Belajar Edit Video



Mreneyoo.com. Belakangan saya lagi rajin belajar edit foto/video, kenapa gak buat videonya langsung sekalian ? Enggak..ini mah cuma iseng aja, soalnya lagi gak ada video, saya jarang buat video, jadi pake gambar aja sekedar buat belajar.

Ternyata mereka yang menjadi seorang konten kreator itu gak mudah ya, harus bikin dan edit video yang berkualitas supaya hasilnya bagus.

Sedang saya yang baru sekedar belajar aja ngerasa..eh koq ternyata susah-susah gampang, tapi banyak susahnya, mungkin karena blom tau seluk-beluknya.

Buat editan video aja bisa makan waktu sampe hampir satu jam sendiri 😄 padahal mah cuman video sebiji gambar aja yang paling hanya numpang lewat kalo di upload wkwkkk, tak segampang itu..🎶 malah nyanyi.

Tapi seenggaknya saya menghargai jerih payah, dapet ilmu walau belajar secara mandiri, liat-liat gimana sih cara ngedit video itu dan yang penting orisinil, bukan njiplak karya orang, saya juga suka liat beberapa temen blogger yang cukup bagus pas liat video mereka ada di Instagram nya.

Saya memang sering penasaran kenapa sih video orang-orang tuh pada bagus, dan ternyata cukup ruwet buat saya yang masih cupu hehehe..bikin tulisan supaya bisa berpindah  aja susah apalagi yang beneran video berupa gambar bergerak, ternyata begitu syuliit...udah bener emang kata si Reyhan:D. 

Sebetulnya banyak sekali aplikasi edit video yang bagus-bagus, tapi karena terlalu bagusnya malahan saya tambah bingung gimana cara gunainnya 😆 soalnya kebanyakan ini itunya.

Saya sementara pakai aplikasi edit video yang simpel-simpel aja dulu, namanya lagi belajar, gimana caranya berganti dari satu gambar ke gambar lain dan transisi supaya halus, belum paham di bagian mana harus cut' alias motong-motong videonya supaya beneran pas, malahan nunggu iklan yang lewat demi gak ada watermark yang nongol di pojokan, maklum belom paham 😁.

Makanya salut buat yang jago bikin dan ngedit video, buat saya sekedar edit video pake gambar tempelan aja lumayan ribet dan perlu selera yang bagus, sementara hasil editan video saya masih jauh dari kata indah, dan bulak balik di hapus karena gak sreg liatnya, beda dengan kaum muda sekarang yang kelihatan nya berbakat banget, sementara saya ? Tapi bakat aja enggak cukup, harus ada kemauan dan kerja keras, gimana dengan saya yang mendang-mending 😁 ayo semangat min.




Salam


Posting Komentar

47 Komentar

  1. Setuju, tak mudah jadi content creator. Salute dgn kegigihan mereka, nak mengolah jalan cerita, buat skrip, rakam video, sunting video dan publish video bukan sesuatu yang mudah. Pasti banyak masa yang dikorbankan untuk menghasilkan konten video yang menarik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak...ternyata buat video waktunya tu memang cukup lama, gak sekedar ambil gambar langsung upload, banyak sekali yang harus di lakukan demi menghasilkan sebuah video yang menarik.

      Hapus
  2. sy mmg suka bab2 edit video ni. tapi bila ilmu tu dah selalu tinggal and tak buat, jadi lupa. aplikasi sekarang pula canggih2... boleh pening juga kalau tak faham... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..aplikasi edit video banyak yang bagus dan canggih,tapi kadang cukup susah buat di pelajari,apalagi kalau jarang di praktekan ..bisa lupa lagi caranya 😄.

      Hapus
    2. Bolehlah belajar sama saya. jika tidak mau ribet, pakai cap cut
      Atau mau belajar kinemaster, sama saya juga boleh.
      Kedua aplikasi tersebut hampir sama.

      Hapus
    3. Wah ada suhunya nih..makasih banget mas 😀🙏

      Hapus
    4. haaa dengar tu mreneyoo. mas DB boleh ajar edit video. gratis barangkali hahaha

      Hapus
    5. Iya nih ada gurunya yang langsung menjawab 😄

      Hapus
  3. nak jadi content creator ni bkn takat pandai luaran je mcm pandai edit video, shoot video etc. tapi bab creative and creativity tu... tak ramai yang ada bakat tu. sebab tu wujud content creator yang suka buat video pelik-pelik dan tak ada common sense... hanya mahukan secebis LIKE & fame sahaja...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul ... kreatifitas dan rajin berlatih, tak hanya sekedar bakat saja, memang terkadang ada juga mereka yang sekedar saja buat video untuk cari popularitas saja tanpa kualitas dan kerja keras.

      Hapus
    2. tapi bila kena kecam, tahu pula mereka nak marah, kan? dah tu... buat video pelik pelik... siapa sahaja yang tak 'hangin'?!!

      Hapus
    3. Yah begitulah kalau hanya sekedar mencari popularitas.

      Hapus
    4. populariti hanya sementara. datang orang baru, tenggelamlah yang lama...

      Hapus
  4. kakLM tak pandai edit video. masih belum mahir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama..saya juga belum paham banget..masih belajar .

      Hapus
  5. MA pun x pandai bab edit2 video ni, pernah cuba but mcm susah je.. yg simple2 tu boleh la

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya MA...susahnya ternyata 😄...pantas lah konten kreator kerja keras,hasilnya memang bagus.

      Hapus
  6. Bolehlah belajar sama saya
    Untuk semantera pakai cap cut, tidak ada watermark. dan Watermark akhir video bisa dihapus kok
    Atau jika mau, cari apk kinemaster, biar tidak ada logo di pojoknya. cari aja di youtube, apk kinemaster.
    Saya punya empat channel youtube, dan saya juga main fb pro atau tik tok

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aplikasi yg saya pakai harus langganan dulu kalau mau hapus watermark nya..kalaupun mau menghilangkan secara manual harus tonton iklan sampe habis 😁

      Hapus
    2. Donwload cap cut aja. Ayo bikin channel youtube biar lebih seru, nanti bisa diunggah di blog. Siapa tahu bisa monet juga. Channel saya, Djangkaru Bumi, Om Koodok, etba tv ,dan Om Kodok

      Hapus
    3. Iya mas..tar saya download yang cap cut..biar bisa belajar..makasih sarannya 🙏.

      Hapus
  7. otak lady x kreatif untuk buat video.. huhu.. keras..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...sayapun susah sangat mau belajar edit videonya...tapi penasaran mau coba 😄

      Hapus
  8. Es un trabajo duro. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Benar..ini adalah pekerjaan yang cukup berat.

      Hapus
  9. Kalau butuh video untuk belajar bisa cari di beberapa website penyedia video gratis. Untuk proses editing video bisa bikin storyline terlebih dahulu agar memudahkan alur cerita video sehingga ga bingung pas edit video. Storyline pada pembuatan dan editign video itu sangat penting. Kemudian tinggal tambahi audio. Kalau tulisan muter-muter biasanya berasal dari effect yg tersedia di aplikasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya hanya cari aplikasi di play store mas..memang sih gratis,tapi banyak iklannya 😁,iya nih..harus belajar juga buat video, kepingin tau gimana caranya edit video, sepertinya cukup menarik walau agak repot, makasih sarannya mas.

      Hapus
  10. chaiyokk mreneyoo. mama pun x berapa pandai hal ni

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama saja mamapp, sayapun sambil belajar 😄

      Hapus
  11. semuanya memang ada belajarnya mbak, gak pertama langsung bisa :D.. tapi salit memang orang yang jadi konten kreatir, skill edit videonya udah di atas dewa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hooh mas Khanif,ribet juga ternyata, saya iseng-iseng nyoba aja sampe satu jam lebih edit",padahal mah video biasa" aja😁..salut buat mereka yaa.

      Hapus
  12. Setuju, memang tidak mudah untuk edit video. Dulu saya hari-hari perlu upload dan edit video, sebab ada sertai challenge. Guna aplikasi percuma saja, yang mudah-mudah. Tapi saya lagi malu. Jadi, sudah delete video lama-lama di ig. Hehe.. lagi pun, video ini, saiznya besar. Banyak makan ruang di handphone.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...susah ternyata..harus sabar dan telaten....nah itu juga peyimpanan nya yang cukup besar ya..udah capek-capek buat harus di hapus hihi.

      Hapus
  13. Aku sampe kepikiran Ama bayar temenku aja supaya ngajarin secara private 😂😂😂. Soalnya aku tipe susah Nangkep kalo ikut kelas rame2 mba. LBH suka private belajarnya. Kebetulan ada temen yg jago bikin video gini. Pengen deh minta dia ajarin secara private, dengan bayaran pastinya.

    Krn samaaaa, aku pun kalo video blm ngerti blaaas 😂. Makanya selama ini lebih suka foto dan dalam bentuk tulisan aja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk....aku pun penasaran, koq liat orang-orang pada bagus' videonya, aku pas nyoba...ya Allah ribetnya..musti teliti, sabar..dan sampe punggung cape nunduk terus 🤣, tapi hasil biasa aja wkwkk.
      Walaupun banyak tutorial tetep aja susah kataku mah 😁

      Hapus
  14. Kalau disuruh milih bikin tulisan di Blog atau bikin video aku lebih milih buat bikin tulisan di Blog 😁... Soalnya asli lieur bangett mba bikin video itu.. Aku sering bikin video ngegambar atau perkucingan buat bahan di Ig.. Ya ampun rungsing bangett mba.. ngumpulin bahannya. Belum lagi editingnyaa... Kadang kalau semisal videonya kurang bagus pas editing, 😭

    Apalagi kalau bikin video gambar.. Asli aku malah jadi nggk fokus sama gambarnya, karena ditengah-tengah proses ngegambar perlu take video beberapa detik abis itu lanjut lagi.. Jadi kadang Moodnya suka mix 🤣 mood ngegambar tahu-tahu lempeng di tengah jalan...

    belum lagi proses editingnya.. wkwkwk buyaaaarrr.. Cut-cut, nyesuaiin sama lagu biar on beat.. ahahah maless banget aslii... ribeeettt.. wkwkw tapi tetep tak lakuin walau akhirnya jadi jarang post... 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah pan susah ya mas Bay😁..apalagi aku yang emang emak" gaptek,pake sok -sok an mau belajar edit video, tapi ya pan namanya belajar itu gak kenal usia,walau emang sangat amat ribet dan susah 😆...

      Aku juga agak ribet kalo mau gabung"beberapa gambar pas mau cut-cut nya...sering gak pas...bulak balik salah Mulu dan ketimpa" tulisan nya 🙄,jadi pegel mata dan punggung🤣

      Hapus
  15. semangat belajar mbak, aku juga masih belajar terus, siapa tahu nanti bisa dipakai buat kerja atau usaha hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...masih belajar ..walau udah di praktekin tetep bingung🤣

      Hapus
  16. ada fitur di editing video yang bisa numpuk video plus nambah tulisan, aku coba ikuti tutorialnya, padahal udah mantengin tuh tutorial tapi berasa susah dan udahlah nyerah hahahaha. sampe sekarang sebenernya penasaran pengen jago buat pake fitur itu, cuman waktunya aja yang ga sempet. Ribet ngurus sana sini, jadi kalau edit video yang gampang gampang aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk...walau udah di pelototin tetep aja prakteknya susah wkwkk...dan hasilnya mah biasa aja hihi...tapi mah tetep penasaran

      Hapus
  17. edit video memang penuh perjuangan kk, harus sabar dan telaten

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...ternyata gak segampang itu... hehe

      Hapus
  18. Betul tu . Nk buat video pun kena kreatif . Nak edit pun kena pandai edit baru video nampak smooth dan cantik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..betul..belajar dan terus belajar supaya semakin bagus hasilnya.

      Hapus