Ramadhan


Mreneyoo.com. Malam tadi saya lagi menunggu berita di tv kapan di tetapkan-nya ramadhan, walau dari Muhammadiyah mereka sudah menetapkan kapan puasa, tapi sebagai orang yang selalu menunggu keputusan pemerintah, maka saya ikutan menonton sidang isbat kapan di mulainya hari pertama puasa, kurang afdol rasanya kalau gak menunggu keputusan.

Perbedaan kapan di mulainya hari pertama ramadhan sudah biasa, jadi sebetulnya enggak masalah juga sih, tapi karena setiap tahun saya dan keluarga selalu ikut pengumuman pemerintah, perbedaan itu baiknya di sikapi dengan saling menghormati.

Karenanya saya dan keluarga pun setia menunggu kepastian si hilal yang masih belum menampakkan dirinya .

Kalau si dia sudah jelas terlihat di beberapa tempat, dan hasil sidang isbat bilang iya, berarti tau kapan mulai puasanya, kalau belum berarti mungkin besoknya lagi.

Bulan Ramadhan memang beda, suasana yang meriah di sana-sini tapi berkesan syahdu, itu sih yang saya rasakan, susah menggambarkannya, tapi saya yakin, kalau kalian yang selalu menunggu-nunggu bulan puasa pasti tau gimana rasanya.

Puasa tahun ini adalah untuk kedua kalinya saya tak merasakannya lagi bersama almarhumah ibuk, hampir dua tahun yang lalu ibuk telah berpulang.

Pada lebaran dua tahun yang lalu kalau tak salah pada hari lebaran ke tiga, ibuk kembali masuk ke rumah sakit entah untuk ke berapa kalinya sampai akhirnya dua bulan setelah hari raya Idul Fitri 2022 yang lalu ibuk pun menghembuskan nafas terakhirnya.

Biasanya semasa ibuk masih sehat, sebelum waktu saur tiba dia rajin telfon saya, nanyain.....udah saur belum...Sekarang ibu sudah tenang di sana, gak ada lagi dering telepon rumah yang menanyakan keberadaan anak dan cucunya kala saur tiba, kalau ingat itu jadi agak melow.

Nanti sore saya sempatkan ziarah ke makam ibuk dan nenek, mereka berdua sudah tenang di sana. Beruntung kalian yang masih punya kedua orang tua yang masih lengkap, ada yang senantiasa membangunkan kalian saat saur, sementara ibuk dengan mata masih sepet berusaha untuk bangun duluan mempersiapkan menu sahur, sementara yang di bangunin kadang ogah-ogahan dan terus melanjutkan tidur:D

Mudah-mudahan puasa tahun ini berjalan dengan lancar, di beri kesehatan lahir dan batin dan bisa kembali menjalani ramadhan lagi untuk tahun-tahun mendatang..amiin ๐Ÿคฒ.

Alhamdullilah penentuan sidang isbat semalam sudah menetapkan jika puasa ramadhan tahun ini jatuh pada hari Selasa 12 Maret 2024.

Selamat menjalankan ibadah puasa 1445 H, mohon maaf lahir dan batin ๐Ÿ™.




Salam

Posting Komentar

56 Komentar

  1. Amin ya Rabb. Lancar-lancar puasa tahun ini dan dapat hikmahnya.
    Saya dan keluarga juga yang ikut pemerintah, jadi per hari ini masih boleh makan-makan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin....bisa berpuasa dengan khusyu...iya ikut pemerintah aja mas dari dulu, sekarang puas"in dulu :D

      Hapus
  2. Saya puasa mulai besok juga Mbak.
    Selamat menjalankan ibadah puasa ya Mbak. Mohon maaf lahir dan batin.

    Kalau Mbak terkenang alm ibu yang sudah 2 tahun meninggal, saya terkenang alm bapak yang sudah 3 tahun meninggal. Mengenang yang sudah tiada, hanya bisa berkirim doa ya Mbak buat mereka yang sudah mendahului kita.

    Al Fatihah untuk ibunya Mbak.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak... kebetulan semalam nunggu hasil sidang isbatnya.

      puasa dua tahun kebelakang sudah gak ada orang tua lagi,terutama ibuk..hanya bisa mengenang saja.... terimakasih pak๐Ÿ™

      Hapus
  3. Semoga almarhumah ibuk dilapangkan kuburnya, diampuni dosanya, ditempatkan di tempat mulia.

    Semoga puasanya lancar ya kak. Dan sehat selalu. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiiin...๐Ÿคฒ Makasih mabk Keza๐Ÿ™sama"yaa..

      Hapus
  4. Punya keluarga yang saling memberikan kasih sayang dan saling memberikan semangat adalah suatu hal yang luar biasa
    selamat menyambut ramadan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...sama"...selamat menjalankan ramadhan.

      Hapus
  5. Rasa sebak sangat.. ya Allah, terima kasih Engkau panjangkan usia kami kepada RamadhanMu. Suatu rasa sayu + bahagia + berterima kasih..

    BalasHapus
  6. Iya sis...perasaan campur aduk..sedih..bahagia...semoga puasa kita semua di lancarkan sampai ujung hari..amiin

    BalasHapus
  7. Salam Ramadan Al Kareem buat Heni sekeluarga.
    Selamat menjalani ibadah puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Amie..selamat menjalankan ibadah puasa juga kak... terimakasih ๐Ÿ™

      Hapus
  8. Semoga Almarhumah Ibunya Mba Heni diampuni dosa-dosanya dan dilapangkan kuburnya, Amiin. Pantesan Mba Heni kemaren itu sempet berhenti ngeblog yah. Menghilang aja. Oh ya, Selamat menjalankan ibadah puasa 1445 H juga Mba, mohon maaf lahir dan batin yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin..makasih ya mabk๐Ÿ™..sama-sama ya mbk...mohon maaf lahir dan batin, selamat menjalankan ibadah puasa juga๐Ÿ˜Š๐Ÿ™

      Hapus
  9. Sama seperti di Malaysia. Puasa mula 3 Mac. Selamat berpuasa, Mreneyoo.
    Memang sayu di bulan ramadhan, lagi jika orang tua kita sudah tiada.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..beda rasanya sudah gak ada orang tua lagi, selamat menjalankan ibadah puasa juga buat keluarganya.

      Hapus
  10. Saya juga puasa ikut pemerintah mbak, jadi hari ini baru mulai puasa.
    Semoga almarhumah ibu mendapat tempat terbaik di sisi Allah SWT ya mbak.
    Selamat menjalankan puasa sekeluarga ya mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biar lebih afdol aja sih kalo nunggu pengumuman, ๐Ÿ˜€...amiin...makasih mas ...sama"selamat menjalankan ibadah puasa juga ya buat keluarganya .

      Hapus
  11. Sana sini puasa jari Selasa.
    Selamat berpuasa Mreneyoo.

    BalasHapus
  12. sama juga kat sini
    sebelum jam 8pm masing2 tunggu depan TV
    nantikan pengumuman puasa walaupun dah tahu tarikhnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biar afdol aja kalo sambil menunggu pengumuman di tv.

      Hapus
  13. selamat berpuasa utk mreneyoo sekeluarga...๐Ÿ˜€

    BalasHapus
  14. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan juga mbak Heni. Aku juga puasa ikut keputusan pemerintah.๐Ÿ˜ƒ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Agus...sama"...salam ramadhan.

      Hapus
    2. Tapi kalo lebarannya Muhammadiyah lebih awal, boleh tidak ya ikutan Muhammadiyah sementara puasanya ikut pemerintah? ๐Ÿค”

      Biar puasanya dikit.๐Ÿ˜†

      Hapus
    3. Ih itu mh ga mau rugi namanya ๐Ÿ˜

      Hapus
  15. Ramadan selalu menjadi momen untuk berkumpul dengan keluarga. Apalagi kalau pernah sekolah dan kuliah di perantauan. Momen ramadan dan lebaran selalu dirindukan untuk berkumpul dengan keluarga.

    Semoga ibunya diterima di sisi-Nya.
    Sama, saya juga sudah setahun lebih ditinggal alm ayah. Selalu rindu kalau salat subuh berjamaah atau salat magrib berjamaah dengan alm ayah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas...kalo berkumpul tuh rasanya suasana jadi lebih hangat, dan meriah, kalo bisa sampai bela"datang dari jauh untuk bisa ngumpul,.momen setahun sekali ini.

      Iya mas..
      Makasiiih ya...ada yang kurang aja rasanya gak ada yang biasanya jadi panutan.

      Hapus
  16. Espero que todo vaya bien. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih ๐Ÿ˜Š๐Ÿ™...terimaksih juga sudah berkunjung,

      Hapus
  17. jadi teringat juga sama almh. ibu terutama sewaktu sahur dulu, kala alarm tak lagi mempan, almh. ibu yang selalu membangunkan, btw lancar-lancar puasa dan ibadahnya ya mbak, semoga ramadhan tahun ini benar-benar bisa kita menangkan, amin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas....dulu jaman masih remaja juga begitu,selalu di bangunkan pas mau saur ..sekarang pakai alarm dan dengar dari speaker masjid .....amiin...makasih yaa๐Ÿ™.

      Hapus
  18. seamat menunaikan ibadah puasa mbak, gw meski gak mantengin tivi tau kalo puasanya pasti jatuh hari selalsa hihihi, semoga nanti puasanya lancar sampai full :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama-sama mas Khanif .selamat menjalankan ibadah puasa juga....kan yang satu udah maju sehari duluan,..ya yang satu lagi hari selasalah ๐Ÿ˜€

      Hapus
  19. Setiap puasa, setiap lebaran selalu punya ceritanya masing-masing. Itu sih yang selalu aku pegang dan ingat-ingat terus. Jadi ya nikmati dan syukuri momen-momen tersebut.

    Aku juga ikut himbauan dari pemerintah. Puasa hari pertama dan kedua diwarnai dengan turun hujan ketika sahur berlanjut hingga pagi hari. Beberapa hari ini seharian mendung terus.

    BalasHapus
  20. Iya mas..cerita yang selalu di kenang, susah, sedih dan senang di nikmati saja.

    Di sinipun hujan lebat, bahkan semalam hujan deras dan pagi ini angin kencang, lumayan adem.

    BalasHapus
  21. Selamat menunaikan ibadah puasa kak mreneyo. Alfatihah untuk ibunya kakak...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya....sama"juga ya .....makasiii๐Ÿ™

      Hapus
  22. Salam ramadan dan selamat berpuasa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Wak.. sama-sama, terimakasih ๐Ÿ™

      Hapus
  23. Selamat berpuasa dan ibadah2 lainnya. Ternyata perasaan akan sentiasa terkenang Ramadan2 lalu. Banyak peristiwa dalam bulan Ramadan akan segar dalam ingatan mungkin kerana otak kita lebih mudah merakam memori saat kita berpuasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama bang, selamat menjalankan ibadah puasa juga,..memang ramadhan ni banyak momen berharga dan ada beberapa yg masih selalu melekat dalam ingatan.

      Hapus
  24. salam ramadhan...selamat berrpuasa

    BalasHapus
  25. Balasan
    1. Iya... sama-sama....selamat berpuasa ya...

      Hapus
  26. Salam Ramadan Mubarak. Semoga kita diberkati

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. sama-sama..salam ramadhan ๐Ÿ™

      Hapus
  27. Selamat menjalani ibadah puasa . Salam ramadan CCL ucapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama sis...selamat menjalankan ibadah puasa juga๐Ÿ™

      Hapus
  28. Aku juga selalu nunggu pemerintah mba. Tapi keluargaku Muhammadiyah dari dulu ๐Ÿ˜„. Kayaknya sejak nikah aku jadi ikut pemerintah ajalah. Untungnya ini ga merusak hubungan Ama keluarga. Mereka jga paham soal begini. Yg penting ttp puasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk..karena dari dulu jaman masih gadis emng selalu nunggu pengumuman di tv jadi sampe sekarang keterusan,rasanya ga afdol aja.๐Ÿ˜..beda hari gak masalah sebetulnya...yg penting kan niatnya ibadah bukan soal siapa maju duluan apa belakangan.

      Hapus