Kacamata



Mreneyoo.com.  Pagiii,....masih kuat kan puasanya ? Harus doonk, baru juga empat jam,  semangaat πŸ’ͺ. Sebagai pengguna kacamata yang sudah cukup lama, kebetulan sekarang mata saya udah + dua, barangkali juga karena kebiasaan saya selalu membaca dalam ruangan yang lampunya redup di kamar yang cukup lama.

Awalnya sekitar dua tahun yang lalu saya cek mata saya lagi yang ke dua kali karena setiap membaca tambah kabur dan tulisan keliatan numpuk dan berbayang, kalo gak salah pas di periksa, mata saya udah + 2 buat yang kanan dan 1,7 untuk mata kiri.

Akhirnya gantilah lensa kacamata saya yang sekian tahun bersahabat dengan saya dengan lensa baru yang bisa di pakai untuk outdoor dan indoor dan berubah warna jadi gelap, lensa photocromik kalo gak salah,  sebelumnya saya pake lensa bening biasa.

Alhamdullilah selama dua tahun ini semenjak ganti lensa kacamata yang baru, kalo pas baca jadi terang benderang dan tulisan jadi mudah di baca, gak kayak sebelum pakai, mata harus di kriyep-kriyepin karna huruf ga jelas.

Sebulan kebelakang mata kiri saya agak bermasalah, sedikit panas dan pegal, kalau melihat tulisan yang agak jauh saya sering memicingkan mata.

Ketahuannya saat lagi nonton layar tv, biasanya saya selalu nonton atau ngenet pake hape, itu pan jarak dekat, jadi ya gak berasa ada yang aneh, pas liat layar tv yang berjarak sekitar tiga meteran baru keliatan kalau mata saya bermasalah.

Saya berusaha fokus menatap tulisan di layar tv dengan memicingkan mata supaya jelas, tapi koq rada blur tulisannya, kalo gambar sih masih lumayan ok lah, hanya untuk tulisan dan angka agak sedikit blur, liat kalender juga sama aja, ngeblur juga.

Saya mencoba nutup mata kiri saya dengan telapak tangan, mata kanan saya masih bisa melihat tulisan di layar tv, sebaliknya saya menutup mata kanan saya, dan hasilnya mata kiri saya blur, tulisan dan angkanya gak jelas, wah yakin banget berati mata kiri saya emang bermasalah 🀦.

Padahal saya termasuk paling malez pake kacamata, kecuali untuk membaca karena emang gak kliatan, ndalalah koq kenapa mata kiri sekarang justru ikutan blur. Kemungkinan kebiasaan saya membaca lewat hape dalam keadaan lampu yang redup selama bertahun-tahun bisa jadi salah satu penyebabnya.

Saya memang belom sempat cek mata saya ke optik lagi, barangkali memang harus segera periksa mata kiri saya, takutnya emang beneran minus.

Dulu-dulu semasa masih umur belasan tahun, saya menganggap orang yang berkacamata itu pinter dan keren kayak Superman sebelum terbang dan berganti pakaian, dia pan orang biasa dan berkacamata, sumpah keren beud liatnya, dasar jiwa kanak-kanak saya yang suka menghayal.

Setelah saya memakai kacamata selama lebih dari tujuh tahun, ternyata mindset saya berubah, kacamata saya jadi suka ngembun kalo cuaca lagi gerah, bentar-bentar ngelap kacamata, bentar-bentar membetulkan posisi kacamata yang sesekali melorot karena keringetan, sampe batang hidung saya agak sedikit gelap dan membekas, kalau membaca dan menatap layar hape kelamaan kepala suka pusing.

Mau pake softlens agak ngeri-ngeri juga, soalnya belom pernah coba samasekali, takut saya gak telaten membersihkan dan malah infeksi, kan tambah berabe.

Ya sudahlah, sekarang memang rasanya saya perlu cek lagi ke optik buat memastikan gimana keadaan mata kiri saya yang agak burem, apakah tetap pakai kacamata yang selama ini setia menemani atau perlu pakai kacamata baru lagi, hikks....

Makin ke sini tambah banyak keluhannya, sekarang malah mata kiri yang mulai blur 😩, padahal maunya saya kalo bisa gak usah pake kacamata, biar mata saya tetap terlihat indah seperti bola pimpong, tapi kayaknya nya gak mungkin....ya sudahlah, jaga mata, jaga hati, jaga mulut dan jaga diri dari pengaruh buruk, selamat berpuasa.




Salam

Posting Komentar

24 Komentar

  1. Mungkin sudah faktor umur juga mbak makanya mata kiri juga ikutan blur, ditambah suka baca dalam remang-remang.

    Kalo aku baca di hape sih ga masalah, cuma kalo jarak jauh justru kurang jelas. Mungkin kena rabun jauh kali ya, tapi belum pernah periksa ke dokter mata.

    Tapi anehnya kalo ada duit jatuh di jalan kok bisa lihat ya biarpun jauh.πŸ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya faktor u gak bisa boonk😁tapi ini juga mata kiri gak bisa liat jauh..jadi dobel"...saya juga kalo liat yg warna merah dan biru tetep bisa kliatan wkwkk.

      Hapus
    2. Pernah lagi naik motor lihat duit biru di jalan mbak, celingak-celinguk lihat ngga ada orang, ku ambil lumayan buat jajan.😁

      Sampai rumah mau buat belanja. Sudah sampai warung beli telor sama ikan. Pas diliat mau bayar, eh ternyata duit 50 ribu mainan.😭

      Hapus
    3. Kasiman 🀣....emang sih sepintas mirip banget ya duit mainannya kek duit betulan...dalem hati alhamdullilah dapet rezeki...gak taunya zonk😁...syukur duitnya ga di kasih benang, pas di ambil duitnya kaburπŸ˜†

      Hapus
  2. Saya juga begitu, makin ke sini makin ke sana
    mau periksa mata lagi, rasanya malas
    maklum tanggal duit, yang pasti lensa dan frame kacamata minta baru lagi hehe
    ah yang penting, bersyukur saja dah. semakin sambat, justru semakin pening
    tapi kalau lihat duit, mata cerah seh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...bersyukur aja ya....kalo sambat terus malahan jadi puyeng, dimana-mana kalo liat duit jadi sehat lagi hehe.

      Hapus
  3. Saya bertahan di + 1,5 nih Mbak.
    Saya memakai kaca mata hanya saat baca saja. Kiri kanan mata saya sama ukurannya, jadi mudah beli kacamata gak perlu ke optik.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah saya karena kiri dan kanan beda pak..mau gak mau harus ke optik buat menyesuaikan ukuran lensanya.

      Hapus
  4. kalo memang harus segera cek ke dokter gak usah di tunda lagi mbak, kesehatan mata adalh jendela dunia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas..soalnya kalo baca huruf agak jauh keq ngebayang sih..emang harus cek mata.

      Hapus
  5. faktor usia barang kali
    penglihatan kita semakin berkurangan
    saya walaupun tak pakai spec
    tapi kadang kala nak menjahit
    lubang jarum tu nampak samar-samar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyalah, gak bisa di pungkiri mata semakin banyak gangguan karena faktor usia dan pengaruh luar juga iya.

      Hapus
  6. Sama laa kitaaaaa
    rasa ngeri tengok orang pakai lens
    apatah lagi kalau sendiri yang pakai
    eee... idok laa sayaaa
    walaupun cantik mata biru...
    heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak kasus mata menjadi infeksi karena gak rajin membersihkan soft lens, kulit coklat mata biru..aduhai 😁

      Hapus
  7. Kulit coklat mata biru ini banyak dijumpai di Lamno salah satu daerah di Aceh mbak πŸ˜„. Krn dulu di sana banyak peranakan Portugis dengan orang Aceh. Makanya sampai skr masih ada ditemuin Orang2 berkulit coklat tapi matanya biru ❤️. Cantik2 mereka.

    Mataku juga minus parah hahahahhaha. Ini udh lama ga cek , dan aku yakin udh nambah minus, Krn kacamata yg skr udh mulai kabur. Hahahaha. Ntar deh, paksa suami ke optik, cek ulang mata 🀣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eh iya juga sih pernah liat di YouTube ada salah satu desa di Aceh yang warganya bermata biru karena peranakan orang Portugis, emang cantik"ya, kulitnya coklat tapi matanya biru 😁.

      Iya mbk..kalo gak di cek tar makin ngeblur hehehe

      Hapus
  8. same !! zaty jenis tak suka pakai kacamata even i need it because i think i look better without glasses XD nak pakai lense pun takut. so sometimes tu jadi blur hahahahah XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..kalo pakai kacamata tuh nampak terlihat serius wajahnya hehehe...

      Hapus
  9. mata ldy pun semakin kabur.. rsnye perlu ditukar kacamatanya.. bila tua2 ni dah ada rabun jauh dan dekat.. ditambah pula masalah silau.. huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya , tambah umur tambah masalah pada penglihatan, memang harus lebih peduli dengan kesehatan sis.

      Hapus
  10. Hanya yg pakai spek mata sahaja tau susah senang memakainya hihii

    BalasHapus