Frozen Shoulder & Penggaruk


Mreneyoo.com. Apa hubungannya antara penggaruk dengan Frozen Shoulder atau bahu yang kaku ? Mungkin ada di antara kalian yang bertanya-tanya, gak usah bingung, karena saya akan coba jelaskan semampu saya yah, yuk di baca.

Iya hampir empat bulan ke belakang bahu sebelah kanan saya bermasalah, awalnya saya sendiri enggak tau kenapa, terasa nyeri bila mengangkat tangan ke atas, apalagi untuk menjangkau benda-benda yang cukup tinggi.

Seperti yang saya baca di halodocFrozen Shoulder adalah keadaan di mana susah menggerakkan bagian bahu atau kaku dan terasa nyeri, beberapa ciri dari Frozen Shoulder atau bahu yang kaku adalah sebagai berikut.

Ciri-ciri nya :

* Bahu kaku & susah di gerakkan .

* Nyeri .

* Tidak dapat menjangkau tempat yang tinggi seperti mengangkat tangan ke atas, ke belakang, memakai baju, menyisir rambut.

Susah di gerakkan ke atas dan ke belakang, terasa kaku dan nyeri bangeet, saya jadi serba salah, mau garuk punggung aja susah minta ampun, mau pakai baju juga agak susah, dan mau ambil barang-barang di tempat yang tinggi gak bisa.

Padahal tadinya yang sempat bermasalah adalah bahu sebelah kiri, kok yang susah di gerakkan malahan bahu kanan.

Saya sempat berobat ke dokter ahli syaraf dan di kasih obat-obatan untuk jangka waktu seminggu yang di minum, nyerinya memang berkurang, tapi saya di haruskan juga untuk terapi penunjang alias fisioterapi.

Nah pengobatan terapi ada beberapa tahapan, yaitu :

* Terapi Pijat

Mengoleskan gel khusus pada bagian bahu dan di hangatkan oleh alat khusus, saya kurang tau nama alatnya apa, tapi rasanya hangat seperti gerakan memijat, proses ini berlangsung selama 20 -25 menit.

* Sinar Infra Red.

Caranya dengan menyinari bagian bahu yang bermasalah dengan lampu atau sinar infra red, sinar infra red ini lumayan hangat cenderung agak panas, tapi masih bisa di tolerir koq dan tujuannya melemaskan otot supaya aliran darah menjadi lancar kembali, proses nya berlangsung sekitar tiga puluh menit.

* TENS

Transcutaneous Electrical Nerve Stimulation, cara kerjanya seperti alat untuk kejut atau memberi efek kejut pada syaraf , jadi kerasa seperti kayak kesetrum tapi enggak sakit, nah prosesnya berlangsung sekitar dua puluh menit.

Untuk pengobatan terapi ini ada tiga kali pertemuan dalam satu minggu, sayangnya saya baru satu kali sesi dan belum sempat untuk terapi lagi, beruntung di rumah ada alat infra red yang kecil, jadi lumayan membantu untuk terapi sendiri di rumah.

Beberapa penyebab Frozen Shoulder :

* Jarang melakukan aktifitas terutama pada bagian bahu.

* Berlebihan melakukan gerakan pada bahu, kebalikannya.

* Adanya penyakit tertentu seperti diabetes, gangguan tiroid dan beberapa lainnya, tapi untuk lebih jelas baca lagi tentang halodoc di atas tadi.

Tapi yang saya alami kayaknya karena kurang gerak alias malas gerak ๐Ÿ˜ฃ atau malahan saya pernah melakukan gerakan olahraga berlebihan pada bagian bahu tanpa saya sadari, jadi nya ya begini ini.

Makanya penting banget melakukan pemanasan dahulu sebelum melakukan aktifitas olah raga untuk mengurangi resiko cidera. 

Menurut yang saya baca Frozen Shoulder akan sembuh dengan sendirinya namun cukup lama, bisa setahun atau lebih, jadinya saya harus rajin berlatih, kan susah donk mau apa-apa kok ga bisa dan gak mungkin selalu mengandalkan orang lain. Jangan lupa baca juga di sini dan yang  ini ya.


Penggaruk

Jadi apa hubungannya dengan fungsi penggaruk di atas ?..saya gunakan untuk menggaruk punggung saya bila kumat gatal, maklum tangan saya kaku bagian bahunya buat menjangkau punggung, jadi alat penggaruk berbentuk tangan ✋ ini lumayan ngebantu saya bila lagi kepingin menggaruk hehehe...

Untuk saat ini saya berlatih sendiri di rumah dengan menggerak-gerakkan bahu sebisa dan seluas mungkin rentangan tangan saya ke atas dan ke samping dan juga memakai alat infra red secara rutin selama tiga puluh menit.

Ya udah deh segitu aja cerita saya yang lagi terkena bahu kaku atau bahasa kerennya Frozen Shoulder, tetap semangat ya MreneYoo ๐Ÿ’ช...berlatih terus supaya normal lagi kayak dulu..



Salam sehat ๐Ÿ˜€

Posting Komentar

38 Komentar

  1. Balasan
    1. Ya sama aja mas..tapi ini bukan keseleo:D

      Hapus

  2. Itu adalah artikel yang informatif dan ditulis dengan baik. Anda menjelaskannya dengan sangat jelas. Saya juga menggunakan penggaruk tangan itu untuk bahu dan punggung. ๐Ÿ˜Š๐Ÿ‘

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih jika ulasan saya bermanfaat๐Ÿ™, wah kamu juga pakai penggaruk tangan kah๐Ÿ˜€

      Hapus
  3. Hehe, saya juga pny penggaruk seperti itu, dan juga punya alat pijat dari kayu untuk leher yang sering kaku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang Day...lumayan ngebantu yang gak terjangkau tangan hehhee

      Hapus
  4. paling tidak gak perlu nyuruh orang lain buat garukin :D

    BalasHapus
  5. Esperรณ que tu hombro este mejor y gracias por la explicaciรณn y los consejos. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih.๐Ÿ™.saya terus berlatih..semoga semakin baik

      Hapus
  6. Selamat menggaruk mbak, semoga frozen shouldernya bisa segera mencair, eh

    BalasHapus
  7. Kebalikannya sama saya nih, kalau saya bahu sebelah kiri. Waktu itu sakit pas asam lambung saya naik parah, sudah diurut tapi ngga sembuh juga dan perlahan-lahan hilang berbarengan sama turun asam lambung saya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kaku banget dan nyeri enggk...kalo saya gak bisa ke atas dan arah belakang gak bisa ,susah bangeet..kaku gitu

      Hapus
  8. Pernah juga alami rasa sakit di bahagian bahu, dan susah nak angkat tangan ke atas. Ambil masa juga untuk sembuh, tapi boleh sembuh sendiri, lepas buat yoga. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya betul...banyak latihan seperti yoga salah satunya...memang agak susah mau angkat tangan karena nyeri dan kaku

      Hapus
  9. Saya pun ada penggaruk begini, mudah kalau mau menggaru bahagian belakang rasa gatal ๐Ÿ˜„

    Terus gigih melakukan senamannya ya ๐Ÿ’ช๐Ÿผ. Moga segera dikurniakan kesembuhan oleh-Nya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amiin...iya terimakasih๐Ÿ™..mudah banget jangkau punggung kalo gatal๐Ÿ˜

      Hapus
  10. Wih kejadiannya kaya pergelangan tanganku yang tiba-tiba sakit kalau dipakai angkat barang berat atau kalau digerakan mutar gitu. Sampe berobat juga ke tukang urut dan dikasih pantangan ga makan nasi 10 hari. Ga sembuh juga si, tapi akhirnya lama-lama sembuh sendiri.

    Kalo kakak berenang gimana? Soalnya renang kan banyak pakai gerakan putar bahu hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boro"mau berenang mbk..mau acung tangan ke atas aja susahnya minta ampun..nyerii..jadi tangan hanya bisa posisi ke bawah ..ga bisa angkat ke atas apalagi belakang

      Hapus
  11. sama macam penggaru mama saya punya. bezanya yang hitam tu warna putih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang penting bisa buat garuk punggung ya๐Ÿ˜

      Hapus
  12. so hari ni macam mana dengan bahu tu? masih sakit lagi ke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masihlah..masih nyeri bila posisi tidur miring, mau angkat tangan ke atas tinggi"pun gak bisa, apalgi mau garuk punggung

      Hapus
  13. Mungkin boleh juga berjumpa dengan chiropractor untuk betulkan kedudukan tulang bahu. Di Malaysia yg paling terkenal ialah sifu Eric Leong. Saya pernah cuba sekali memang lega sangat lepas betulkan tulang-tulang badan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya saya pernah baca tentang ini,tapi di tempat saya tinggal belom ada deh ,harus ke Jakarta kalau mau berobat pun

      Hapus
  14. Kalau serius pegi jumpa doktor in case perlu fisio.. take care ya.. takut nnt jd serius pulak dibiarkan saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..terimakasih sarannya...memang harus cek dokter lagi dan berlatih

      Hapus
  15. adoi .. sakit ni, kena berurut utk kasi elok kan. moga cepat sembuh yer

    BalasHapus
  16. Selalu disuruh garu oleh isteri kerana isteri saya mengalami frozen shoulder. Sekali sekali kira urut2 juga bagi lega.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...terimaksih sarannya...moga istrinya pun baik' saja

      Hapus