Mudik Asik Tanpa Panik


Mreneyoo.com. Lebaran tinggal menghitung hari, ada yang akan mudik ?..Saya memang enggak mudik, bahkan sudah cukup lama nggak mudik, barangkali ada pembaca yang mau mudik, yuk biar mudiknya tetap asiik dan gak panik, lakukan beberapa tips berikut ini, siapa tau membantu selama perjalanan mudikmu, cekidot.

Mudik itu sesuatu yang rasanya bermakna banget, ngangenin, suka dan duka melebur jadi satu, lelah dan ngantuk terbayar jika kita bisa berkumpul bersama kedua orang tua, sanak saudara di kampung halaman.

Kebetulan kakak nomor dua dan adik serta kedua ponakan saya tahun ini kembali mudik ke rumah almarhumah ibu saya, sekalian berkumpul dengan kakak tertua yang menempati rumah almarhumah ibu.

Walaupun saya enggak mudik ke kampung halaman suami karena kedua orang tua suami pun sudah gak ada, tapi saya pernah ngerasain yang namanya mudik, ngangenin sih walaupun banyak dramanya, tapi itu biasa sih, justru suka dukanya selama di perjalanan yang bikin kangen kembali mudik.

Nah biar mudikmu aman dan nyaman selama di perjalanan, beberapa hal penting yang bisa di lakukan sebelum mudik biasanya kita melakukan persiapan seminggu atau beberapa hari sebelumnya. Biar mudik tetap asik tanpa panik, yuk lakukan beberapa hal ini .

Cek kendaraan.

Rutin cek mesin kendaraan dan ban sebelum persiapan mudik, cek kondisi mesin, bahan bakar dan sebagainya supaya mudikmu gak terganggu, cek mesin kendaraan pada tempat / bengkel terpercaya atau langgananmu supaya petugas paham dengan kondisi kendaraan kalian.

Persiapan pakaian 

Persiapkan pakaian yang di butuhkan selama mudik ke kampung halaman, apalagi jika masih mempunyai balita dan anak-anak, biasanya ibu-ibu akan membawa berbagai perintilan buat si kecil lebih banyak dari biasanya, pakaian, pampers, jaket, celana dan sebagainya, jangan lupa juga bawa mainan si kecil biar dia gak bosen dan rewel atau buku-buku bacaan dan gambar.

Obat-obatan

Ini penting banget untuk menunjang kenyamanan selama di perjalanan, siapkan obat-obatan yang di butuhkan, taruh dalam wadah atau tas khusus untuk menaruh obat-obatan, letakkan pada tempat yang mudah di lihat dan di jangkau di dalam kendaraan kalian, suapaya jika di butuhkan gak bingung di mana letaknya.

Makanan dan cemilan ringan

Meskipun berpuasa dalam Islam di perbolehkan / ada keringanan bagi para musafir untuk makan selama dalam perjalan jauh, tapi biasanya anak-anak lebih membutuhkan makanan dan cemilan, orang dewasa biasanya enggan membatalkan puasa, soalnya males ganti nya wkwkk.

Persiapkan cemilan yang menyehatkan bagi anak-anak seperti roti dan biskuit juga buah-buahan dan air minum.

Pantau Keadaan Cuaca 

Pantau keadaan cuaca selama di perjalanan, dalam kondisi hujan atau panas kalian harus tetap waspada, terutama bagi para pengendara motor, harus tetap konsentrasi mengemudi selama perjalanan, jika perlu pakai aplikasi untuk rutin memantau cuaca di perjalanan, mudah-mudahan cuacanya bersahabat.

Persiapan fisik dan mental

Nah ini yang paling penting dan gak boleh di skip, kondisi tubuh harus tetap sehat dan bugar, perbanyak makan yang sehat, minum vitamin dan sesekali menggerakkan badan selama istirahat di rest area, gak cuman mobil yang butuh di rawat, kamu juga sebagai pelaku perjalanan harus senantiasa sehat dan bugar.

Yang paling penting nikmati perjalananmu apapun itu dengan hati yang riang, jangan lupa berdoa dan melakukan ibadah selama di perjalanan.

Apapun itu kendaraan mudikmu, tetap berhati-hati dan waspada selama dalam perjalanan. Semoga perjalanan mudik mu aman dan nyaman, selamat sampai tujuan.





Salam



Posting Komentar

42 Komentar

  1. Cuando se viaja hay que tener cuidado. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar sekali, harus senantiasa waspada dan berhati-hati.

      Hapus
  2. ada tambahan pula nih
    cek rekening atau isi dompet
    buat jaga-jaga diperjalanan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, kelupaan..terimaksih sudah menambahkan mas..penting banget itu mah 😁.

      Hapus
  3. satu tip yang bagus untuk mudik atau balik kampung...saya tidak pasti nak mudik kerana kedua bapa mertua sudah tiada...emak saya pula belum Islam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang..mudah-mudahan yang mudik aman dan nyaman sampai tujuan.

      Hapus
  4. Tahun ini aku ngga mudik mbak, keuangan lagi ngga memungkinkan untuk mudik.

    Tapi mudik memang ngangenin apalagi kalo sudah di kampung halaman biasanya malas berangkat lagi.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sensasi mudik itu emang bikin kangen ya mas dengan segala dramanya😁.

      Hapus
    2. Minal aidzin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin ya mbak.πŸ™πŸ™πŸ™

      Hapus
    3. Sama"mas Agus...minal Aidin wal Faidzin..mohon maaf lahir dan batin πŸ™πŸ˜Š

      Hapus
  5. hal paling bahagia adalah denger kata mudik buat para pejuang perantauan hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas....kayaknya sesuatu banget yang di tunggu-tunggu para perantau πŸ˜€

      Hapus
  6. nice sharing here!! selamat hari raya sis mreneyoo!! <3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat hari raya juga Zaty.....mohon maaf lahir dan batin yaa...πŸ™

      Hapus
  7. Paling penting, fizikal dan mental kena kuat nak hadap jalan jem, kalau pilot dan co-pilot tak cukup rehat, mahu tersadai di hentian rehat di lebuhraya.. hehehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis....penting banget fisik dan mental dalam perjalanan, apapun itu kendaraannya mudah"an lancar.

      Hapus
  8. perlu banget itu cek perlengkapan sebelum midik, takutnya di jalan terjadi sesuatu yang tidak di inginkan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus mas Khanif..biar mudik aman dan nyaman.

      Hapus
  9. selamat hari raya, maaf zahir dan batin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat hari raya juga sis... Mohon maaf lahir dan batin πŸ™

      Hapus
  10. cek kondisi kendaraan ini penting banget, kadang di tengah perjalanan ngerasa kayak ban kendaraan nggak nyaman, bahkan sehari sebelum lebaran, tempat cuci mobil penuh banget. Semuanya serba prepare, dari kebersihan sampai kondisi mesin kendaraan

    aku kalau mudik udah ga pernah bareng-bareng sama keluarga, malah aku kadang belakangan mudiknya dan beberapa tahun terakhir ini kalau pas libur lebaran aku malah traveling semingguan, jadi aku tim akhir-akhir buat mudik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mbk Ainun....mudik itu banyak perintilan nya, jadi harus di persiapkan secara maksimal kalau gak mau banyak drama di jalan,apalagi kalau sudah macet, pasti suntuk terjebak macet berjam"...makanya cek kendaraan, fisik penumpang ,makanan,minum dan sebagainya harus siap betul,apalagi kalo bawa anak"...mbk Ainun asiik deh sekalian traveling duluan hehhe...minal Aidin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin ya mbak πŸ™

      Hapus
  11. nice info buat yang mau mudik nih, hehe
    btw selamat lebaran ya mbak, mohon maaf lahir batin & semoga mbak sekeluarga dilimpahi keberkahan selalu, aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mas..semoga bermanfaat...minal Aidin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin ya πŸ™

      Hapus
  12. Bisa dibilang aku termasuk orang yang jarang mudik, mbak. Tapi ya seperti perjalanan pada umumnya, mudik juga perlu disiapkan dengan baik. Ketika pandemi covid-19 malah ga mudik. Akhirnya lebaran di tanah rantau. Menjaga kondisi kesehatan itu sangat penting demi kelancaran perjalanan mudik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Vai...perjalanan buat mudik lebih berat karena pasti kejebak macet yang lumayan lama, apalagi tahun ini sepertinya ngebludak dan lumayan lama macetnya yang bikin suntuk, persiapan semuanya mutlak banget di lakukan...Minal Aidin wal Faidzin mohon maaf lahir dan batin ya πŸ™

      Hapus
  13. Cek mobil itu wajib, takutnya nanti mogok di jalan tol berabe. Tahun 2015 pernah mudik dan mobil mogok di jalan tol. Untungnya ada mobil derek tapi jadi bayar 200 ribu, padahal katanya gratis ya hmmm.

    Eh di bengkel kena ketok 2 juta, padahal di bengkel langganan katanya cuma 1,3juta saja.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itupan mbak...mungkin karena lagi hari raya,jadi bengkelnya juga ikutan naikin harga servis nya...susah juga kalo sudah mogok di jalan tol, mandeg di tempat,ternyata mobil derek gak gratis toh? Baru tau saya.

      Hapus
  14. Aku udh Bbrp tahun ga mudik sejak pelihara kucing mba. Soalnya mereka kan indoor yaa, dan penakuuut 🀣🀣🀣. Makanya aku ga bisa taro di pet hotel. Dulu pernah dirawat di RS aja, ga mau makan samasekali saking takut nya. Akhirnya terpaksa bawa pulang. Kalo semisal asisten ku ga mudik, aku bisa pergi, Krn kucing2 pasti dijaga asisten.

    So, selama ini ngalah dulu jadinya,biarin asisten aja yg mudik. Aku tunggu dia balik baru bisa pergi. Demi anak2' bulu yg udh kayak anak sendiri di rumah πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Akupun jarang mudik,biasanya ke kampung halaman suami di Jatim,berhubung kedua orang mertuaku uda gak ada lagi, makanya jarang mudik...

      Kemarin pas mudik ponakan aku bawa kucingnya ke Lampung,macet 17 jam..syukurnya si kocheng anteng aja di mobil..emang kucingnya juga introvert gitu,di bawa keluar justru takut..jadi dalem mobil aja,emang ribet bawaannya🀣

      Hapus
  15. Servis kendaraan dan istirahat yang cukup penting sekali nih..

    Setiap mudik sering sekali terjadi kecelakaan karena faktor kendaraan dan pengemudi yang ngantuk..

    Khusus pada kendaraan, sistem rem yang perlu diperhatikan. Karena kalau rem blong, rawan kecelakaan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mas... persiapan fisik dan juga kendaraan tu penting banget..kita gak tau gimana keadaan di perjalanan,yang pasti namanya mudik itu pasti macet berjam"..ngantuk..lelah...

      Hapus
  16. Orang Bogor ngga mudik mbak, mau mudik kemana ya, soalnya lahir dan besar disini.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah sama donk..sayapun enggak mudik, tapi nungguin keluarga yang mudik hehehe..

      Hapus
  17. bila balik kampung guna kenderaan persendirian ni
    memang banyak persediaan kena buat
    tapi seeloknya kita dah service kenderaan lebih awal
    bagi mengelak kesesakan di workshop
    apa yang saya tahu sepanjang ramadan
    workshop penuh dengan pelanggan
    kalau guna kereta lama confirm ambil masa nak baiki...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...memang bagusnya servis kendaraan jauh'hari supaya aman dan nyaman di perjalanan, dan gak terlalu ramai juga kalau jauh'hari.

      Hapus
  18. baju tu paling penting
    selagi tak siap
    mak mak akan pening kepala
    hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sis Anies ..macet di jalan berkeringat..haduuh kalau tak bawa banyak baju 😁

      Hapus
  19. mujur MA pun balik kampung nya..dekat2 saja..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya gak mudik,tapi kakak beradik dan ponakan mudik tahun ini.

      Hapus
  20. bagus sekali tipsnya tq for sharing

    BalasHapus