Gurih dan Sedapnya Sate Padang Adi Paten


Mreneyoo.com. Siapa yang gak tau makanan satu ini, rasanya gurih dan sedikit ada pedasnya lada, bumbunya kental dan tak pakai kecap, ada beberapa tusukan daging di bambunya, makanan ini lebih dikenal dengan nama sate atau lebih tepatnya sate padang.

Sate padang Adi Paten, itu nama warung gerobak tendanya, mangkalnya di jalan Sultan Hasanudin no 71 kec.Kangkung Teluk Betung Bandar Lampung, depan ruko-ruko memang banyak warung-warung tenda kalau malam hari.

Setiap malam gerobak Uda Adi Paten ini mangkal di sana, biasanya habis magrib bukanya, kebetulan saya dan suami beli sate padangnya.

Awalnya saya enggak suka sate padang karena gak pakai kecap dan gak ada manis-manisnya, gurih aja, dan bumbunya koq bukan dari kacang pikir saya saat itu πŸ€” maklum dunia kuliner saya saat itu masih terbatas hehe, eh lama-lama koq malahan kepincut dengan rasanya, tak kenal maka tak sayang, ibarat kata pepatah 😁 kalau belom mencoba mana tau rasanya, kalau kata orang Padang mah " lamak  nian " alias sedap sekali, mamamia lezatos 🀀 gitupun saya akhirnya jadi suka sate padang.




Sate padang memang berbeda dengan sate-sate pada umumnya, yang cenderung bercita rasa manis gurih dan biasanya terbuat dari bumbu kacang, tapi sate padang sendiri berbeda bumbunya, terbuat dari bumbu berwarna kekuningan dan sedikit kental dari tepung di tambah bumbu khusus, yang jadi ciri khasnya ada pada bumbunya itu sendiri.




Ada banyak jenis per-satean yang menjadi kuliner di tanah air dengan berbagai cita rasa dan keunikannya, ada sate kambing dengan bumbu kecap, cabe, bawang, ada sate ayam bumbu kacang, sate Maranggi, sate lilit dan sebagainya, rasanya unik dan lezatos semua.

🌸Sarapan bubur ayam Cirebon

🌸Nasi Tutug Oncom

🌸Nyicipin nikmatnya bakso Sony Lampung

Untuk rasa sate padang Adi Paten ini gurih dan sedaap πŸ‘, saya acungin jempol buat rasanya yang memang enak, saya suka karena ada pedas-pedasnya lada, tapi enggak sampai pedas banget yang nyegrak di tenggorokan, tempat berjualan juga bersih dan lumayan rapi.



Maklumi isinya yang belepotan😁

Kebetulan saya beli dua bungkus untuk di bawa pulang, per bungkusnya seharga Rp 25 ribu rupiah aja dengan isi 10 tusuk sate daging sapi dan satu buah ketupat, pokoknya pas kalau untuk satu orang porsinya.

Yang belum pernah saya coba tuh sate maranggi, kebetulan di tempat saya memang jarang ketemu sate ini, mungkin belum ada, kayak apa rasa dan bentuknya belom pernah coba, memang saya harus banyak tau soal kuliner tanah air nih biar gak ketinggalan dari vlogger luar yang sering bahas kuliner negri ini, Demikian sesi kuliner saya kali ini yang gak seberapa, lebih dan kurangnya mohon di maklumi ya 😁 eh kalian sendiri suka sate apa ?





Salam


Posting Komentar

41 Komentar

  1. saya padang memang πŸ‘πŸ‘πŸ‘πŸ‘sebab kuahnya lain daripada yang lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kuahnya bercita rasa gurih dan memang beda dari sate pada umumnyaπŸ‘πŸ‘

      Hapus
  2. kenapa beli sikit sangat? belilah lebih sikit. saya pun nak rasa juga sate ni🀣🀣🀣🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan cuman saya dan suami yang makan berdua saja, wah kalau sis Anies mau nanti saya beli lagi yaa😁

      Hapus
    2. okey. lepas balik kerja saya singgah rumah mreneyoo hahahahahaha

      Hapus
    3. Ok..di tunggu kedatangan nya 😁

      Hapus
  3. hai, salam.. blogger dr Malaysia ke sini... xpernah sampai ke Indo...

    BalasHapus
  4. Pernah cuba yg ad di Malaysia, tp tidak berapa gemar..
    Tp, yg ketupatnya pkai daun tu.. Mmg Linda suka... Di sini, masa hari raya je yg nmpak... Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang suka sate padang yaa,...iya memang temannya pakai ketupat, memang biasanya ketupat di sajikan saat hari raya,tapi ketupat selalu ada tiap hari di sini sebagai teman makan sate.

      Hapus
  5. Ketupat itu saiznya besar kan? Saya pernah lihat saiz yang begitu besar di Palembang.
    Saya pun ingin tahu apa itu sate maranggi. First timer dengar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kupat nya ukuran sedang sih kak....tapi lumayan kenyang di perut saya..sate Maranggi itu sate khas Purwakarta Jawa barat, dari daging sapi atau kambing, biasanya sudah di rendam/marinasi dengan bumbu cukup lama, dan tidak di sajikan dengan bumbu lagi.

      Hapus
  6. paling suka sate kambing sama sate ayam, kalo sate padang belom pernah nyoba sih mbak, yang paling sering makan nasi padang 🀣, tapi rata-rata menu sate gw suka semua sih :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di sana ada gak sate Padang mas Khanif, kalau yg belum pernah nyoba kayaknya kurang cocok, soalnya rasanya gurih dan kuahnya beda, bukan bumbu kecap atau kacang, tapi lama-lama koq enak siih..suka ..wkwkk

      Hapus
  7. Pas mampir ke sini pas ada sate.... td tuh sekalian bawa nasi ya... laper nih jadinya 😁😁😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah beneran nih mas...malem Minggu cocok banget makan sate wkwkkkw

      Hapus
  8. Siempre la he deseado probar. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini sedap rasanya , ayo cobaπŸ˜€πŸ‘

      Hapus
  9. Sate Padang sepertinya ada yang jual disini tapi jarang, hanya ada satu saja seingat ku. Tapi kalo sate Madura banyak mbak. 15 ribu dapat 12 tusuk sate ayam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jarang ada ya mas?...kalau di sini lumayan banyak mas Agus, sedaap lah pokoknyaπŸ‘πŸ˜€

      Hapus
  10. JD dulu aku pernah kedatangan tamu temen kuliah dr Malaysia. Dia aku ajak makan sate Padang di tempat langganan ku mba. Trus pas udah nyoba, dia ngaku kalo pernah makan sate Padang di KL, dan rasanya tak sedap.

    Tapi di tempat langganan ku ini, enaaak memang, dan dia suka..sangat jauh beda Ama sate Padang yg dia coba dulu di KL

    Jadi memang terkadang kalo nyobain sesuatu di tempat yg bulan asalnya, aku pun ga mau LGS percaya. Krn bisa aja itu bukan rasa asli.

    Yg tempat langganan ku walopun di JKT, tapi yg bikin orang Padang merantau. JD msh otentik lah.

    Kalo sate meranggi, favoritku di Cibungur NY yetti. Pernah coba tempat lain, tp ttp aja baliknya ke nya yetti 🀣

    Fav sate lain, sate Pontianak, itu juga uniiik dan enak ❤️❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya biasanya kalau yang jualannya asli dari Padang memang otentik banget rasanya, kalau yang jual bukan dari Padang ya beda resep dan bumbu mungkin ya walau dia jualan sate Padang😁,tetap ada perbedaannya, kebetulan inipun yang jualan orang Padang asli,jadi udah langganan cukup lama dan memang enak sih rasanya menurut aku,.aku belum pernah nyobain sate Maranggi mbak...kepingin juga sate Pontianak kayak apa ,ntar cari tau di gugel apa YouTube 😁😁😁

      Hapus
  11. selain nasi padang ada juga sate padang ya mbaa.. Wenak pasti rasanya. Buat yang ga begitu suka dengan daging rendang kayak aku ini. Sate padang solusi yang tepat kwkwk. Harganyaa murah dong 10 tusuk daging sapi cuma 25k, plus lontong pula.

    Bikin artikel kuliner kayak gini aja udah bagus mbaa. Huhu semangat yaa, di tunggu review kuliner yang lainnya. Yang khas, otentik dan beda dengan yang lainnya. gaskeun

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ada mbak...ga kalah enaknya ama rendangπŸ˜€ murah meriah mantul...hati senang perut kenyang wkwkk..

      Iya kebetulan lagi beli" jajanan,kenapa enggak di jadiin postingan aja, bis suka kehabisan ide nulis mau ngapain lagi, kulineran begini juga bisa di jadiin salah satu postingan 😁

      Hapus
  12. iya bumbu kuahnya memang beda
    saya biasanya beli sama abang-abang gerobak keliling

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...kuahnya yang bikin sedap dan gurihπŸ‘

      Hapus
  13. Berbeza rupa sate padang dengan sate di Malaysia πŸ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda ya kak, saya belum tau sate di sana seperti apaπŸ˜€

      Hapus
    2. Kalo sate Malaysia dia cendrung udah dibumbui satenya mba. Jadi dimakan gitu aja udah bisa sbnrnya. Tapi ttp ada saus kacang. Aku ga pernah liat saus lain selain kacang di sana. Dagingnya juga biasanya ayam, kambing dan sapi.

      Hapus
  14. Saya tidak pernah cuba sate padang. Di KL ada dijual rasanya. Di tempat saya, enggak ada.
    Sate di sini, biasanya bersama kuah kacang. Makanan kegemaran saya, sate. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sate yang umum biasanya di sinipun pakai kuah /bumbu kacang seperti sate ayam, tapi sate padang memang kuahnya bedaπŸ˜€

      Hapus
  15. Sate Padang memang enak sekali pernah cuba di Indonesia dan juga yg ada di Malaysia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, yang bikin beda itu kuahnya ..gurih agak sedikit pedas πŸ‘

      Hapus
  16. sate padang punya ciri khas tersendiri dibandingkan dengan sate-sate lainnya. Aku juga suka sate padang. Terutama bumbunya. Uniknya bumbunya selalu dipanasi pakai arang sehingga ketika disajikan akan terasa hangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naah pan enak ya mas Vai...memang bumbunya beda, yang justru bikin sedap itu si bumbunya, kalau daging nya memang sudah gurih alias sudah di bumbui juga.

      Hapus
  17. Jadi nelen ludah gara-gara lihat fotonya mbak 😁
    Kalo disitu bumbu sambelnya kayaknya agak kecoklatan ya, kalo di tempatku ada yang jualan sate padang tapi kuahnya beneran kaya kuah kari yang kental warna kuning itu. Rasanya kayak yang mba heni bilang beda dari sambel sate pada umumnya kayak kacang sama kecap. Kalo di saya kayaknya kurang cocok, tapi siapa tau ketemu penjual sate padang lainnya saya bisa cocok 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tertarik sama fotonya yang belepotan ya mas 😁 Wah lebih suka sate bumbu kacang dan kecap ya mas...emang awalnya saya juga ga suka karena koq gurih tok, gak ada manis-manisnya,eeh lama"di rasa koq jadi suka ..wkkww

      Hapus
  18. Sate padang...saah satu makanan favorit saya Mbak.
    Dulu masih kerja di Bekasi, saya punya langganan. Sate racikannya enak banget.
    Sekarang di Sukabumi saya belum menemukan pedagang sate padang yang benar-benar seenak yang di Bekasi dulu.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka sate padang juga ya pak....awalnya saya gak suka..eeh lama-lama koq jadi suka hahaha...

      Hapus
  19. Kalau sate padang gitu murni daging aja atau jeroan ya mbak? Beberapa kali penasaran tapi ada yg bilang campur jeroan jadi belum benar-benar pingin nyoba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo langganan saya ini sih murni daging aja mbk...gak tau juga kalo pedagang sate Padang yang lain...soalnya saya juga gak makan jeroan sii

      Hapus