Buat Selai Nanas Rumahan


Mreneyoo.com. Puasa masih sekitar dua minggu lebih, tapi saya sudah selesai buat selai nanas persiapan kue lebaran nanti, rajin banget ya:D, soalnya beberapa kali beli kue nastar dengan harga yang terbilang enggak murah, tapi selai nanasnya gak memuaskan lidah, kayaknya bukan selai home made, tapi selai nanas botolan gitu, makanya rasanya kurang nampol, capek sedikit enggak apalah asal kue nastar nya enak. 

Terakhir kali buat kue-kue lebaran kalo gak salah tahun 2019 yang lalu, hemm udah cukup lama saya gak buat kue sendiri, seringnya beli kue yang di tawarin temen-temen, apalagi semenjak ada covid, dua tahun lebaran gak berasa sama sekali, gak bisa ngapa-ngapain, ada kue pun rasanya percuma, gak ada tamu yang datang, masih ngeri-ngeri.

Kemarin hari Minggu saya iseng buat selai nanas sendiri, udah beli nanasnya dua buah yang cukup manis dan segar.

Kebetulan anak juga demen banget dengan kue nastar bikinan emaknya sendiri, soalnya lebih enak dan lezat, pan di buat dengan perasaan cinta, asiiik.

* Makan siang di Bebek Kebon Jati.

* Oseng Genjer dan Bandeng presto.

* Kue Sengkulun ubi ungu.

Mengingat sekarang kue-kue lebaran yang di jual harganya lumayan mahal dan menguras kantong, tapi kadang rasanya gak terlalu istimewa, iya ada juga sih yang enak tapi harganya udah gak masuk akal, untuk toples bulat standar yang paling isinya tiga-empat lapis / susun aja ada yang di jual di harga Rp 75 ribu  sampai Rp 125 ribu per toples ๐Ÿ˜ฉ, paling murah kisaran Rp 65 ribu rupiah, itu udah kualitas sedang, untuk harga di bawah itu saya enggak tau, memang kualitas bahan gak bisa bohong.

Jadinya buat menghemat pengeluaran makanya emak yang satu ini muter otak, supaya tetep ada toples lebaran, pan duitnya gak cuman buat kue aja, tapi juga buat keperluan lainnya, dengan rasa yang enak tapi gak menguras kantong kelewat dalem, jalan satu-satunya adalah buat kue sendiri, lagian katanya kue nastar buatan saya cukup enak : D

Bahan Selai Nanas:

* 2 buah nanas ukuran sedang / besar.

* 1/4 kg gula pasir + merah 1 buah uk kecil.

Cara membuat :

Bersihkan nanas dan cuci sampai bersih, parut buah nanas sampai habis, sebelumnya bonggol atau bagian tengah nanas yang keras sudah di buang dulu.





Masak parutan nanas dengan menggunakan teplon, masukkan gula pasir dan gula merahnya, aduk perlahan dengan api sedang, sering di aduk supaya parutan nanas enggak mengering, jika sudah mulai matang dan berubah warna dan mengental matikan api kompor, biasanya durasi memasak selai nanas sampai matang sekitar 45-60 menit, tergantung kadar air nanasnya.

Sebaiknya dalam membuat selai nanas pilihlah buah nanas yang sudah cukup matang dan memakai gula murni tanpa pengawet atau pemanis buatan supaya selai nanasnya awet dan tahan lama, jika sudah dingin simpan selai nanas yang sudah jadi dalam wadah kedap udara dalam lemari pendingin bila belum mau membuat kue nastar pada hari itu juga.

Jika sudah siap membuat kue nastarnya tinggal keluarkan selai nanasnya dan bentuk bulat-bulat sebagai isian, selamat mencoba.




Salam

Posting Komentar

35 Komentar

  1. Parece unos platos muy ricos. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini selai nanas or pineapple jam...thank you

      Hapus
  2. mahu dibuat tart nenas nya?? di Malaysia kita panggil tart nenas...linda pun masih mikir nak buat kuih apa nie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..mau di buat kue nastar or tart nanas ?...yang penting sudah ada selainya.

      Hapus
  3. Akhirnya tahu juga cara bikin Selai Nanas. Ini tuh kayak proses bikin wajik ya Mbak, mirip-mirip gitu. Dulu banget Ibuk pernah bikin wajik sirsak dan prosesnya kurang lebih sama. Cuman hasilnya lebih kalis aja, biar gampang dibentuk sama dibungkus kertas wajik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sepertinya mirip mas..mungkin ada tambahan tepung ketan gak kalo buat wajik?...saya suka wajik soalnya tapi belom pernah liat kalo buat secara langsung.

      Hapus
  4. yeayyy rumah mrneeyoo ada tart nanas tahun ni
    boleh datang beraya nanti
    hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh banget doonk dengan senang hati ๐Ÿ˜,di persilahkan datang.

      Hapus
    2. kalau tak dapat datang boleh hantar tart nanas melalui parcel...
      hahahahahaah

      Hapus
    3. ๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

      Hapus
  5. lebihan jem nanas ni boleh makan dengan roti bakar
    waduhhh sedapnyaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah tu betul banget, oles di roti..nyam-nyam ...

      Hapus
    2. then dicelup ke dalam kopi o pekat lagi panas waduhhhhh
      cepat sikit azan maghribbbbb

      Hapus
    3. BTW, kalau di sana 1 bekas tart nanas tu, berapa kuantiti dan harganya?

      kalau di sini 1 bekas, antara 40-50 keping. harga sekitar RM25-RM40. depends pada penggunaan butter. lagi mahal butter, lagi mahal tart nanasnya

      Hapus
    4. Hampir sama sis..isi satu toples sekitar 40 lebih, harga pertoples tergantung kualitas, kalau kualitas yang bagus harga sekitar 75 ribu sampai 125 ribu rupiah, hampir sama juga dengan di sana seperti nya.

      Hapus
  6. Selamat bikin tart inti jem nanas.
    Saya suka makan tapi hendak buat sendiri perlu ada teman yang mau nolong hihihii.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Malam kak Amie...repot ya kak kalo tak ada yang bantuin masak kue "nya ๐Ÿ˜

      Hapus
  7. sedapnyaaa tart nenas!! mood raya betul ni heheheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..persiapan buat kue raya, kan kalau sudah ada selai nanasnya tak repot lagi ๐Ÿ˜

      Hapus
  8. Kalau di keluargaku, beli jajan lebaran yaa untuk dimakan sendiri. Kalau ada tamu ya tetap disuguhkan, tapi prioritasnya tetap untuk dimakan sendiri. Kebetulan keluargaku suka kumpul jadi jajanan buat camilan.

    Pernah beli nastar tapi rasanya tidak sesuai ekspektasi. Sedikit nyesel sih, tapi mau gimana lagi. Tinggal dinikmati saja :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya aku buat bbrpa toples, sebagian udah aku pisahin buat cemilan sendiri, yang sebagian pisahin buat tamu, biasanya kalo lagi lebaran justru agak eneq..ntar. Udah semingguan abis lebaran baru mulai nyemilin kue lebarannya .

      Iya aku juga beberapa kali beli tapi kurang pas aja, emang lebih enak buat sendiri walopun capek hehe.

      Hapus
  9. wah mbak bisa buat kue lebaran sendiri jadi irit nanti pas lebaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Khanif,tinggal buat aja,kalo beli lebih mahal, mending buat sendiri bisa jadi banyak.

      Hapus
    2. iya juga sih, coz sekarang jajanan lebaran mahal-mahal ya mbak, tapi untunglah gw belom memikirkan itu sih mbak, yang beli masih ortu, tar tinggal makan aja ๐Ÿคฃ

      Hapus
    3. Iya lumayan mahal mas, kalo beli paling cuman dapet tiga toples,kalo buat bisa lima toples, pan lumayan selisihnya hehe.

      Hapus
  10. rajinnye sis buat kuih.. ldy belum terfikir untuk buat atau beli ape2 lagi setakat ni... huhuhuhuhu.. takut sgt menghitung hari untuk aidilfitri.. bimbang sgt sedih yg tak mampu dikawal.. sebab arwah ayahanda ldy meninggal setelah bbrp hr aidilfitri, begitu juga arwah ayah mertua.. bila sampai aidilfitri je rasa hiba dan sedih yg teramat..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena setiap beli kue gak sesuai ekspektasi sis, lagipula harga lumayan tinggi, tapi masak kue sendiri memang lelah jugak, tapi lumayan hemat dan bisa dapat banyaklah.
      Sayapun kalau ingat idul Fitri teringat almarhumah ibu saya ,sedang sakit parah saat itu, dua bulan kemudian ibu meninggal dunia, ini kali ke dua tak hari raya bareng ibu.

      Hapus
  11. Bikin sendiri memang lebih puas dan dijamin rasanya ya kak.
    Aku belum pernah bikin selai nanas. Bisa dicoba ini. Aku save dl hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk...hasilnya juga lebih banyak dan beragam...lebih hemat walo agak capek dikit ...hehe.

      Hapus
    2. Hemat adalah poin utama hehe soalnya lg banyak pengeluaran kan

      Hapus
    3. Iya,soalnya bagi"buat ini itu,gak hanya buat kue"aja hehehe

      Hapus
  12. cara buatnya praktis dan mudah sekali
    kemarin saya beli yang toples ukuran mini, harganya 40 ribu
    yang sedang pastinya berkisar diatas 70 ribuan
    terimakasih atas sharing resepnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas..makanya saya buat aja...bisa dapet beberapa toples,maklum ibu"..ngatur duitnya .

      Hapus
  13. Mmg bagus kalau dibuat siap2... Nanti tinggal dibuat adunan tepung sahaja.. di malaysia kuih raya tart nenas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang, kuehnya bahkan sudah selesai di buat, kue nastar ๐Ÿ˜

      Hapus