Menu Puasa, Orek Teri Tempe, Tumis Kangkung & Es Timun Suri


Mreneyoo.com. Pagi ini sebetulnya belum ada draft tulisan sama sekali, belum juga kepikiran mau posting apaan karena ide nulis juga lagi buntu, maklumlah lagi tanggung bulan...eh salah ya 😁 . Akhirnya yang paling praktis apalagi kalo bukan menulis menu atau lauk puasa aja, udah itulah jalan ninja ku kalo lagi bingung wkwkk.

Berhubung di hp juga udah ada beberapa foto masakan yang sempat saya fotoin waktu masak kemarin sore, tapi harap maklum kalo motonya juga gak bagus-bagus amat, apalagi estetique 🀭. Dah ah kebanyakan songeh, markijut, mari kita lanjut.

Minggu pagi saya udah beli beberapa sayuran dan sedikit lauk-pauk supaya selama puasa gak bingung masak apa buat menu makannya, walau gak jauh beda dari hari-hari biasa, minimal saya gak bingung karena udah ada stok sayuran di rumah.

Orek Teri Tempe, bahannya :

* 1 ons ikan teri kering.

* Tempe 1-1/2 bungkus ukuran sedang.

* Kecap manis.

* Garam secukupnya.

* Gula pasir secukupnya.

* Bawang merah 5 siung.

* Bawang putih 2 siung.

* Tomat 1 buah ukuran sedang.

* Cabai merah 10 buah + sedikit cabe rawit.

* Minyak goreng + sedikit air.

Cara membuat :



Bersihkan ikan teri, buang kepalanya, cuci bersih dan tiriskan. Iris tempe tipis kecil atau dadu kecil, lalu goreng tempe sampai kering, tiriskan, goreng juga ikan terinya sampai garing dan tiriskan.

Persiapkan semua bumbu dan ulek atau blender aja kalo gak mau capek, maklum kalo lagi puasa suka lemes 😁 jadi saya milih pake blender aja biar cepet.

Tumis bumbu dengan minyak sampai harum, tambahkan sedikit saja air, lalu masukkan garam, gula dan kecap manisnya, jika bumbu sudah mulai kental, masukkan tempe dan teri tadi dan aduk sampai rata, kalo udah rata segera matikan apinya dan sajikan di piring, lalu makan....eeh ntar belom bukaa..sabaaar Mak 😁, berchandaaa.



Menu kedua saya adalah tumis kangkung, tapi ya udahlah, tumis kangkung mah kan gak ribet dan cepet, jadi gak perlu di tulis caranya, emak-emak pasti udah lebih ekspert dari saya, aah cuman tumis kangkung doank mah gampiil.

Sebetulnya sore kemarin saya juga buat es timun suri dan puding agar-agar, pudingnya belum empuk, kira-kira ada yang udah bikin belom ? Ada yang suka gak dengan buah ini, kebetulan saya beli di pasar waktu hari Minggu, sekalian beli sayuran.




Ada embah-embah, nawarin timun surinya, sepuluh ribu isi lima buah, cukup murah, tapi buahnya gak terlalu besar, tapi udah mateng dan bagus, saye suke-saye suke πŸ‘.

Tapi saya gak pakai sirop buat kuahnya, saya seringnya rebus air pakai gula aren, lebih harum aja dan nikmat, udah beres potong-potong buahnya langsung saya simpen dan rebusan air gula aren-nya juga saya simpen dulu di lemari es supaya dingin, tapi kalo mau yang praktis ya cukup pakai sirop untuk kuahnya, sambil nunggu bedug magrib tiba, urusan dapur juga udah selesai, saya senengnya nyantai sambil mantengin layar tv.... Allahu Akbar...eh azan magrib udah bunyi....yuk buka puasa dulu....πŸ™





Salam 



Posting Komentar

38 Komentar

  1. dapat makan tumis kangsung
    dan sambal pun dah cukup mreneyoo
    bertambah-tambah nasi
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis Anies...memang gak banyak macam menunya,takut mubazir ..kan sayang😁

      Hapus
  2. mana dapat timun suri tu?
    ada orang jual ke?
    berapa Rp untuk 1 kg timun suri?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sini kebetulan banyak yg jual timun suri, harga nya gak mahal juga,biasanya perkilo isi dua untuk ukuran sedang, kisaran 10-12 ribu, harga per buah tergantung ukuran juga ada yg 5 ribu/ bh.

      Hapus
  3. Siang siang lihat makanan jadi pengin makan padahal lagi puasa.πŸ˜‚

    BalasHapus
  4. Salam perkenalan,

    Kangkung tu kegemaran anak-anak saya. Tempe pula favourite saya. Timun suri, saya tak pernah cuba lagi ☺️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..sama"sis...πŸ™ masak kangkung menu yg praktis saja...timun suri kebetulan banyak yang jual di sini.

      Hapus
  5. kalau kat malaysia timun suri tue macam timun betik . dimakan dengan air gula macam tu juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang enak pakai air gula merah/aren..lebih harum ...mumpung lagi musimnya.

      Hapus
  6. bulan puasa ni kan, majority kita menulis tentang menu berbuka.. meriah dengan pelbagai juadah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sis...masakan menu puasa adalah paling pas buat postingan dengan berbagai macam hidangan.

      Hapus
  7. Se ven muy ricas, te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ini menu saat Ramadhan,saat ini negara kami sedang menjalankannya.

      Hapus
  8. tumis kangkung kesukaanku nih mbak, suka kalo lebih asin-asin gitu :D

    BalasHapus
  9. Itu timun suri ya, aku kira itu mangga kuning, kok besar amat batinku.🀦

    BalasHapus
    Balasan
    1. Timun suri mas Agus, ada yg lebih gede lagi,ini sih termasuk kecil, tapi udah mateng ini.

      Hapus
    2. Iya, kalo timun suri mah gede-gede, pernah beli yang beratnya 3 kg mbak. Sehari juga ga habis buat besok lagi.

      Hapus
  10. Ya ampuuuun timun suri, buah yg hanya muncul saat ramadhan ya Mbaaa πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜„πŸ˜. Dulu di Aceh juga ga afdhol kalo buka puasa tanpa sirup timun suri. Katanya juga bagus buat panas dalam. Akh blm ada beli ramadhan kali ini. Males keluar mba. Selalunya banyakn beli sih, tp gofood πŸ˜„.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..adanya hanya saat bulan puasa aja..kebetulan emng banyak banget yg jualan...jadi beli aja,harganya juga murce dan enak..seger kalo buat minuman...gampang juga buatnya gak harus nyiapin macem" bahan πŸ˜πŸ‘

      Hapus
  11. Sedap, berselera makannya 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis....enak dan gampang buatnyaπŸ˜€πŸ‘

      Hapus
  12. nampak macam simple tapi menyeletakan juga tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masak simpel aja bang..banyak"nanti mubazir...maklum puasa kadang suka khilaf, lapar perut dan lapar mata.. hehe

      Hapus
  13. Timun Suri saya tak pernah makan. Saya buat carian, di sini dikenali juga sebagai timun betik. Teringin jugak nak mencuba. Nampaknya sejenis hasil tanaman yang tak banyak dijual.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin sama saja sis,hanya beda nama😁saya liat gambar timun betik di google pun sama persis..biasanya memang hanya ada di bulan ramadhan saja.

      Hapus
  14. sedapnyeee tengokkk !! selamat berpuasaa yaaa !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuman masakan rumahan sederhana aja...buat yg mudah aja😁

      Hapus
  15. dari beberapa menu di atas, orek tempe yang selalu jadi favorit saya, nggak tau kenapa dari waktu kecil selalu seneng kalo dimasakin itu sama almh. ibu, kalo lagi ada di rantau & pas mau makan di warung ada menu orek tempe, pasti selalu jadi salah satu pilihannya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Orek tempe kayaknya menu sederhana sejuta umat ya...bahan sederhana rasa enak.. buat nya juga gampang,apalagi saat puasa cari masakan yg praktis"aja ngolahnya.

      Hapus
  16. Ah, es timun suri... tak pernah ketinggalan itu.. selalu ada di saat berbuka puasa.. πŸ˜‰

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan...emang timun suri pas buat buka puasa..segeerπŸ‘

      Hapus
  17. rajin sungguh sis masak.. ldy dah dua hari x masak.. rasa malas yg terlampau apabila masak, tetapi makanannya tak habis.. maka mood masak jadi kelaut dalam sudah.. beli aja .. masak dpt penat shj bila makanannye terpaksa dibuang..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya dalam seminggu saya hanya masak lima hari saja dan hari Sabtu dan Minggu kadang beli saja, lelah juga sis kalau masak tiap hari dan agak repot πŸ˜€.

      Hapus
  18. Orek Tempe tu kelihatan sedap bangat.. nanti kalau ke indonesia mau di cari ..

    BalasHapus