Buat Kue Lebaran


Mreneyoo.com. Sabtu pagi kemarin saya lagi sibuk, sibuk bikin kue lebaran, lumayan capek tapi puas dan dapet empat toples bundar yang bening, dua toples chocochips cookies dan dua toples nastar.

Bahan-bahan untuk kue udah lengkap, memang gak akan buat banyak-banyak, yang penting toples ada isinya 😁, dari satu kilo tepung terigu nya itupun masih tersisa, gak saya habisin semua, udah keburu teler, auus.

Mulai start bikin kuenya dari jam sebelas siang dan selesai hampir jam lima sore 😩karena buat sendiri jadinya lumayan lama, lama bikin adonan, lama bulet-buletin kuenya dan lama ngovennya, tapi alhamdulilah bisa selesai juga.





Tadinya gak kepikiran bakalan buat kue sendiri, karena hampir tiga tahun berturut-turut selalu beli, dan baru tahun ini iseng kepingin buat sendiri, yah walaupun udahnya pinggang saya pegel semua karena kebanyakan bangun duduk hehehe.

Untuk resep dan bahan dasar kuenya dari satu adonan bisa jadi dua macam kue, setengah adonan saya buat kue nastar dulu dan separuhnya sisa adonan saya buat kue coklatnya.

Bahan dan resep kue nastar dan coklat :

* Tepung terigu protein sedang 500 gram.

* Kuning telur 5 butir.

* Margarin 400 gram.

* Gula halus 200 gram.

* Susu bubuk Dancow 2 sachet kecil. 

* 2 sachet minuman serbuk coklat merk apa saja, saya pakai merk chocolatoz di minimarket.

* 1 bungkus butiran coklat chocochips.

* Selai nanas yang sudah di buat sebelumnya.

Cara membuat :

Kocok sebentar margarin dan gula halusnya hingga lembut, bisa pake mixer atau kocokan tangan biasa, jika sudah lembut masukkan kuning telur nya kedalam adonan tadi dan kocok lagi hingga tercampur rata, gak perlu lama-lama, yang penting tercampur rata.

Kue nastar dan cara membuatnya :

Ambil setengah adonan di atas tadi dan masukkan tepung terigu 250 gram/ setengahnya yang sebelumnya sudah di campur dengan dua sachet susu bubuknya, campur dan uleni hingga merata secara perlahan dengan tangan.

Oleskan loyang dengan sedikit margarin tipis dan rata, panaskan oven selama 10 menit dengan api kecil jika pakai kompor dan panas 140 derajat jika menggunakan oven listrik, di sini saya menggunakan oven listrik.

Buat bulatan kecil adonan dan pipihkan dan masukkan selai nanasnya satu persatu sampai habis, dan taroh di atas loyang, lalu oleskan dengan kuning telur pada bagian atas kue nastarnya, panggang kue nya sambil sering di lihat, jika sudah matang angkat dan dinginkan kue.



Kue chocochips dan cara membuatnya :

Sisa dari setengah adonan di atas tadi tambahkan dengan sedikit gula halus sebanyak 4 sendok makan gak full, di gunakan untuk membuat resep kedua, yaitu kue chocochips. Sebelumnya sisa tepung terigu yang setengahnya 250 gram campurkan dengan 2 sachet minuman serbuk coklatnya.



Campurkan sisa adonan dengan tepung terigu yang sudah di campur minuman serbuk coklat tadi secara perlahan dan aduk merata hingga kalis dan buat bulatan kecil di atas loyang yang sudah di oles dengan mentega tipis-tipis.

Setelah bulatan kue coklat tadi di letakkan di atas loyang, pipihkan perlahan dengan menggunakan garpu supaya ada corak garis dan letakkan tiap bulatan dengan 2 buah chocochips di atasnya, panggang sampai matang dan sering-sering di awasi supaya gak mutung, jika sudah matang segera angkat dan dinginkan kue kering nya.

Nb : jika sudah dingin masukkan kue kering kedalam toples dan tutup rapat, selamat mencoba.




Salam.






Posting Komentar

34 Komentar

  1. tuuu diaaaa
    sedapnyaaaaa kuih mreneyoo
    ni yang rasa tak sabarrrrrr nak datang berayaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayook datang ke rumah saya sis Anies, di tunggu 😁.

      Hapus
    2. jangan cakapppp...
      nanti saya datang betul2
      tau2 je dah muncul depan pintu
      kalau pura-pura pengsan... siap laa mreneyoo yaaa
      hahahaha

      Hapus
  2. cantikkkk je dia susun chocochip atas biskut....
    gerammm je kita tengok ni
    haihhh nasib baik laa jauh
    kalau dekat lepas berbuka saya datang makan sekeping
    hahahaha

    mreneyoo tak ada siapa tolong buat kuih ke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cantik dan lucu khan kue" coklatnya 😁..saya buat kue sendiri saja, tak ada orang di rumah, saya si penguasa dapur 🀭.

      Hapus
    2. kalau cantik macam ni
      bolehlah jual kat shopee ;-)

      kalau macam tu ramadan tahun depan saya datang tolong buat kuih
      upahnya cuma segelas oren sejuk di tengah hari
      hahahahaha

      Hapus
    3. Wah terlalu tinggi kalau jual ke shopee πŸ˜†....moga ramadhan tahun depan masih jumpa lagi yaa...buat kue lagi πŸ˜€

      Hapus
  3. buat sendiri lebih jimat cuma penat skit la

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...hemat dan bonus badan penat hehe...

      Hapus
  4. best... seronok sebenanrnya kalau ade xtvt buat kuih ni... ldy dulu2 waktu kecik shj buat skrg sejak dh kawin mmg xsentuh langsung .. bila anak dh besar br perlu buat balik untuk cipta kenangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..memang rasanya puas banget bisa buat kue"hari raya sendiri, yah walaupun badan ada capek-capeknya.. hihi...

      Hapus
  5. udh buat kue lebaran apa nanti ga kelamaan mbak pas lebaran, takutnya di makan anak-anak duluan 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah di pisahin mas Khanif, yg buat tamu sama buat sendiri 😁

      Hapus
  6. Siap juga akhirnya. Mesti rasa puas hati dapat bikin sendiri kuih rayanya kan Heni.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Amie, puas hati bisa buat kue sendiri πŸ˜€

      Hapus
  7. Pasti puasanya tidak terasa...sibuk bikin kue, pas selesai udah mau buka puasa.

    Cepat yah bikin kue lebarannya. Biasanya dibuat jelang lebaran. Kalau masih lama, keburu habis dimakan sedikit2 baru lebaran😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak kerasa mas.. tau "udah sore aja masak di dapur seharian hehe.
      Kalau buat kuenya terlalu mepet takutnya gak keburu mas..soalnya saya buat sendiri,gak ada orang di rumah yg bisa bantuin..aman deh kuenya udah di pisahin 😁

      Hapus
  8. Puas hati bisa buat sendiri kue lebaran

    BalasHapus
  9. Memang jenuh buat. Saya dapat rasa kepenatan Puan Mreneyoo.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis...karena di rumah tak ada orang, hanya saya sendiri yg perempuan, tak apalah yang penting toples ada isinya hehe...

      Hapus
  10. Ricas pastelitos. Te mando un beso y gracias por la receta.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya , ini hanya resep kue simpel saja, terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  11. Balasan
    1. Iya sis..hanya buat yang simpel-simpel aja .

      Hapus
  12. Faham, memang penat buat kuih raya ni, lagi-lagi kita buat seorang.
    Rajin, Mreneyoo buat kue. Jimat dan puas hati, buat kue sendiri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis, terasa penatnya kalau buat sendiri,tapi hati puas, lumayanlah dapat empat toples πŸ˜€

      Hapus
  13. Kalo disuguhi kayaknya aku makan kue nastar lebih dulu, soalnya enak.πŸ˜‹

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya rata"pada demen kue nastar, mungkin karna ada isi selai nanas di dalamnya ya πŸ˜€πŸ‘

      Hapus
  14. MaasyaaAllah... dah buat kue lebaran.
    Nastar dan kukis coklat tu kue paling larissss.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..nyicil duluan biar gak kecapean, kalo dadakan udah keburu repot πŸ˜€

      Hapus
  15. simpan sikit kuih untuk zaty boleh tak hehehehehe. meriah betul!! suka tengok orang buat kuih raya ni sebab family zaty jenis tak rajin buat kuih. kalau nona tu rajin la tapi itu la tahun ni dia tak ada di malaysia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya nanti saya pisahin kuenya buat Zaty ya πŸ˜€...kebetulan sudah cukup lama tak buat kue sendiri, kali ini buat lah....wah nona juga rajin buat kue ya?

      Hapus