Oseng Bunga Pepaya No Pahit


Mreneyoo.com. Bunga Pepaya memang enak buat di buat oseng atau tumisan, namun banyak orang kurang suka karena masih terasa pahit, barangkali karena pada saat pengolahannya kurang maksimal sehingga masih terasa pahit saat di makan.

Kali ini saya memasak oseng bunga pepaya, kebetulan satu rumah suka semua, termasuk anak bujang saya, apapun yang di masak emaknya selalu dia makan, walau mungkin ada rasa kurang cocok di lidahnya hehe..soalnya saya selalu bilang, makan sayur apa saja, biar sehat, termasuk tumis bunga pepaya.


Bahan-bahan :

* Bunga pepaya secukupnya 1/2 kg

* Bawang merah 8 siung uk sedang

* Bawang putih 2 siung

* Cabe merah campur sesuai selera

* Teri medan secukupnya

* Asam jawa 2 ruas ibu jari.

* Minyak untuk menumis 

* Air untuk merebus bunga pepaya

* Garam secukupnya

* Gula pasir secukupnya


Bunga pepaya rebus, asam Jawa, teri medan

Di sini saya menggunakan buah asam jawa. Kegunaan dari buah asam Jawa sendiri untuk menghilangkan rasa pahit pada bunga dan daun pepaya, jadi kalau mau masak sayuran ini bisa menggunakan buah asam jawa, saya menggunakan asam jawa yang lunak, bukan asam kandis yang keras.

Cara mengolah :

Bersihkan bunga pepaya, buang batang yang keras, cuci bersih dan rebus dengan memasukkan buah asam Jawa tadi, rebus tapi jangan sampe hancur ya, angkat dan tiriskan rebusan bunga pepaya tadi / keluarkan airnya dan peras.

๐ŸŒผ Resep ayam jamur kemangi

๐ŸŒผ Nasi Tutug Oncom

๐ŸŒผ Sambel kentang pete & oseng pare

Iris semua bumbunya dan goreng ikan teri medannya, sisihkan.

Tumis semua bumbu nya sampai harum dan matang dan masukkan bunga pepaya tadi, tambahkan sedikit air saja, masukkan garam dan gula pasirnya sebagai penajam rasa, kebetulan saya enggak pake penyedap rasa, aduk hingga tercampur rata dan matang, terakhir jika sudah agak sedikit kental masukkan ikan teri medan yang sudah di goreng, aduk rata lagi, angkat dan sajikan.

Demikian resep sederhana oseng bunga pepaya yang enggak terlalu pahit rasanya, karena asam jawa sendiri dalam proses merebus tadi menghilangkan rasa pahitnya, rasa oseng pepaya ini enak, pedas dan gurih ada manisnya dikit, dan pahit dikiiiit, makan pakai nasi hangat dan lauk simpel aja udah enak loh, selamat mencoba.




Salam


Posting Komentar

39 Komentar

  1. banyaknyaaaaa bunga betik! ni mesti banyak pokok betik sekeliling rumah...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ada pohon pepaya di rumah,itu beli di pasar bunganya๐Ÿ˜

      Hapus
    2. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜
      bagusnya laa yang jual bunga betik ni... sebab bagi orang lain idea untuj memasak macam ni๐Ÿ˜€

      Hapus
  2. ooo teri medan tu rupanya ikan bilis halus ya...saya sangkakan ia sejenis sayur๐Ÿ˜ seperti taugeh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mungkin mirip ikan bilis kalau di sana, asin rasanya๐Ÿ˜€

      Hapus
    2. berapa Rp untuk sekilo tu? kalau murah nak juga saya beli nanti kalau datang jakarta

      Hapus
    3. Kalau di sini saya beli 1/2 kg sekitar 20 ribu rupiah sis

      Hapus
  3. Saya kurang suka sama oseng bunga pepaya karena memang rada pahit. Dan kayaknya yang masak melewatkan kegunaan asam jawa itu, hehe. Dan biasanya menu ini ada pas lagi ada puputan. Biasanya saya suka nyobain sedikit dan tetap aja kurang suka haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo emang dasarnya ga suka pait pasti gak suka ya mas hehehe..tapi yang ini pake asem Jawa ngebantu banget ngilangin paitnya apalagi ada campuran teri medannya๐Ÿ‘.

      Hapus
  4. Mak saya pernah masak sayur bunga betik (di Malaysia pepaya dipanggil betik), memang sedap rasanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..kalo pandai mengolahnya rasa pait agak berkurang.

      Hapus
  5. linda tak reti makan bunga papaya...tp kalau buah papaya muda, ditumis cili padi, yang itu sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tumis pepaya muda juga enak ya sis๐Ÿ‘

      Hapus
  6. Saya suka rebus bunga betik atau pucuk mudanya sebelum diolah tapi suami tidak suka hilang pahitnya. Jadi, saya pun ikut saja keinginannya. Walaupun pahit tapi katanya itu obat. Saya pun sekarang sudah terikut-ikut masak begitu. Memang pahit, tapi setiap kali makan membayangkan manfaat pahit untuk kesihatan. Akibatnya sudah tidak rasa kepahitan ya sewaktu makan! Malah ketagih mahu makan lagi dan lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Amie,ada juga orang yang justru suka pahit-pahitnya, baik buat kesehatan, walaupun ada rasa pahit " justru menambah napsu makan , sayapun masih suka yg ada rasa pahit"nya,berhubung anak ikutan makan, jadi agak di kurangin rasa pahitnya

      Hapus
  7. kami tak pernah makan bunga papaya.. biasanya pokok papaya jantan kami cabut :((

    BalasHapus
    Balasan
    1. Buat yang suka, enak rasanya sis....sedikit pahit tapi๐Ÿ˜€

      Hapus
  8. Bunga betik, masakan yang belum pernah saya makan. Kategori masakan unik ni ๐Ÿ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, ini bunga paya, emang agak sedikit pahit,tapi enak bagi yang suka pahit.

      Hapus
  9. Gracias por la receta. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, sama-sama, terimaksih sudah berkunjung.

      Hapus
  10. Berarti buah asam Jawa itu yang menghilang kan rasa pahit pada bunga pepaya ya mbak. Buah asam Jawa itu namanya blimbing wuluh bukan sih mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan mas Agus, asam Jawa itu yang dari pohon asem,kalo dari blimbing wuluh itu gak tau jenis asem apa..ya asem blimbing wuluh itu mah๐Ÿ˜

      Hapus
    2. Oh iya, asam Jawa yang kulitnya coklat itu ya. Tetangga juga ada yang tanam. Kalo buahnya tua rasanya enak manis asam asin rame rasanya.

      Eh itu mah iklan nano nano ya.๐Ÿ˜‚

      Hapus
    3. Nah iya itu, yang ada biji warna coklat, emang rasanya enak, kalo cocol garem gula,jadi permen asem ๐Ÿ˜

      Hapus
  11. Saya tidak pernah makan bunga betik, walaupun pernah baca, bagus dibuat ubat.
    Menarik resepinya, untuk dicuba.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya silahkan di coba sis, buat penggemar makanan oseng bunga paya / betik pasti tau manfaatnya.

      Hapus
  12. Wah saya justru suka yang pahit
    sepiring penuh bisa abis sendirian

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini enggak terlalu pahit koq mas..sudah di rebus pakai asam Jawa...enaaak

      Hapus
  13. Aku itu salah satu penyuka makanan pahit kayak bunga pepaya/kembang kates ini. termasuk pare, daun pepaya, dan yang lainnya juga suka. Kalau makan kayak gini biasanya bisa nambah nasi..wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Vai yang ada pait"nya dikit itu justru nambah nasi lagi ya ๐Ÿ˜๐Ÿ‘

      Hapus
  14. cara ini bisa ngilangin pahitnya ya mbak? luar biasa...

    BalasHapus
  15. Duluuu pas masih ada asistenku yg tugasnya masak, dia sering bikin sayur ini. ENAAAAK, pahit dikiiit tapi pedeees. Skr aku ga pernah bikin Krn yg suka cuma aku. Males jadinya ๐Ÿ˜‚. Kalo kangen, mending pesen dari resto menado langganan.

    Memang enaak bunga pepaya Mbaa.. apalagi kalo dimakan Ama sambel terasi. Manteeep๐Ÿคค๐Ÿคค❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..ini gak pait,cuman pait dikiiiit banget, gak ada paitnya justru gak enak, pait"yang bikin selera makan nambah lagi๐Ÿ˜...
      Emang enak kalo pake sambel terasi...gak bisa brenti makan๐Ÿ˜†๐Ÿ‘

      Hapus
  16. Satu resepi yang belum lagi saya cuba

    BalasHapus