Nasi Tutug Oncom, Resep & Cara Membuatnya

Nasi Tutug Oncom

Mreneyoo.com. Kali ini admin mau berbagi menu sederhana nasi tutug oncom, resep dan cara membuatnya, ini adalah nasi khas Sunda yang harum dan gurih, yuk di simak !

Sebetulnya saya sudah kepingin banget buat nasi ini jauh-jauh hari, tapi belum ada kesempatan karena bahan untuk membuatnya belum lengkap.

Nah berhubung bahan dasarnya sudah ada dan mudah juga, sekalian aja saya coba resepnya untuk pertama kali, siapa tau sesuai dengan apa yang ada dalam pikiran saya, soalnya belum pernah nyobain sama sekali, tapi udah kebayang enaknya hehehe. Oia, saya buatnya bareng sepupu di rumahnya, karena gak enak kalau masak sendiri.


✔️ Lodeh kacang panjang & telur puyuh.

✔️ Nasi bakar telur ikan.

✔️ SSB Soto Spesial Boyolali Ibu Hj Hesti W


Bahannya :


* Nasi yang sudah matang 2-3 porsi piring.

* Oncom 2-3 buah.

* Cabe merah dan rawit sesuai selera.

* Kencur 1 ruas ibu jari.

* Bawang merah 7 siung.

* Bawang putih 4 siung.

* Gula merah / pasir sejumput.

* Garam dan penyedap rasa / terasi.

* Minyak goreng untuk menumis bumbu.


Cara membuat :


Oncom, sumber Google

Bersihkan dan cuci oncom, lalu peras bentar sampai airnya berkurang/kering, hancurkan oncom dengan cara di remas-remas, sisihkan. Ulek semua bumbu yang tadi, sisihkan.

Tumis bumbu sampai harum dan masukkan oncom tadi yang sudah di hancurkan, aduk sampai oncom berubah warna kuning kecoklatan sampai matang dan kering, cicipi rasanya apakah sudah pas gurih dan pedasnya, jika sudah pas dan matang / kering angkat dan sisihkan.




Ambil nasi yang sudah di wadahi dalam baskom atau kuali tadi dan aduk oncom yang sudah matang di atas nasi, aduk sampai bercampur rata, jika sudah rata, sajikan nasi tutug oncomnya di atas piring.



Nasi tutug oncom bisa di makan dengan lauk tambahan seperti tempe dan ayam goreng, sesuka kalian, lebih nikmat lagi jika ada tambahan lalapan daun kemangi dan timun, tapi berhubung cuma ada timun, ya sudahlah ini aja udah wuenaak, maafkan dengan tampilan yang seadanya 😁.

Rasa nasi tutug oncom yang sedikit pedas dan gurih terasa juga kencurnya yang menjadi ciri khas nasi ini, mudah banget kan resepnya dan cara buatnya juga enggak ribet, yuk di coba resep nasi tutug oncom nya, apalagi ujan-ujan begini bawaannya perut laper melulu.

Berhubung ada beberapa teman dari jiran yang nanya oncom itu seperti apa, ini saya tambahkan gambarnya, maaf yaa adminnya kelupaan naro gambarnya πŸ˜πŸ™.




Salam.

Posting Komentar

45 Komentar

  1. oncomnya sih saya tau,
    kalau nasi tutugnya belum pernah tau dan belom pernah makan
    tapi lidah saya masih belum cocok dengan oncom sih
    kebanyakan makan nasi pecel hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya nasi tutug oncom ada di beberapa rumah makan Sunda gitu mas, memang orang luar belom banyak yg familiar dengan nasi ini, kalo saya penyuka oncom sih hehehe

      Hapus

    2. saya kalau makanan sunda kemaren makan leunca

      Hapus
    3. Iya leunca juga enak, di masak pedes

      Hapus
  2. Saya sempat tanya Pak Google, apa itu oncom.
    Hari ini saya dapat tambah ilmu dalam dunia masakan, iaitu oncom. Uniknya kulinari Indonesia. Kaya dan mewah dengan pelbagai menu.
    Terima kasih kongsi resipinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak Amie, oncom itu fermentasi dari kacang kedelai / soybeans, enak kalau di buat nasi tutug oncom,bahannya mudah dan sederhana

      Hapus
  3. Kalo di Cirebon.. terutama di desaku, oncom itu ya sebutan utk tempe..
    Sama gak sih?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayaknya beda deh mas..kalau tempe dari kacang kedelai nya yg di fermentasi,kalo oncom sih dari ampas tahu gitu yg di fermentasi .

      Hapus
  4. Tanpa lauk tambahan pun pasti sedap. Bunda suka ....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bunda, makan pake lalap timun gitu aja udah enak loh...

      Hapus
  5. enak juga buat sarapan kayaknya.. waktu kerja di jkt sarapan gw lantong dan isinya oncom :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang enak mas Khanif, gampang juga buatnya,cocok buat sarapan hehe...

      Hapus
  6. Gracias por la receta. Te mando un beso.

    BalasHapus
  7. Oncom ni rasanya macamana ye Mreneyoo? Ada rasa macam tempe ke?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda kak Carneyz, memang bahannya juga dari kedelai/ soybeans,tapi ampasnya yg di ambil,biasanya dari ampas pembuatan tahu, lalu di fermentasi, dia empuk tekture nya tidak seperti tempe, warnanya oranye.

      Hapus
  8. Setelah saya google, saya masih tidak mengerti oncom itu apa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wajar ya kalau gak ngertiπŸ˜€ karena memang asalnya dari sini,terutama dari Jawa barat, terbuat dari ampas tahu/kacang kedelai/soybeans yg di fermentasi.

      Hapus
  9. Balasan
    1. Kalau saya cek di toko online ada yg jual, tapi gak tau apakah awet atau nggak kalau pengiriman jauh😁.

      Hapus
    2. tunggu saya datang ke sanalah baru saya beli omcom ni hehehe

      Hapus
    3. Okelah..di tunggu,nanti borong oncomnya😁

      Hapus
  10. terima kasih berkongsi resepi. kalau buat dessert, omcom ni sesuai dengan dessert yang bagaimana? savoury? manis?

    BalasHapus
  11. Kyanya enak ya, meskipun belum pernah nyoba.

    BalasHapus
  12. Di semarang tidak ada yang jualan oncom. Jadi bakal kesulitan makan nasi tutug oncom ini. Aku pernah makan oncom. Pertama kali makan rasanya aneh karena belum pernah makan itu. Kemudian jadi terbiasa dan ternyata enak juga rasanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Vai karena biasanya oncom kebanyakan ada di daerah Jawa Barat, makanya makanan di sana banyak yg terbuat dari oncom,salah satunya nasi tutug oncom ini,sebagai penyuka dan mudah nemuin oncom, saya ada kesempatan membuat resepnya, eh ternyata memang enak hehehe...

      Hapus
  13. unik menu nya...tambah ilmu utk ilmu masakan di indonesia

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..ini menu sederhana masakan tradisional

      Hapus
  14. Aku suka sih, tapi kalo mau makan ini biasanya LGS ke resto Sunda langganan mba πŸ˜…. Soalnya yg doyan cuma aku. JD kalo bikin sendiri kayak rugi aja 🀣. Suami ga doyan oncom, tempe, cuma suka tahu πŸ˜…

    Enak memang, apalagi di makan dengan lalapan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk Fanny biasanya ada di resto Sunda gitu, berhubung aku suka dan bahan juga murah dan ada sekalian buat aja,makannya rame"πŸ˜€

      Hapus
  15. Belajar ilmu baru dari entri ini. Oncom. Unik resepinya. Musykil saya, rasanya bagaimana. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya oncom memang bahan nya unik karena terbuat dari ampas tahu yg di fermentasi.

      Hapus
  16. Oncom ini sama tempe gambus sama atau beda ya mba? Kok aku kayanya baru lihat warna orange begitu. Aku kira itu kunyit 🀣🀣

    Jadi ngidam aku 😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda mas Bayu,kalo oncom ni terbuat dari ampas pembuatan tahu, di fermentasi jadi deh si once😁memang warnanya kuning, bukan karena kunyit.

      Hapus
  17. kalau bukan rasa tempe... rasanya apa ya oncom ni... jd musykil pulak sy.. jd kepingin nk merasa nasi tutuq oncom

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau mentah hambar kak..tapi kalau sudah di olah jadi makanan sedaaap kak

      Hapus
  18. Ooo..tak pernah dengar pulak..tak pasti lah kalau kenalan Indonesia sini ada simpan ingredients macamtu ke tak kat sini..huhu....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang ini khas di sini, jadi agak susah juga,walau online ada takut nya gak segar lagi kalau di kirim

      Hapus
  19. rupa macam nasi goreng..tentu sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya..sepintas memang mirip,hanya pengolahan dan bahan yg berbeda.

      Hapus
  20. aku belum pernah makan oncom mba, kayaknya di kotaku Jember sini, jarang liat penjual oncom, mungkin karena aku udah jarang ke pasar ya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh jarang ada nemu oncom ya mbk?.memang kebanyakan sih di Jabar apa Jakarta gitu siih..kalau tempat saya banyak yg jual.

      Hapus