Resep Malbi Daging Sapi & Asem-asem Daging Kambing


Mreneyoo.com. Kali ini saya masak dua resep sekaligus, daging sapi dan kambing, kebetulan Idul Adha kemarin dapat jatah dua bungkus, dua-duanya sudah saya olah jadi menu yang cukup lezat.

Sebetulnya mau masak olahan daging bisa kapan saja beli sendiri, gak mesti nunggu hari raya, cuman beda aja rasanya kalau dapat jatah daging, satu RT dapet semua dan segera di olah supaya daging gak rusak.

Kali ini saya mau olah daging sapinya di masak malbi saja, malbi merupakan olahan daging sapi khas Sumatera Selatan, agak mirip dengan semur, karena menggunakan kecap, tapi saya masak yang gak terlalu manis, jadi dapet gurih dan manisnya pas, saya kurang suka kalau terlalu manis.

Malbi daging sapi.



Bahan

* Daging sapi 1/2 kg.

* Bawang merah 8 siung.

* Bawang putih 4 siung.

* Daun salam 2 lembar.

* Batang sereh 1 bh di geprek.

* Lada bubuk/kasar secukupnya.

* Pala 1/2 bh.

* Jahe 1 ruas ini jari.

* Laos 1 ibu jari.

* Kemiri 5 butir.

* Minyak untuk menumis.

* Garam secukupnya.

* Kecap manis secukupnya, 5 sendok makan.

Cuci daging sapi dan rebus sampai cukup empuk, buang sisa atau endapan air rebusan yang kotor, di sini saya merebus dengan panci presto selama tiga puluh menit, kalau merebus biasa bisa lebih lama lagi.

Iris daging sapi sesuai selera, dadu atau tipis, sisihkan. Giling semua bumbu sampai halus kecuali sereh+daun salam, tumis hingga harum dan matang, masukkan potongan daging dan beri tambahan air, bisa gunakan sisa kaldu sapi yang sudah bersih tadi, masak daging hingga matang dan tambahkan kecap manis secukupnya sesuai selera kalian saja tingkat kemanisannya, angkat dan taburi bawang goreng.

Asem-asem daging kambing :

Resep ke dua saya masak asem-asem daging kambing, kalau bosan dengan olahan daging kambing yang itu-itu saja, bisa masak resep ini, rasa kuahnya asam, gurih dan pedas, cocok bagi kalian yang mau masak serba iris dan praktis, kebetulan daging kambingnya enggak bau badeg.



Bahan :

* Daging kambing 1/2 kg.

* Bawang merah 5 siung.

* Bawang putih 2 siung.

* Cabe rawit merah besar 2 buah.

* Garam secukupnya.

* Air secukupnya.

* Kecap manis secukupnya.

* Sereh 1 bh geprek.

* Tomat muda / belimbing wuluh dan air asam secukupnya.

Iris semua bumbu kecuali serehnya. Cuci bersih dan rebus daging kambing sampai empuk, potong dadu.

Rebus air dan masukkan semua irisan bumbu tadi, masukkan juga potongan daging kambingnya, beri garam, kecap dan air asam, masak hingga matang, cicipi kuahnya, rasanya harus pas, asam, sedikit manis, gurih dan pedas, jika sudah pas angkat dan sajikan, selamat mencoba.

Posting Komentar

23 Komentar

  1. nampak simple tapi sedap tu. Boleh dicoba nanti.

    BalasHapus
  2. asem-asem daging kambing? baru tau saya kalau ternyata bisa dibuat asem-asem juga, bisa jadi salah satu alternatif olahan daging kambing yang baru nih buat saya, soalnya kalau ketemu atau dapat daging kambing pasti kalau nggak diolah jadi gulai ya dibumbu lapis aja πŸ˜…

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, biasanya juga saya gitu,kalo gak di sate,tongseng, apa gule, santen"terus ngeri juga.

      Hapus
  3. tuuu diaaaa keluar daaa menu daging aidiladha... ;-)

    BalasHapus
  4. just nak tahu apa petua mreneyoo hilangkan bau hamis daging kambing?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Katanya tergantung si pemotong hewannya,kalau dia pandai pasti daging gak akan bau..kebetulan memang gak bau..hehe...

      Hapus
    2. kalau dapat pemotong yang mahir, okey laa tu...

      Hapus
  5. Nanti boleh try, memandangkan daging korban nya masih ada lagi belum dimasak huhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...kalau malas masak, cari resep yang praktis bumbu saja.

      Hapus
  6. Gracias por la receta. Te mando un beso.

    BalasHapus
  7. sedapnye masakannya.. yumm yumm yumm.. boleh dicuba nanti...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah cara masak dan resepnya sis πŸ˜€

      Hapus
  8. Nampak sedap dua2nya. Rasa nak cuba resipi asem-asem daging kambing tu.

    BalasHapus
  9. semua menu daging ni ..sedappp

    BalasHapus
  10. Seperti mahu dicuba ini... kelihatan enak bangat :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo di coba bang... resep nya gampang kok.

      Hapus