mukanya cukup ada hidungnya, mulut dan mata....kena bersyukur apa yang telah ditakdirkan buat kita. Jadi kita akan bahagia walaupun kulit kita berwarna gelap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak, karena kepingin putih dia lupa untuk merawat lehernya, hanya berfokus pada bagian yang terlihat seperti wajah, akhirnya kulitnya berwarna belang...patutnya kita bersyukur dengan apa yang ada di tubuh kita..semua nya cantik dengan segala perbedaannya.

      Hapus
  19. "... Padahal bule-bule lebih demen warna kulit wanita Asia yang katanya eksotis, artinya sawo matang atau kecoklatan... " Bule sengaja berjemur di pantai demi mendapatkan kulit berwarna coklat. He he...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beneran kan bund...mereka rela berjemur demi mendapatkan kulit kecoklatan,sementara perempuan di sini takut kepanasan dan takut hitam hehehe..

      Hapus
  20. aku jadi flashback ke botol shampoo tahun 90an, waktu aku masih bocah dulu, kayaknya yang jadi model di bungkusnya memang ada yang rambutnya keriting gitu ya. Dibandingkan sama sekarang, malah aku juarang banget nemuin ada botol shampoo yang modelnya rambut keriting
    bener bener berubah

    aku pernah punya pikiran atau kiblat kalo cantik itu putih, langsing, rambut panjang terurai begini begitu, ealahh tiap orang kan punya keunikan masing-masing, tanpa harus jadi kayak orang lain.

    pokoke cantik versi diri kita sendiri, meskipun aku disuruh temenku ke klinik A B C D, tapi aku sudah punya langganan klinik dan dokter kulit sendiri. Ga berani beli krim krim yang dijual online, ada yang 20 ribuan, 30 ribuan, pokoknya aku ga tertarik buat cobain krim begituan
    mending ke dokter kulit kalau aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk...dulu iklan shampoo mana ada yang kriteria rambutnya harus lurus, malahan ada yang ikal dan ngembang gitu ya 😁....itulah seninya

      Iya sih kadang kulit putih itu kenapa jadi kiblatnya wanita", apalagi di Indonesia banyaak banget yang terobsesi kepingin warna kulitnya putih kinclong seperti wanita Korea, padahal bedalah, kulit wanita kita cenderung kecoklatan, menurutku apapun itu warna kulitnya tetap terlihat cantik koq, dengan segala perbedaannya...ada ciri khas masing".

      Iya akupun beli creamnya gak mau yg Abal"atau di luar, udah ada dokter klinik langganan juga, ngeri kalo sembarangan mbk.

      Hapus
  21. Betul sih cantik itu relatif dan subjektif. Yang pasti tidak cantik itu hanya laki-laki. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...tergantung kita memandangnya ya...cantik menurut versinya masing-masing,dan perbedaan itu justru yang menarik.

      Hapus
  22. Haha sekarang cowok cantik juga jadi saingan bagi cewek mba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener juga ya mas ...banyak cowok cantik dan melambai di sekitar kita....hehe

      Hapus
  23. Kalau sudah beristeri...cukuplah menjadi cantik pada mata suami...tidak lebih daripada itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..betul banget tu bang..hanya untuk suami

      Hapus
  24. Terserah aja sih kak ren ya orang mau kriteria cantik itu kayak apa. tapi akan lebih baik kalau kita tetap jadi diri kita sendiri aja, apalagi cantik sangat subjektif hehe.Btw, cantik hati adalah no 1.setuju kan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk...lebih cantik lagi kalau yang di dalam ikut terlihat πŸ‘....iya sih kalo urusan cantik gak pernah usai di bahas, cantik jadi diri sendiri aja..udah paling bener itu.

      Hapus
  25. Jangan pernah cuba memuji cantik nya wanita lain di hadapan isteri sendiri hahaha.. cantik itu sempurnanya di mata suami ..

    BalasHapus