Resep Ayam Jamur Kemangi

Ayam jamur kemangi

Mreneyoo.com. Siapa yang gak suka jamur, jamur banyak jenisnya, salah satu jamur yang sering di budidayakan adalah jenis jamur tiram, warnanya putih dan halus.

Jamur tiram sendiri enggak mahal amat harganya, seperempat hanya 7 ribuan, banyak jenis olahan jamur tiram ini, selain di olah menjadi jamur tepung yang garing, bisa juga di buat pepes jamur, tumisan atau campuran sayur bening.




Kali ini saya mau buat jamur tiram pakai tambahan ayam dan daun kemangi, namanya  ayam jamur kemangi, yuk di simak cara buatnya.

Bahannya:

* 1/4 jamur tiram di bersihkan, suir-suir.
* 2 potong daging dada ayam di potong dadu.
* Daun kemangi secukupnya.

Bumbunya:

* Cabe merah dan rawit secukupnya.
* Bawang merah 8 siung uk sedang.
* Bawang putih 3 siung.
* Kunyit 1 ruas ibu jari.
* Lengkuas 1 ruas ibu jari.
* Daun salam 2 lembar.
* Garam  secukupnya.
* Gula secukupnya.
* Penyedap rasa.
* Minyak untuk menumis.
* Sedikit air.

Cara membuat:

Bersihkan jamur dan suir-suir, sisihkan. Bersihkan daging ayam dan potong-potong kecil, kebetulan saya masukkan sayap ayamnya juga, bersihkan juga daun kemanginya.


Haluskan bumbu kecuali daun salamnya, tumis bumbu sampai harum, dan masukkan daging ayam yang sudah di potong dadu, aduk hingga ayam matang, tambahkan sedikit air dan tunggu hingga sedikit menyusut airnya, masukkan jamur tiram yang tadi, aduk hingga merata, terakhir masukkan daun kemangi-nya.

Jika rasanya sudah pas pedas, gurih dan manisnya angkat dan sajikan.

Rasa ayam jamur kemangi ini gurih pedas dan sedikit manis, ada harum daun kemangi-nya yang membuat rasanya khas, dimakan pakai nasi putih saja sudah enak. Yuk di coba resep ayam jamur kemangi-nya, selamat mencoba.





Salam

Posting Komentar

52 Komentar

  1. kami panggil jamur = cendawan. apa2 masakan ada cendawan mmg sedapppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...sini juga ada yg menyebutnya cendawan, memang enaaak...

      Hapus
  2. kalau guna ayam.kampung lagi sedap tak?

    BalasHapus
  3. Di Malaysia panggil cendawan tiram. Biasa saya goreng atau masuk dalam tomyam 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya di goreng pun enak..tomyam belum pernah coba kalau masak sendiri.

      Hapus
  4. cendawan goreng tepung... sedappp

    BalasHapus
  5. kalau pandai masak...apa-apa menu pun sedap termasuk jamur ayam...perkataan baru buat saya...jamur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang...karena mudah buatnya.. di sini pun ada yg menyebutnya cendawan,tapi jarang.

      Hapus
  6. Nampak enak masakannya. Saya kalau masak jamur, stir-fry saja dengan sayuran lobak atau kacang buncis. Celup tepung dan digoreng pun sedap. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jamur bisa di olah bermacam"rasa, dan pasti enak

      Hapus
  7. Saya pun suka jamur! Sebelum ni buat menu diet, makan jamur Dan sayur sayuran lain, sedapnya! 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jamur di masak apapun sedap dan juga sehat kalau pengolahannya minim minyak yaa πŸ‘

      Hapus
  8. wah pake kemangi pasti harum banget nih :D

    BalasHapus
  9. jadi ingat zaman kecil dulu. sering mencari jamur di pohon lapuk. terus dimasak tanpa santan. Kayak sop gitu. Oh ya, Ananda. Bunda mohon maaf. Komenmu di postingan bunda terhapus tanpa sengaja. Tadinya ada komen asalnya tidak jelas. Nitip link aktif. Entah apa tujuannya orang ini. mungkin bawa niat jahat. Soalnya beberapa hari terakhir hampir tiap hari dia bawa spam.
    Bunda emosi. Tekan-tekan delet, eh ternyata sudah terhapus masih juga tekan tekan. Tahunya komenmu yang terdelet. Sekli lagi maaf ya ananda.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bund..jamur memang enak di olah berbagai macam...

      Iya enggak apa bunda, saya juga maklum kalau ada spam memang susah sendiri ya bund, kadang gak sengaja ke hapus, saya juga sudah mulai belajar tentang spam googleπŸ˜€

      Hapus
  10. kesukaanku nih jamur, lebih suka di pepes atau di tumis.. kalo di campur ayam gini juga suka :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pepes apa tumis juga enak banget...ini juga wuenaak

      Hapus
  11. Seumur-umur makan jamur cuma pernah makan jamur ninjo doang itu juga waktu masih kecil (sekarang udah lupa rasa kayak gimana). Sering sih lihat masakan jamur kalau lagi makan di warteg tapi ngga kepengen mencobanya entah kenapa melihatnya aja udah ngga nafsu.

    Mungkin resepnya bisa dicoba nih suruh orang rumah bikin tanpa jamur atau jamurnya diganti sama emping atau kerupuk kulit.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jamur ninjo yg kayak mana ya..blom pernah liat

      Jamur nya kalo di ganti kerupuk kulit mungkin bisa tapi jadi lembek ya..kayak krecek di gudek itu mungkin yaa..kalo di ganti emping gak tau juga, emping keripik melinjo kan?

      Hapus
    2. Itu yang biasanya tumbuh di bawah pohon ninjo (melinjo) pas musim hujan.

      Iya juga sih kalau jadi lembek ngga ada kriuknya atau ganti sama labu siam gimana? (Eh kok jadi nawar)

      Yup, emping dibuatnya dari melinjo.

      Hapus
    3. Emping nya apa kulit yg merah nya itu, kalo emping kan keripik melinjo ya...udah jadi keripik kalo emping sih

      Hapus
    4. Entahlah emping itu keripik atau bukan tapi saya bilangnya emping tanpa embel-embel keripik atau keripik melinjo.
      Bukan dari kulitnya tapi dari bijinya. Kalau kulit yang merahnya biasa' diolah jadi tumisan dan saya belum pernah memakannya..hihihi

      Hapus
    5. Emping itu yg udah jadi keripik, kalau melinjo yang masih berbentuk biji

      Hapus
  12. Eh ngomong-ngomong kok blognya pas dibuka ada peringatannya "Koneksi ke www.mreneyoo.com tidak aman"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Blog masnya http apa https....saya juga gitu kalo ke blog temen yg bukan https atau sebaliknya suka ada peringatan gitu

      Hapus
    2. Kalau blog saya pakai https.
      Oh ya lanjutan peringatannya "situs ini tidak mendukung https"

      Hapus
  13. Koq aneh ya...padahal blog saya juga pengaturannya https

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang tau juga saya atau apa karena domainnya sudah diganti pakai com?

      Hapus
  14. Belum pernah dgr dan rasa keenakan jamur ini.. Insyallah jika ada peluang pasti akan merasainya.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jamur / cendawan di masak apapun enak bang

      Hapus
    2. Cendawan semestinya sedap kalau di masak apa jua.. :D

      Hapus
    3. BetoolπŸ‘πŸ‘πŸ‘

      Hapus
  15. Se ve muy rico. Gracias por la receta. Te mando un beso.

    BalasHapus
  16. mushroom!! my all time favourite! will surely try. thank u!! <3

    BalasHapus
  17. udh kebayang ada bau kemanginya, pasti sedap... ditambah lg jamur kesukaanku... hmmm... jd pengen kesitu bawa nasi, hehe

    BalasHapus
  18. Entah kenapa aku kurang suka daun kemangi, mungkin bisa dihilangkan, cukup pakai jamur dan daging ayam saja.πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh kok mas Agus,jadinya ayam jamur.. Tapi memang kemangi yg justru bikin beda.

      Hapus
  19. Aku belum pernah makan ayam jamur seperti ini. Biasanya dimasak terpisah sih. Aku pun juga menyukai jamur. Entah ditumis atau dimasak dengan cara yang lain. Kalau lagi makan di luar sering pesen jamur krispi juga. Saking sukanya jamur..wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan ada jamur dan sedikit ayam di lemari es mas..jadi satuin aja sekalian, yg bikin harum itu justru kemangi-nya, saya juga suka jamur krispi.. kriuk-kriuk πŸ˜„

      Hapus
  20. oh jamur tu cendawan..suka juga cendawan tiram tp lebih suka jenis shitake

    BalasHapus
  21. Aku tau pertama kali jamur tiram pas msh kecil, dimasakin Ama babysitterku, tapi cuma ditumis doang. Dan itu ENAAAAK banget. Sejak itu JD suka mba.

    Skr ini aku juga suka nyetok jamur, tapi biasanya jamur Shitake, shimeji, kuping gajah atau merang.

    Ntr belanja mingguan mau cari jamur tiram deh πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jamur emang enak di masak apa aja mbk Fanny, sehat juga iya, di buat macem" olahan enak banget, jamur tiram juga harganya murah meriah...πŸ˜€

      Hapus