Gulai Terong Bakar & Ikan Bawal Masak Manis


Mreneyoo.com. Hari ini saya masak pakai bahan sederhana, hanya ada empat buah terong ungu dan ikan bawal buat lauknya, cari resep yang gampang aja tapi rasanya enak, jadilah saya masak gulai terong bakar dan ikan bawal masak manis.

Gulai terong bakar ini menggunakan terong panjang ungu dan santan sebagai kuahnya, yang bikin rasa kuahnya gurih adalah karena semua bahan termasuk bumbunya serba di bakar atau di sangrai, kecuali santannya.

Khusus untuk santannya enggak di masak menggunakan api, tetapi kuah santan hanya menggunakan air hangat yang matang, dan untuk mencegah supaya santannya enggak cepat basi, biasanya sayur ini sengaja di masak buat sekali makan atau di habiskan langsung, jadinya enggak perlu banyak-banyak bahannya.

Gulai Terong Bakar, bahan :

* 4 buah terong ungu, cuci bersih.

* Santan kelapa 1/2 butir, boleh santan instan   atau kemasan 1 buah ukuran kecil.

* Bawang merah 7 siung.

* Bawang putih 2 siung.

* Cabe merah 4 buah.

* Kemiri 4 buah.

* Lada sejumput kecil.

* Garam dan gula pasir secukupnya.

* Air matang secukupnya.

Cara membuat :

Bakar terong ungu di atas kompor sampai matang, angkat dan dinginkan lalu kupas bersih kulitnya dan potong-potong ukuran sedang.

Bakar atau sangrai semua bumbunya kecuali garam dan gulanya di atas teflon atau penggorengan tanpa minyak dengan api kecil, angkat.

Ulek semua bumbu sampai halus dan buat kuah santan dengan menggunakan air hangat yang matang.

Taruh irisan terong bakar pada panci atau mangkuk dan masukkan bumbu giling tadi kedalam nya, masukkan santan matang sebanyak kira-kira dua gelas biasa, cicipi rasanya, pedas, gurih dan manis.

* Lodeh kacang panjang, tempe & telur puyuh.

* Resep ayam jamur kemangi.

* Nasi tutug oncom, resep & cara   membuatnya.


Rasa sayur atau gulai terong bakar ini sangat nikmat dan harum karena ada aroma bakaran dari terong dan semua bumbunya, masaknya cepat dan rasanya sedap, yang belom pernah nyoba, pas banget buat yang mau masak simpel dan irit bahan.

Ikan bawal masak manis 



Bahan :

1/2 kg ikan..bisa ikan apa saja yang agak besar ukurannya, potong dua.

Bumbu :

* 8 siung bawang merah.

* 3 siung bawang putih.

* 5 buah cabe merah.

* 1 batang sereh geprek.

* 1 ibu jari lengkuas / 1 lembar daun salam.

* Bubuk kunyit secukupnya.

* Kecap manis secukupnya.

* 2 sendok saos tiram.

* 2 sendok saos tomat.

* Garam .

* Minyak goreng.

Bersihkan ikan, potong dua dan goreng matang, tiriskan.

Giling semua bumbu sampai halus dan tumis bumbunya, tambahkan saos tiram, saos tomat dan kecap manis, beri sedikit air, masukkan potongan ikan tadi, aduk pelan hingga bumbu tercampur rata, jika sudah matang, angkat dan sajikan, selamat mencoba.



Posting Komentar

30 Komentar

  1. Saya penggemar terung, selalunya saya suka buat terung balado atau sambal terung dengan ikan bilis. Terung bakar makan dengan sambal belacan pun sedap ๐Ÿ˜„

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya...terong di masak apapun pasti enak..buat sambel belacan pun pasti nambah lagi ๐Ÿ˜

      Hapus
  2. Menu terong
    wah itu kesukaan saya banget
    biasanya saya terongnya masih untuh
    kuahnya, ok juga tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...ganti-ganti menu sayurnya biar ga bosen.

      Hapus
  3. Kalau di sini, Kak SA buatvterung bakar macam tu dipanggil "lawar terung" allah rindunya nak masak lawar terung...arwah Mak Pah selalu buat dulu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh kalo di sana namanya lawar terung ya ?...memang enak terong di masak apa pun....pasti sedap masakan Mak Pah.

      Hapus
  4. Resepnya simple banget Mbak, dan kayaknya mudah dipraktikan. Tetapi yang Gulai Terong Bakar itu saya kira santannya dimasak juga, kalo baca tata cara di atas kayaknya enggak dimasak lagi ya. Jadi bumbu dan terong dimasukan ke panci atau mangkuk, terus diguyur. Dan bisa langsung dihidangkan ya... Revisi kalau saya salah, Mbak, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Santannya emang gak di masak mas..pake air hangat matang aja..dan biasanya untuk sekali makan aja...betul diguyur gitu jadi satu sama terong dan bumbunya.

      Hapus
  5. Saya loh mbak baru baru ini aja bisa makan terong,
    selama ini nggak pernah, aneh aja, ini buah apa sayur? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kenapa ? Enggak suka ya ...gak tau juga termasuk buah atau sayur....taunya di masak jadi enak aja wkkwk.

      Hapus
    2. saya juga baru suka makan terong, kalau dulu nggak jadi anak rantau mungkin saya nggak akan pernah tau rasa enaknya terong, dulu pertama kali & awal mula suka makan terong dari pas lagi krisis uang bulanan (haha), pas mau beli makan di warung makan eh lihat ada menu terong yang harganya paling murah, setelah nyobain ternyata enak juga hehe

      Hapus
    3. Terong di masak apa aja jadi nikmat,udah harga murah, kalau pinter masaknya jadi enak loh.

      Hapus
  6. Kapan-kapan coba bikin ini lah,,, dari dulu terong sudah jadi menu pilihan..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas .ini gampang banget bikinnya...ga ribet dan murah juga.

      Hapus
  7. xpernah buat masak terung begitu.. bolehla try nanti... ldy sbnrnye x pernah beli n masak terung.. huhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak loh sis..ayo di coba..mumpung bahannya murah dan caranya mudah๐Ÿ˜€.

      Hapus
  8. Sedapnya kedua hidangan di atas. Makasih ya, share resepi. Boleh dicuba, lagi-lagi gulai terong bakar.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis..silahkan di coba..mudah dan murah.

      Hapus
  9. sedapnyaaa tengokkk !! nanti boleh zaty cubaaa !!

    BalasHapus
  10. sedapnyaaaa kan bawal! fav sy tu! masak apa2 pun sedappppp

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama..sayapun penyuka bawal...di masak gulai asam pedas...kecap manis..acar ..sedaap

      Hapus
  11. dah masukkan sos tiram, then letak garam...
    tak jadi lagi masin ke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Garam cukup sejumput saja...gak perlu banyak"sekedar penajam rasa,sudah ada saos tiram dan saos tomatnya.

      Hapus
  12. oo terung bakar tu mcm terung salai kot. apapun mama suka Ikan bawal masak manis tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya terong bakar, mungkin mirip terong salai kalau di sana ya ..

      Hapus
  13. Aku pernah deh kayaknya coba menu terong ini. Pernah dimasak mama. Tapi blm pernah coba sendiri ๐Ÿ˜‚. Jadi pengen bikin mba. Apalagi aku sukaaa bgt Ama terong. Biasanya cuma di goreng makan Ama sambel terasi atau di balado. Enak juga digulai begini ๐Ÿคค

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk...di masak gini enak loh..soalnya ada bau" asap terong bakarnya dan bumbunya,rasanya pedas,gurih dan manis... ini juga yang ngajarin nenek aku , waktu aku masih gadis dulu hehehe.

      Hapus
  14. Menu terongku nggak pernah jauh2 kaya Mba Fanny sih, digoreng, terus cocol sambel terasi... Tapi sekarang kalau tiap makan terasi, akhirannya suka gatel-gatel badan... Kayanya alergi... btw, itu terungnya di goreng berapa lama mba, kulitnya menghitam nggak papa kah mba? Soalnya kan dia agak menghitam cepet yaa..

    Terus perbawangan sewaktu dibakar dalam bentuk gelondongan kan ya mba? nggak perlu dipotong2...?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terongnya di bakar mas Bay..bukan di goreng, ntar kalo udah mateng di kupas kulitnya dan di potong,"..trus bawangnya buleet"aja gak apa..pan ntar di giling semua...cuman santennya pake air Mateng..jadi gak perlu di masak..tapi asin,manis dan pedesnya harus pas..biar sedep

      Hapus