Mengatasi Mood Buruk dan Situasi Gak Nyaman




Mreneyoo.com
. Perasaan gak nyaman, stress, susah tidur, banyak pikiran, bad mood, mudah lelah fisik dan batin adalah masalah yang kerap muncul dalam diri kita, sadar atau tidak terkadang kita suka mendiamkan rasa tersebut, jika di biarkan lama-lama akan menimbulkan masalah baru bahkan penyakit.

Ini beberapa cara untuk membantu mengurangi rasa tak nyaman tadi :

🍀Identifikasi apa penyebabnya, cobalah untuk mengidentifikasi apa yang membuat kita merasa buruk atau gak nyaman, apakah itu karena stress, kelelahan, masalah pribadi atau hal lain.

* Frozen Shoulder & Penggaruk

* Menjaga mental tetap waras

🍀Coba amati perasaan kita, menyadari dan menerima apa yang di rasakan tanpa menekannya. Hal ini akan membantu mengelola emosi negatif dengan lebih baik.

🍀Lakukanlah aktivitas yang menyenangkan, seperti mendengarkan musik, membaca buku, menulis di blog, berkebun, memasak, jalan dan sebagainya.

🍀Bicaralah dengan seseorang yang bisa di percaya, misalnya dengan teman dekat untuk mendapatkan dukungan agar lebih plong, kalau perlu bicara pada para ahlinya supaya merasa lebih nyaman.

🍀Beri waktu untuk istirahat / jeda, jangan memaksakan diri untuk tetap aktif, berikan waktu untuk istirahat dan menjauhi pemicunya, terimalah bahwa memang ada saatnya kita merasa buruk dan gak menyalahi diri sendiri.

🍀Perhatikan kesehatan fisik, pastikan cukup tidur, makan makanan yang sehat dan olahraga untuk membantu memperbaiki mood.

* Merasa Penat dan Stress 

* Perawatan Gigi di Lynn Dental Care

Perasaan gak nyaman atau buruk memang gak bisa kita hindari, tapi setidaknya kita bisa belajar untuk mengelolanya dengan baik, admin sendiri kadang masih mengalami salah dua hal di atas, makanya jadi catatan buat pengingat diri dan yang pasti selalu minta petunjuk yang di Atas.

Demikian beberapa cara yang dapat di lakukan jika sedang mengalami mood yang buruk dan perasaan gak nyaman, semoga saja bisa membuat perasaan jauh lebih tenang.




Salam

Posting Komentar

44 Komentar

  1. Uy no poder domir es muy serio. Te mando un beso.

    BalasHapus
  2. Pengalaman dulu waktu masih kerja, sering banget stress karena produksi yg tidak sesuai target,,,dikejar-kejar bos sama customer jadi bikin stress...dan yang paling sering saya lakukan dengan selalu mengalunkan musik baik saat di tempat kerja maupun saat di rumah...
    Selain berdoa, ya itu terapi sederhana saya Mbak.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak mendengarkan musik adalah salah satu terapi sederhana,saya juga begitu.

      Hapus
  3. kalo lagi badmood atau lagi bosen atau apalah yang membuat hati ga enak, biasanya gw liat laut, sedikit merasa nyaman :D, kebetulan di tempatku juga di kelilingi banyak pantai hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kalau lagi gak mood biasanya dengerin musik apa kemana gitu, biasanya lumayan ngebantu si, wah anak pantai donk :D

      Hapus
    2. Maklum mbak, khanif kan anaknya Aquaman.😁

      Hapus
    3. Maksudnya Aqua galon ya wkkwk

      Hapus
    4. Galonnya isinya air laut semua, yang beli putri duyung.😂

      Hapus
  4. Memang suasana kerja kadang bisa bikin bad mood apalagi kalo ada target dari atasan.

    Tapi biasanya bad mood akan langsung hilang kalo tanggal satu gajian.🤣

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkk...kayaknya semua orang yang stress langsung sembuh total yaa 😁

      Hapus
    2. Ngga juga, coba itu orang yang ketawa pinggir jalan dikasih segepok malah dibuang.😂

      Hapus
    3. Soalnya duit monopoli mbak.😁

      Hapus
  5. Saya sering ngerasain nggak nyaman dulu pas awal2 masuk ke sekolah yang baru, susah banget buat adaptasi.. sempet mikir mau pindah ngajar aja, tapi ya setelah melalui drama yang panjang akhirnya bisa teratasi juga. Kalau badan gampang capek, sebenernya karena saya belakangan jarang olahraga, itu yang jadi PR banget😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masing" orang memang punya masalah sendiri"ya mas..tergantung gimana kita menyikapinya yaa....

      Hapus
  6. Ah, mungkin saya saat ini lagi stress juga nih. Berhubung tanggal tua, stress saya ini biasa dialami ahahaha, betul kata Kang Agus Warteg. Tanggal 1 solusinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hii mas Nuhid lama bertapa dalam goa....kayaknya tanggal gajian bikin stress pada hilang wkwkkk

      Hapus
  7. Kalau saya biasanya kulineran
    perut kenyang, pikiran ikut tenang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, kalau perut kenyang stres hilang ya hehe..

      Hapus
  8. Terima kasih perkongsiannya. Kesihatan mental tidak kurang pentingnya dari kesihatan fizikal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul sekali bang... kesehatan mental pun perlu di jaga

      Hapus
  9. Mood Cuya kadang kala turun naik..
    untuk happy kan diri Cuya suka dengar motivasi dan kata2 semangat yang best..
    dengar muzik dan menulis di blog juga menjadi kegemaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya masing-masing orang punya cara sendiri buat perbaiki mood

      Hapus
  10. Aku termasuk yg sering mood swing mba. Tapi untungnya udh tahu cara mengatasi. Yg pasti cari waktu sendiri, lalu melakukan hal2 yg aku suka, kayak membaca, nonton drama. Sebenernya kalo diatasi dengan traveling bakal lebih cepat normal 😄. Tapi itukan sesuatu yg ga bisa aku lakuin sesuka hati. Jadi aku cari solusi lain yg bisa mengobati bad mood tp dengan cara mudah 👍

    Sbnrnya asal kita tahu diri kita sendiri, harusnya tahu juga cara utk mengobati bad mood. Kcuali kalo udh termasuk parah bgt, baru deh mendingan minta saran ke ahli yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mbak ..banyak cara yang bisa dilakukan kalo pas mood kita berubah-ubah, yang penting pas melakukannya kita lebih ngerasa nyaman dan bikin hati senang, tergantung gimana kita nya juga.

      Hapus
  11. Setuju dengan yang dijelaskan mbak heni di atas. Satu hal yang perlu dilakukan kalau lagi badmood atau dalam masalah adalah benar-benar menyadari kalau sedang tidak dalam keadaan baik-baik saja. Tidak jarang kita temui orang yang denial dengan kondisi tersebut. Dia menganggap dirinya baik-baik saja. Tanpa disadari kelakuan dia mempengaruhi dan mengganggu orang di sekitarnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas Vai..kadang orang' menolak bahkan menganggap dirinya baik" saja,padahal sebetulnya dia lagi dalam suasana hati dan pikiran yg gak ok, tanpa dia sadari justru mengganggu yang ada di sekitar nya.

      Hapus
  12. Lama rasanya ga naruh komentar di blog mba ini. hehe.
    salah satu pertanda aku yang sangat stress berat saat menjalani pekerjaan terakhir. Mulanya aku denial kalau aku pasti bisa ngelewati masa-masa sulit tersebut, tapi lama-lama ternyata itu yang malah jadi pemicu stress yang aku alami. Setelah di timbang-timbang dan merasa kalau itu gak worth it dengan apa yang aku dapat. Daripada ada uang tapi kesehatan yang dipertaruhkan, lebih baik meninggalkan pekerjaan tersebut adalah solusi terbaik!
    Alhasil sekarang aku justru happy-happy aja. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul mbk..kesehatan mental juga sama pentingnya, kita gak bisa mengontrol pendapat atau pikiran orang lain, di tambah lingkungan kerja yang ga mendukung pasti tambah setress aja yaaa...istirahat, atau kata mbak nya bahkan keluar dari pekerjaan mungkin itu jalan terkahir, tapi lebih baik kita memilih itu dari pada persoalan nambah numpuk.

      Hapus
  13. mood ni turun naik bergantung pada situasi yang sedang kita lalui. pada masa sama jangan terbawa-bawa mood tu sampai ke luar. contoh, mood tengah tak baik sebab kena marah. bila ada yang tak sengaja buat salah dengan kita, tak mustahil kita akan hamburkan kemarahan terhadap orang tersebut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih..bener banget, kalau lagi ada masalah, saat mood lagi naik turun, bisa jadi malahan meluapkan emosi, memang harus bijak dalam mengelola emosi kalau tak mau berimbas pada diri sendiri dan orang lain.

      Hapus
  14. ya makanan pun ada kala dapat mempengaruhi mood seseorang. contoh, coklat. tapi saya kalau makan coklat rasanya sama.je mood saya🤣🤣🤣

    BalasHapus
  15. memang kalau mood lagi jelek itu rasanya sulit banget untuk beraktivitas, parahnya mau melukis, baca buku atau sekedar nonton drakor juga jadi malas. kacau deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mabk...serba salah semuanya....hehe

      Hapus
  16. kita perlu menjaga diri sendiri agar terhindar dari perkara negatif

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sii...kesehatan mental sama pentingnya

      Hapus
  17. Thanks for sharing tips atasi mood buruk. Biasalah tu, hidup ini ada naik turunnya. Lebih-lebih lagi kalau penyebabnya, adalah benda di luar kawalan kita. Harus belajar untuk terima dan berlapang dada. Tenang-tenang saja. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener sekali pasti ada pasang surut,baik dan buruk,kita ambil sisi positifnya saja, jangan terlalu berpikir keras, nikmati hidup ya... seperti Nur, terus berlari....

      Hapus