Sensasi Naik Jeep Wisata Merapi Jogyakarta

Sebetulnya foto ini di ambil pada Juli 2022 yang lewat, tapi saya belum  sempat  menceritakan di blog ini karena masih ada beberapa foto lain yang belum sempat saya edit, so inilah  sensasi naik Jeep wisata Merapi Jogyakarta ,cekidot.

Waktu itu di Juli 2022 saya bareng anak dan suami juga sepupu, adek dan ponakan sempet jalan-jalan ke Jogya, gak lama memang hanya tiga hari saja di sana. Salah satu tempat yang saya kunjungi adalah perkampungan penduduk di mana terjadi peristiwa meletusnya gunung Merapi pada tahun 2010 yang lalu, ingetkan ketika Mbah Marijan wafat di sana saat gunung Merapi meletus.

Nah perjalanan kesana menggunakan jeep tour yang memang khusus untuk keliling tempat yang gak mungkin di lalui oleh kendaraan biasa, karena medannya  adalah daerah bebatuan, pasir dan tanjakan .

So akhirnya kita pertama kalinya naik mobil jeep yang sensasinya unjlak-unjlak😁alhamdullilah pak sopirnya walaupun udah cukup tua tetep prima membawa penumpangnya, Karena rombongan kami terdiri dari enam orang dewasa dan dua anak kecil, kami menyewa dua jeep.

Di mulailah petualangan ini, kami berangkat sekitar pukul dua belas siang dari daerah wisata kaliurang, tapi anginnya cukup sejuk, karena daerah Merapi lumayan dingin soale berada di ketinggian, walaupun saat itu panas jadi gak kerasa karena  mobil terbuka, kita pake helm buat keamanan dan tetep pakai masker karena melewati pasir yang berterbangan ketiup angin.

Perjalanan melewati daerah yang menanjak dan pasir yang berterbangan karena beberapa jeep tour yang lain juga lewat, jeep yang kami tumpangi melaju lumayan cepat melewati jalan bebatuan, rasanya uncluk-uncluk, tapi kami cuman ketawa-ketiwi karena seri saja rasanya, sambil sesekali menjerit ketika melewati jalan yang curam,😂.

Akhirnya sampailah kami di tujuan pertama, sebetulnya ada beberapa tempat yang di kunjungi dalam tour merapi ini.

Tempat ini di dalamnya banyak terdapat benda-benda yang rusak dan terbakar akibat letusan lava panas gunung Merapi, tapi sayangnya saya ga berani ambil fotonya karena  ngerasa ada suasana gimana gitu, sedih dan kesannya suram, jadi mohon maap yah🙏😔.Tempat ini di jadikan museum sebagai pengingat peristiwa meletusnya gunung Merapi.

Perjalanan di lanjutkan ketempat yang bukan berbau museum lagi, tempat ini bernama batu alien, enggak tau kenapa di namakan seperti ini, kemungkinan karena di sini banyak terdapat batu-batu besar sisa lontaran meletusnya gunung Merapi, seperti foto di bawah ini.

Prasasti batu alien

Awas kenaaa🙈

Sstttt...btw yang ambilin foto-foto di atas itu adalah pak sopir jeepnya loh, dia juga yang menceritakan sejarah peristiwa meletusnya gunung Merapi, merangkap jadi fotografernya, keren sih kalo menurut saya yang gak ngerti seni alias bisanya asal jepret aja 😁.

Lanjut lagi numpak jeep yang penuh sensasi  ugal-ugalan karena medannya gak bersahabat, pak sopirnya top markotop👍😁kena debu dan panas campur angin siwir-siwir rasanya amboii , disarankan pake masker ya soalnya debu pasirnya akeh dan pake kacamata juga biar gak kelilipen😎,kaca mata hitam di anjurkan buat menghindari debu dan paparan sinar ultraviolet.

Tibalah kami di medan selanjutnya, tempat ini di namakan bunker Kaliadem karena ini adalah tempat berupa bunker atau persembunyian / persinggahan sementara. Namun saat terjadi letusan gunung Merapi, bunker ini jadi tempat persinggahan sementara para petugas di lapangan, karena adanya lava panas dan muntahan pasir panas yang turun dan menutupi bunker, akhirnya bunker tersebut tidak berfungsi lagi.

Pada peristiwa itu di kabarkan ada beberapa orang relawan yang wafat di dalam bunker karena terpendam muntahan pasir panas Merapi. Mereka terjebak di dalam sana dan dalam posisi terendam dalam bak air, upaya mendinginkan tubuh karena panasnya pasir, itu menurut cerita pemandu di sana.

Sekarang area bungker di perbaiki dan di jadikan museum atau prasasti untuk mengenang peristiwa letusan gunung Merapi 2010 yang lalu.

Kita bisa masuk ke dalam bungker, hanya saja di dalam sangat gelap dan hanya ada batu besar dan pintu besi seperti toilet atau kamar mandi kecil di dalamnya, hanya itu saja,itupun tidak jelas seperti apa bentuknya karena sangat gelap.

Bisa di bayangkan ukuran bunker yang cukup kecil, pengap, panas dan gelap.

Bungker Kaliadem

Nah momen yang di tunggu-tunggu terakhir kalinya pun tiba jua, masih dengan naik jeep yang sama sampailah kami di kawasan ini, merasakan sensasi mobil jeep yang off-road dan berputar-putar menyusuri aliran sungai yang penuh bebatuan, duh rasanya ngeri-ngeri sedap, baju basah di sana sini karena jeep melaju dengan cepat dan cipratan air membasahi pakaian dan wajah kami🤣tapi seru banget looh.

Jangan lupa pegangan yang kuat yah terutama untuk anak-anak sebaiknya di dampingi orang tua, tapi cukup aman kok, karena pak sopirnya udah lihai banget👍nih.

Cukup puas bermanufer di sungai, akhirnya saatnya mengakhiri perjalanan lava tour merapi ini, kami pun di antar kembali ke tempat semula yaitu kawasan wisata air terjun Kaliurang yang udah gak ada airnya karena kemarau.

Sekedar info...biasanya lava tour merapi ini tergantung paket yang kita ambil dan besaran biaya juga berbeda, banyak macam jenis paket lava tour yah temens,kebetulan kita ambil tour ke empat tempat, jadi sewa Jeep kisaran 350 -400 ribu per Jeep.

Itu sudah termasuk helm dan asuransi keamanan juga karcis masuk, sementara untuk foto-foto dan video kita bisa kasih tip ke mereka besaran sepuluh hingga dua puluh ribu rupiah untuk video.

Salam

Posting Komentar

18 Komentar

1. Wah ga sabar yang kopi klotok mba heni...ini dimulai dari wisata jeep merapi dulu ya. Mbul belom pernah...kemarin sih sempet ditawarin tapi blom jadi jadi hahhaha...suasananya penuh petualangan...lalu yang di bunker juga agak ngeri ya mba...soalnya gelap...digunakan pas masa penjajahan dulu...☺

BalasHapus
  2. Hai mbk Mbul,Iyah seru pake bangeet naik Jeep off road keliling tempat wisata merapinya,sensasinya yg uncel"an itu loh yg bikin kangen,maklum baru pertama kali nyobain jadi Masi norak🤣duuh sayang yg kopi Klotok ga sempet saya fotoin deh,karena udh keramean orang numplek..lagian gak kepikiran juga buat blog tadinya😁

Balasan
    1. Iya yang bungker itu suasananya agak suram gimana gitu kesannya,sedih juga iya kalo ngebayanginnya

Hapus
  3. Wah, aku yang warga Jawa tengah malah belum pernah ke gunung Merapi, kalah sama mbak Heni nih.😂

Kalo ingat letusan gunung Merapi ingatnya Mbah Maridjan ya soalnya itu yang paling terkenal.

Ternyata di gunung Merapi ada bunker juga ya, serem kalo ada letusan gunung terus masuk bunker, eh udah hawanya panas malah pintunya tertutup. Ya mati terpanggang.😱

1. Hooh mas Agus .seru tenan Iki,pan mas Agus ga tinggal di Jawa Tengah😁

Emang kalo inget gunung Merapi pasti inget mbh Maridjan.."roso-roso " iklan minuman itu..
      Bungker ya kecil,panas,engep..ya bayangin aja kalo terperangkap di situ

Hapus
  4. waduh kapan saya bisa wisata kesitu, harus menempuh perjalanan sehari. salam dari madura.

1. Saya juga jauh koq mas .dari Lampung kesananya pan lumayan😁..walaikum salam

Hapus
  5. Aku belum pernah nyobain wisata jeep merapi nih mba, entah kenapa tiap kali ke Jogja pasti g ada kesempatan buat ini hiks, kayaknya next time kalau ke jogja wajib masuk list nomer 1 nih, biar diprioritasin hihihi

Balasan
    1. Sore mbak ...kalo mampir ke Jogya..ayooh cobain mbk..selain puas liat pemandangan ,seru banget looh naik Jeep 😁

Hapus
  6. temenku udah berkali-kali kesini dan aku sampe sekarang belum kesana sama sekali hahaha.
    waktu peristiwa meletusnya Gunung Merapi ini,sedihnya sampe kotaku, nggak nyangka bisa separah itu. Liat beritanya ga tega. Banyak korban jiwa, rumah penduduk juga tenggelam karena wedus gembel.
    Masuk ke museumnya pasti bikin tambah sedih juga, penasaran

Balasan
    1. Mbaknya tinggal di Jogya juga kah?iya kalo inget meletus jadi serem..ga kebayang panasnya wedus gembel...ayo mabk..biar ga penasaran cobain berpetualang naik Jeep..seru banget looh😁

Hapus
  7. Disebut batu alien karena bentuk batu yang ukurannya besar dan menyerupai wajah alien. Bunker kaliadem dulu digunakan sebagai tempat perlindungan ketika merapi meletus. Namun, ternyata bunker tetap terkena awan panas.

Beberapa orang relawan juga meninggal dunia ketika mengajak mbah maridjan untuk trun ke tempat evaluasi. Namnu upaya itu gagal dan mereka wafat bersama mbah maridjan.

Balasan
    1. Bener mas...tapi batu alien sy Masi gak ngeh..bentuknya ya kayak batu,gak mirip alien sih....siluet mungkin ya...

Hapus
  8. Kapan ya, saya bisa ke sini. Ha ha .... Jauh panggang dari api. Hari sudah sore.