Belajar Gak Terlalu Ngoyo


Mreneyoo.com. Saya termasuk tipe orang yang mood-mood-an, alias angin-anginan. Suka penasaran pada sesuatu hal baru tapi pas di tengah jalan kadang mandeg karena sesuatu dan lain hal.

Kepingin banget bisa konsisten terhadap sesuatu, tapi saya suka gak betahan, jadinya gak pernah tuntas sampai ujung, belum terlihat ujungnya sudah keburu mandeg di tengah jalan, karena di belakang banyak ninu-ninunya . 

Tapi apa yang saya tulis di bawah ini agak sedikit keluar dari yang saya bahas di atas, yang di awal tadi sekedar mukadimah pembukaan uud-nya aja, rasanya postingan saya akhir-akhir ini kebanyakan makan dan jalan, udah cukup lama gak ber-cuitan.

Belakangan ini saya sedang ada gawean mengerjakan sesuatu, adalah pokoknya, awalnya karena saya memang penasaran dan masih awam juga iya, masih newbie katanya, ilmu belum seberapa tapi gak tau diri hehe, saking penasaran dan sibuk nya saya sampe lupa waktu karena terlalu fokus dan gak sadar diri kalau usia makin terus beranjak, tapi merasa masih abegeh😩.

Ternyata apa yang saya liat dan kerjakan tak semudah itu Bu Joko, langit tak selamanya berwarna indah seperti pelangi, iya saya tau namanya mencoba sesuatu yang asing dan baru itu butuh effort dan skill. 

Sementara skill saya sekedar melaku sikil dan alon-alon asal kelakon, sedang yang di kerjakan butuh kecepatan bagai kuda berlari dan keterampilan yang handal, dari situ aja udah gak cucok sebetulnya, saya yang terbiasa dengan ritme yang pelan tapi pasti harus bergegas dengan waktu dan pada akhirnya tumbang..hiiks.

Gak perlu saya ceritakan apa yang sudah saya lakukan belakangan, saya belum banyak ilmunya dan belum terbiasa memanfaatkan peluang dan waktu, akhirnya waktu ngeblog saya justru terkalahkan dengan kegiatan saya yang baru ini, saya gak punya draft sama sekali, biasanya masih adalah dua atau tiga draft, tapi belakangan ini kosong melompong.

Waktu saya banyak habis tersita, untungnya belom banyak yang saya buat, baru beberapa saja yang sudah jadi dan sudah saya selesai kan, itupun belum jelas gimana nantinya dan akhirnya saya kelimpungan.

Ngomong ini itu memang gampang, tapi prakteknya gak semudah di lapangan, masalah keterbatasan dan waktu juga jadi pemicunya, kalau ke-tidak tahu-an masih bisa di pelajari, sambil berjalan bisa belajar.

Masalahnya karena ujung-ujungnya waktu saya jadi tersita dan capek sendiri, malem tidur selalu telat dan tidurpun gak nyenyak karena selalu kepikiran, pagi bangun bukannya fresh malahan jadi loyo dan ribet sendiri, pagi-pagi udah kembali sibuk melakukan kerjaan baru saya itu, jadi berasa kayak di kejar-kejar waktu.

Udahlah dan akhirnya setelah bulak balik dengan pertimbangan yang matang saya stop dan berupaya rehat sejenak dan gak terlalu ngoyo lagi..ah cemen Lo !! Bodo ah, bukan saja waktu istirahat jadi terganggu, ngeblog saya sempat mandeg dan kerjaan di rumah jadi ikut keteteran, bahkan saya jadi sering sakit kepala dan badan gak fit karena banyak yang saya pikirkan, ngapain dapet duit kalo cuman buat beli obat.

Memang gak seharusnya membanding-bandingkan pencapaian orang-orang dengan diri sendiri, koq mereka bisa kenapa saya enggak, kalo di pikirin lagi tambah mumet, lagian saya bukan robot, robot aja bisa koslet kalo udah di pake kelewatan.

Manusia itu kalo ngomongin masalah kebutuhan hidup dan kesenangan duniawi sepertinya gak akan pernah ada habisnya, selalu gak cukup, di kasih banyak koq kurang terus, sudah dapet banyak gak pernah puas.

Kalau memang rezeki gak akan kemana, bukan saya gak mau berusaha dengan gigih, Allah sudah atur segalanya, tinggal gimana kita bersyukur aja dan gak kemaruk, ada yang lebih penting dari ke-ngoyo-an saya itu, kesehatan dan ketenangan batin, bisa berkumpul dengan orang-orang terdekat rasanya jauh lebih berharga. 

Rezeki memang harus di jemput tapi gak perlu ngoyo dan maksa diri, sehat itu jauh lebih penting, bisa ada waktu buat keluarga luar biasa bahagianya, jadi akhirnya dengan rasa ikhlas, kerjaan yang banyak menyita waktu dan pikiran itu saya stop sementara, rasanya hati jauh lebih plong, kepala saya udah gak seringkali puyeng lagi, gak bentar bentar minum obat sakit kepala dan lambung melulu, hidup itu apa sih yang di cari selain ketenangan batin.

Sehat dan bersyukur dengan apa yang sudah ada, bisa terus ada sampai sejauh ini dan di kasih nikmat oleh Allah itu sesuatu yang luar biasa banget.




Salam

Posting Komentar

41 Komentar

  1. ye benar...
    kesihatan fizikal dan mental lebih penting...duit juga penting...tapi, ngak perlu hingga abaikan kesihatan sendiri...lagi pun, bila kita sakit, kita juga yang harus menanggung nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sih..walau duit itu di kejar tapi gak usah lupa diri,sehat itu suatu rahmat yang luar biasa, sakit menyusahkan diri dan orang serumah😩.

      Hapus
  2. jika x sesuai dengan diri jangan dipaksakan diri.. kadang2 kita jangan terlalu mengejar.. ini ldy belajar skrg sb dlu ldy terlalu mengejar.. khdpn sgt stress, ank2 terabai.. diri sendiri pun terabai.. jika kita cukup makan pakai ank2 sihat.. boleh belajar.. boleh menulis dgn baik (petanda hati gembira).. just lalui shj kehidupan kita seadanya.. hargai apa yg kite telah ada.. tanpa fikirkan apa yg tidak kita punya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah sis..kadang maksa diri,kenapa orang lain bisa,saya koq enggak,dan akhirnya tumbang, harta memang di cari tapi kesehatan batin dan fisik juga sangatlah penting.

      Hapus
  3. Begitulah yang sebaiknya, kita utamakan apa yang paling utama di dalam hidup.

    Apa pun, pekerjaan yang sudah dilakukan itu pasti memberi pengalaman baru dan menambah pengetahuan. Tak sia-sia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...bisa jadi pelajaran yang berharga banget,kedepannya supaya gak lalai dengan kesehatan dan gak usah terlalu mengejar sesuatu dengan berlebihan.

      Hapus
  4. Bila belajar sesuatu yg baru, memang terasa rumit di awal2 tapi lama-kelamaan jika ada kemahuan pasti semakin mudah. Bagi saya, belajar untuk berehat bukan berhenti, sebab sesuatu yg kita benar2 mahukan jika kita usaha tanpa jemu pasti hasilnya akan menjadi hebat dan manis. Usaha dan maju terus ya, Mreneyoo!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya memang iya, sayapun berehat sejenak sementara ini, tunggu situasi dan kondisi yg memungkinkan,apapun itu bisa jadi pengalaman yang sangat berharga,awalnya mungkin pahit kedepan semoga manis,makasih kaak 🙏

      Hapus
  5. Meski usia makin menanjak, semangat masih membara seperti abegeh...

    Setuju banget dengan paragraf penutup..harus selalu bersyukur dan tetap berusaha menjemput rezeki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...semangat masih membara,tapi tubuh sudah memberi tanda hehehe..

      sepatutnya memang begitu,rezeki harus di jemput dan di syukuri berapapun yang di kasih Allah.

      Hapus
  6. Apabila bersyukur in sha Allah nikmat akan bertambah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin..iya bang..semoga saya gak lalai lagi.

      Hapus
  7. Profunda reflexion. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis....semoga bisa jadi pelajaran berharga, terimakasih sudah membaca.

      Hapus
  8. ada sesetengah perkara kita perlu paksakan diri. macam nak buat ibadah wajib. tapi ada perkara... kalau kita paksakan diri, end up kita akan rasa menyesal dan tak ikhlas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sis...kadang sebagai manusia biasa sayapun masih suka khilaf dan tak ukur kemampuan diri.

      Hapus
  9. apa-apa pun kita kembali ke asal... bersyukur seadanya... ada hati rasa lapang dan fikiran jadi lebih tenang....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup..jauh lebih penting kesehatan fisik dan batin.

      Hapus
  10. Tahu kapan merasa cukup adalah kunci hidup tenang. Punya ambisi itu penting, punya mimpi tinggi juga penting, tapi yang lebih penting tentu saja tahu kemampuan kita. Kalau tidak mampu, ya balik lagi ke tahu kapan harus merasa cukup.

    Mbak, sing utama itu sehat. Kalo mengejar keinginan pasti enggak ada habisnya. Kemarin-kemarin jadi pelajaran aja Mbak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...itulah..kadang mekso dan suka gak sadar diri, kepinginnya mengejar sesuatu sampai lupa diri dan akhirnya ya begitulah...

      Bener mas.. Kalau belum kepentok manusia itu suka belum sadar diri, masih ngoyo aja, gitupun saya.

      Hapus
  11. Saya juga ada fikir benda yang sama. Tapi saya tidak proceed, kerana rasa sudah cukup. Kesihatan diri, dan ketenangan itu, lebih penting bagi saya. Apa pun, semoga Mreneyoo baik-baik saja. Kalau letih, rest dulu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..untuk saat ini saya memang memutuskan buat rehat dulu, sehat fisik dan mental itu jauh lebih penting dari segalanya.

      Hapus
  12. Kalau sudah menjadi hoby dan kesenangan
    Akan lupa waktu dan tenaga
    pekerjaan jika belum selesai, rasanya kurang tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...betul sih kalau belum selesai rasanya seperti masih punya hutang...

      Hapus
  13. setuju Kak Heni! terlepas dari semuanya, kesehatan itu lebih penting dan waktu dengan keluargapun juga sama pentingnya. jangan sampai ngejar uang malah jadi keteteran semuanya apalagi sampai jatuh sakit >.< semoga nanti ada rezeki lewat jalan lain yang lebih cocok untuk Kak Heni ya!! aminn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya beneran deh Lii...sehat dan mental waras itu lebih penting,duit emang harus di cari,tapi memang gak usah kelewat di kejar,mudah-mudahan kedepan dapet rejeki dari jalan lain..makasii Liaaa...

      Hapus
  14. Amiin..makasii ya Liii...sehat dan ketenangan batin itu jauh lebih penting, rezeki emang di cari,tapi belajar dari pengalaman yg lalu,biar ga kelewat ngoyo lagi.

    BalasHapus
  15. Ibarat kata, biarkan air mengalir...

    sesuatu yg dikejar dengan ngoyo, memang sih hasilnya blm tentu baik untuk kita, terutama jika yg dilakukan itu adalah sebuah pekerjaan. Sama halnya dgn ngeblog, itu selalu menyita waktu. Sedangkan wkt yg kita punya pastilah bukan hanya utk ngeblog.... nah itulah mengapa saya menerapkan, biarkan ngeblog itu mengalir seperti air..

    ada waktu ya dikerjakan, tdk ada wkt ya sudah... makanya terkadang saya suka jarang posting, suka ngilang, lalu muncul lagi... yg penting bagi blogger. JANGAN PERNAH BERHENTI MENULIS.

    SEMANGAT MBAK!!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...sesuatu yg berlebihan emang gak bagus,..saya memang awalnya kayak penasaran dan ngoyo amat, badan gak bisa di ajak kompromi,akhirnya tumbang deh..belajar dari pengalaman,supaya urusan yg lain gak ikut keteteran juga.

      Hapus
  16. setuju mbak, nggak ada salahnya buat nggak terlalu ngoyo, toh kalau rejeki nggak akan kemana, sehat emang bukan segalanya, tapi kalau nggak sehat, segalanya nggak akan berarti apa-apa kan? sehat-sehat ya mbak, semangat :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas.. makasiiih....memang sehat itu penting, rejeki juga harus di jemput,asalkan gak kelewatan ngoyo, dan bisa membagi waktu.

      Hapus
  17. dikasih kesehatan dan selalu bersyukur adalah nikmat yang luar biasa
    kalaupun kita punya impian atau hal-hal yang ingin diraih, pastinya perlu usaha dan tetep diiringi sama doa juga
    kalau capek, istirahat sebentar, jalan-jalan, refreshing, besoknya mulai lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk Ainun, mungkin karena penasaran dan saya fokusnya ke situ aja,berasa di kejar-kejar waktu akhirnya yg lain keteteran,ujung"nya badan jadi korban,termasuk urusan rumah 😩.

      Hapus
  18. Aku tuh malah dari dulu ga pernah mau ngoyo mba. Kalo temen2 berambisi bgt naik jabatan, naik gaji dll, aku ga.. sebatas bisa hidup tenang, bisa nabung buat traveling, aku udh puas. Mungkin Krn itu aku ga pernah diserang atau backstabbing Ama Orang2 kantor yg suka sikut2an.

    Dan sbnrnya tipe kita yg lebih santai gini, lebih disuka banyak orang buat dijadikan teman kan 😄. Krn kita ga dianggab saingan mereka.

    Aku pribadi, biarlah suami aja yg mati2an kerja, yg penting aku kerja santai sebatas kemampuanku. As long as target travelingku tercapai, itu udah achievement buatku. 😁

    Yg penting mah kesehatan dan terhindar dari stress aja mba 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbak Fanny yang dulunya terbiasa kerja ngantor aja ngerti ya kalo kerja kelewat ngoyo itu ga bener, gak baik buat fisik juga mental ,lah saya yang orang rumahan sok ikutan kerja ngoyo😆akhirnya badan saya ambruk karena kayak di buru-buru dan urusan rumah jadi keteteran sendiri, emang sehat dan ketenangan batin itu number one deh..rejeki bisa di cari tapi gak usah ngoyo ya mbk.

      Hapus
  19. Sama kakak, aku juga ngga terlalu ngoyo sekarang, beda dengan 10 tahun lalu yang kalo belajar hal baru semangat sekali sampa lupa waktu. Kalo sekarang biar lambat asal bisa, Alon Alon asal kelakon kalo kata orang Jawa.🙏

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk..saya akhirnya nyadar diri kalo badan udah beda,gak kayak dulu masih gesit kalo sekarang udah beda, yg penting sehat dan gak mesti keburu " juga asal pasti.

      Hapus
  20. Yaa.. Begitulah tapi harus tetap memprioritaskan yang paling utama untuk segera dilakukan, meskipun semuanya dimulai dari awal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener bang,..makasih udah menyempatkan mampir ke sini🙏

      Hapus
  21. the most important thing is to cherish everything in life and be grateful always for everything. that's the things that keep me going !!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Zaty..memang seharusnya bersyukur dengan apa yg di dapat supaya hati jadi tenang...terimaksih ya Zaty🙏

      Hapus