Kulminasi, Hari Tanpa Bayangan


Mreneyoo.com. Kulminasi πŸ€”, hari tanpa bayangan ? Hemm apa maksudnya? Di kutip dari sumber resmi BMKG Lampung, Kulminasi adalah hari tanpa bayangan. Mengapa itu bisa terjadi ? Kulminasi terjadi karena peristiwa alam di mana matahari tepat berada di atas kepala kita pada lokasi tertentu di bumi.

Kebetulan peristiwa kulminasi ini terjadi di beberapa daerah provinsi Lampung mulai dari tanggal 5 sampai 10 Maret 2024 ini dan pada hari ini pukul 12.10.08  wib Bandar Lampung kebagian peristiwa unik tersebut.

Hal ini terjadi pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, terutama pada daerah-daerah yang dekat dengan garis khatulistiwa atau lintang tropis.

Pada saat peristiwa ini terjadi, bayangan benda-benda yang tegak di permukaan bumi akan terlihat sangat pendek bahkan tidak terlihat sama sekali karena posisi matahari yang tepat berada di atas kepala kita.

Kulminasi erat kaitannya dengan gerak semu matahari yang biasa di kenal dengan gerak revolusi bumi terhadap matahari yang berlangsung selama 365 hari.

Di Lampung sendiri peristiwa kulminasi ini terjadi dua kali dalam setahun tepatnya di bulan Oktober dan Maret karena saat itu matahari tepat berada di garis ekuator.


12.10 wib

12.11 wib


Berhubung saya belum pernah mengalami peristiwa unik ini, maka saya mengabadikan momen yang jarang saya lihat ini pada sebuah foto, yang penting pas saat terjadinya peristiwa kulminasi cuaca lagi cerah dan gak hujan.

Tapi mohon maaf kalau hasil fotonya begini dan dan apa memang seperti ini hasilnya πŸ˜€gak terlihat bayangan saya dalam posisi tegak .

Biasanya saya paling males keluar kalo cuaca lagi panas terik, enakan ngadem di ruangan, tapi karena ini peristiwa yang jarang saya temui, kayaknya memang pas buat di abadikan mungkin sekali dalam hidup.

Gak seperti kamu yang selalu membayangi hari-hari dan menjadi mimpi buruk dalam hidupku...huss..huss...pergi jauh !! Bercandaaa.

Jadi sudah pada paham kan apa itu kulminasi ? Kalo belum paham, di baca ulang lagi yah, biar gak bingung 😁.




Salam

Posting Komentar

30 Komentar

  1. Pemerhatian yang menarik.
    Saya sendiri belum pernah melakukan eksperimen pada hari tanpa bayang.

    Di sebahagian Malaysia InsyaAllah sekitar 27-28 hb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..tadi saya iseng saja dan ternyata tak nampak bayangan saya di depan atau samping πŸ˜€

      Hapus
  2. Kalo kulminasi belum pernah memperhatikan, tapi kalo gerhana matahari sering disengajakan menyaksikan hehe. Dan kayaknya kalau kulminasi itu kontrol keberadaannya agak susah, sebab harus membandingkan dengan hari-hari ketika enggak ada kulminasi. Kalau gerhana matahari tampak jelas peristiwanya, matahari segede gaban, ketutupan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya justru jarang sekali melihat gerhana matahari langsung mas ,selalu kelewat, cuman agak gelep aja apa yaπŸ˜€padahal keduanya sama"fenomena yang luar biasa...tadi saya iseng aja....tapi memang bener sih gak ada bayangan di depan apa di samping saya pas kejadian berlangsung...nah tadi pas jam 2 saya iseng ke teras..ternyata di samping saya ada bayangan saya sendiri 😁

      Hapus
  3. pernah dengar tentang hari tanpa bayang ni but never experience it. but it sounds so astounding. the universe is so amazing !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini fenomena alam yang terjadi hanya sekali atau dua kali dalam setahun, dan biasanya saat tepat di garis ekuator.

      Hapus
  4. Muy interesante. Me gusto aprender mΓ‘s. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya...ini memang sesuatu yang cukup menarik untuk menambah wawasan kita.

      Hapus
  5. Puas memikirkan gambar yang dikongsi itu. Rupanya gambar ke bawah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang...gak ada bayangan saya sendiri di depan atau samping

      Hapus
  6. Menarik sekali. Jakarta kenanya tanggal berapa ya? Ingin melihat juga perbedaannya. Pemerhati yang teliti sekali mbaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo gak salah udah lewat mbk Jakarta..tagl 4 Maret kemaren..itu juga Jakarta pusat aja.

      Hapus
  7. Baru tahu hari tanpa bayangan atau kulminasi. Itu beneran jam 12.10 gak ada bayangan nya mbak kecuali bayangan mantan eh.πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...akupun taunya karna baca di BMKG ..Bayangan mantan mau di tampol krna ngikut melulu 😁

      Hapus
  8. Apakah di jakarta juga begitu ya
    saya kok kurang memperhatikannya
    mau saya cek ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jakarta udah lewat mas tgl 4 Maret kemarin...itu juga hanya Jakpus aja yg kena

      Hapus
  9. menarik!
    tapiiii
    saya nampak bayang-bayang tu?
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya nampak terlihat..tapi tak da bayangan saya di samping atau depan...biasanya kalau kita berdiri tampak bayangan kita di depan atau samping..dalam posisi tegak ya

      Hapus
    2. Benda yang tegak lurus...

      Hapus
    3. ya ya tahu
      maksud saya, bayang tetap ada
      cuma tak seperti yang kita selalu nampak
      ;-)

      Hapus
    4. Yuups....betul sekali πŸ‘

      Hapus
  10. berapa suhu di sana sekarang?
    di sini pada waktu siang, ada kala terlalu panas
    tapi waktu malam
    panasnyaaaaa tak boleh tahan!

    BalasHapus
  11. wah pengetahuan baru ni, saya baru tau kalo ternyata ada hari tanpa bayangan, tapi sayangnya di daerah saya tidak dilewati fenomena ini, jadi penasaran pengin ngeliat langsung, mungkin lain kali ada kesempatan buat menyaksikkannya sendiri ya mbak, ngomong-ngomong kalau hari tanpa bayangan itu namanya kan kulminasi, kalau hari tanpa bayangan mantan apa ya? hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mudah-mudah lain waktu lewat di daerah mas nya...sayapun taunya karena lihat postingan Ig BMKG...jadi langsung coba...
      Kalau hari tanpa bayangan itu kulminasi,kalau hari tanpa bayangan mantan namanya dia ku eliminasi.. wkwkkk

      Hapus
  12. Daerah Jawa tengah kapan ada hari kulminasi ya mbak? Pengin juga foto seperti ini.πŸ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Daerah Jawa tengah sudah lewat pada tgl 29 Febuari sampai 2 Maret yang lalu mbk/mas.,itupun hanya Semarang dan Jogyakarta saja.

      Hapus
  13. pernah denger soal hari tanpa bayangan, tapi malah nggak merhatiin sama sekali kapan terjadinya. Kayaknya kalaupun terjadi, orang orang di kotaku kok pada anteng gitu, kecuali pas gerhana yang agak heboh warganya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun taunya karena BMKG mbk..aku follow akunnya,jadi tau pas ada hari tanpa bayangan, kebetulan lewat di Bandar Lampung πŸ˜€trus iseng foot deh wkwkkk

      Hapus