Makan Siang Sederhana, Bening Oyong & Acar Gurame



Mreneyoo.com. Menu makan siang saya kali ini praktis dan sederhana aja, bening oyong atau gambas dalam bahasa Jawanya dan acar gurame, walau agak gak nyambung gak apalah yaw, yang penting ada sayur nya.

Gambas atau oyong mudah di dapat, kebetulan ada stok nya dan saya juga sudah beli ikan gurame nya, kalau di goreng biasa aja rasanya koq bosen ya gak ada pedes-pedesnya, di buat acar bumbu kuning kayaknya cocok nih.

Bacain donk :

🍲 Ayam kuah bumbu pedas.

🍲 Oseng bunga pepaya no pahit.

🍲 Resep ayam jamur kemangi.

Kalau gambas atau oyong cukuplah di sayur bening aja, biasanya ada tambahan soun, berhubung stok soun lagi kosong, akhirnya saya buat sayur bening biasa aja dengan tambahan daun kemangi. Yuk di simak resep sederhana makan siang saya kali ini.




Acar Gurame 

Bahan-bahannya :

* Ikan gurame 1 buah ukuran 1 kilo di potong lima.

* Bawang merah 10 siung.

* Bawang putih 4 siung.

* Kemiri 5 buah.

* Daun salam 2 lembar.

* Sereh 2 batang.

* Kunyit 1 ruas ibu jari.

* Laos / lengkuas 1 ruas ibu jari.

* Cabe merah besar 10 buah,sesuai selera.

* Minyak goreng.

* Garam dan gula secukupnya.

Cara membuat :

Setelah ikan di bersihkan dan di potong 5 bagian, beri sedikit perasan jeruk dan garam supaya gak amis, goreng ikan hingga matang, angkat dan sisihkan.

Giling atau haluskan semua bumbu kecuali daun salam, tumis bumbunya sampai harum dan matang, beri sedikit air, dan masukkan potongan ikan gorengnya, cicipi apakah rasa asin dan manis nya sudah pas, kalau sudah mengental dan masak, segera angkat acar guramenya dan sajikan.

Bening Oyong / Gambas :

* Bersihkan gambas dan cuci lalu potong kecil-kecil sesuai selera.

* Kemangi secukupnya.

* Bawang merah 4 siung.

* Bawang putih 2 siung.

* Garam secukupnya.

* Penyedap rasa.

* Cabe 2 buah + tomat 1 buah di iris.

Rebus air dan masukkan irisan bawang merput dan cabe tomatnya, kalau air sudah mendidih segera masukkan oyong / gambasnya, masukkan garam dan penyedap rasa, jika hampir masak masukkan daun kemangi, angkat dan sajikan, masak oyong gak perlu terlalu lama biar gak lembek ya guys. Selamat mencoba, yuk makan.




Salam

Posting Komentar

57 Komentar

  1. oh sayur petola rupanya... ya masak bening campur suun sedap

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh sayur petola kalau di sana ya kak,baru tau saya.

      Hapus
  2. sedapnye.. mcm lauk ldy hari tu :D

    BalasHapus
  3. Mbak Hen, itu pasti enak banget ya... apalagi acar guramenya, bikin ngiler ngeliatnya.🀀

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sederhana dan sehat pak guru...enak juga hehe

      Hapus
  4. Uishhh simple begini pun dah sedap
    Dapat makan dengan nasi putih panas panas
    fuhhhhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang pasti lebih sehat karena masak sendiri... ya kan...

      Hapus
  5. selain ikan gurame, ikan apa lagi yang sesuai untuk resepi ini?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ikan nila ada gak di sana...intinya ikan yang ukuran lebar ,bukan jenis yg kecil.

      Hapus
    2. ada.
      tapi selalunya digoreng sahaja...

      Hapus
    3. Coba in masak yang ini,kalo ga repot πŸ˜€

      Hapus
  6. dah lama ga makan oyong, tinggal sendiri jauh dari rumah emang kadang males nyarinya apalagi masak sendiri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas...kalo ngekos mah mending beli..praktis.

      Hapus
  7. Sayur petola masak air macam ni simple tapi sedap. Mudah pula tu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mudah buat nya kak,segar juga iya..sehat

      Hapus
  8. it looks so good and yummy! maybe i should try!

    BalasHapus
  9. Mbaaaa ini bumbu acarnya enak ya kalo untuk ikan baronang? Jujyur aku gatau rasa ikan baronang kek apaa dan takut bgt buat pegang ikan tp lagi cari2 resep yg sekiranya enak gituu wehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduuh..aku justru jarang beli ikan baronang mbk....seringnya gurame atau nila ajaπŸ˜€tapi kalau ukuran ikan nya lebar ya biasanya enak/cocok di buat ikan acar mbk Nad.

      Hapus
  10. okayyy mbaa, aku coba buat deh. bener-bener dah buntu soalnya kek gakebayang mau diapain. sempet mikir mau digoreng biasa aja tp kalo sekilo digoreng semua keknya bosen :"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayoo...silakan di eksekusi ikannya mbk...siapa tau suka .... biar ganti " rasa

      Hapus
  11. ala I nak reply on my prev comment but tak jumpa button balas. But that really looks so good. Thank you for sharing.

    BalasHapus
  12. Saya baru tahu kalau nama lain dari oyong itu gambas, Mbak.
    Istri saya kadang masak sayur bening oyong ditambah soun,
    Makan hanya dengan sayur bening oyong itu ditambah peyek teri, ah nikmat banget Mbak.

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak...nama nya gambas kalau di Jawa...sayur sederhana dan sehat, makan pakai lauk simple aja sudah enak.

      Hapus
  13. Baru tahu kalo bahasa Jawa nya oyong itu gambas. Soalnya disini nyebut nya oyong juga mbak.😁

    Sedap enak gurih ikan gurame nya.πŸ˜€

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Agus...gambas...suruh si nyonyah masak gurame acar gihπŸ˜€

      Hapus
  14. Mbaaa Laperrrr... wkwk.. Belum makan dari malam karena hujan deras disini.. Coba kita tetanggaan yaa.. 🀀 bisa tuh pakai sistem Bagi-Hasil,,, Saya yang beli bahannya, Mba yang masak. ntar udah jadi dibagi deh.. wkwk πŸ˜‚ *Canda

    Pagi ini lapar banget mba. Mau masak geh bingung, karena isi kulkas cuma ada Oreo, chiki, astor, dan snack lainnya.. wkwk. Mau beliii nasi uduk niatnyaaa pagi itu. ehh hujannya masih deres banget, mau jalan juga jauh banget... Nasib tinggal di Komplek nggk punya tetangga yang kepikiran buat bikin usaha nasduk 😭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yoook mampir sarapan dulu di sini πŸ˜€...ada nasi goreng niih barusan buat ...kecium gak harumnya sampe kesana... .wkwkkk.

      Btw itu isi kulkas kenapa cemilan semua mas Bayu? Keliatan suka ngemil yaah 😁... sini pun sudah gelap gulita tinggal nunggu jatoh ujannya.

      Hapus
  15. WAAAAH acar gurame nya menggoda banget, jadi pengen icip juga :D

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah. Masakan simple beginilah yang paling enak, bagi saya. Terima kasih, share resepinya.

    BalasHapus
  17. Wak pun panggil sayur gambas
    Orang sini panggil sayur petola
    Kalau ikan gurame tu dipanggil ikan kalui

    BalasHapus
  18. Sayur petola aku sukaaaaa. Tapi kalo ikan memang kurang sikiiit πŸ˜‚. Ikan aku doyannya kalo digoreng kering atau bakar mbak.

    Paling enak kalo makan sayur petola bening ini Ama sambal , duuuuh langsung bisa habis banyak . Dimakan gitu aja tanpa nasi pun enak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk...di Malaysia namanya ternyata petolaπŸ˜€ baru tau aku, emang enak di bening aja, seger ...

      Ikan bagi yang gak terlalu suka emng di goreng garing atau di bakar bisa kemakan ya..apalgi kalo ada cocolan sambel kecap.

      Hapus
  19. di sini lebih dikenali ikan talapia goreng garing berlada :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda " ya bang namanya.. hehe

      Hapus
    2. Nama nya beda tapi yang penting masakan nya harus sedap .. :D

      Hapus
    3. Di batam restoran malaya cafe ada gurami goreng seperti ini..sedapp bangat

      Hapus
  20. Hidangan begini sudah cukup lengkap.
    Ada karbo, protein dan serat.
    Yang pastinya ia makanan yang sihat dan berkhasiat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak.. sederhana saja, yang penting cukup lengkap semuanya.

      Hapus
  21. Ada kemangi dalam sayur bening oyong. Mantap seger banget rasanya tu.
    Ikan gurame barangkali di tempat kami ikan kaloi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebetulan ada kemangi, memang jadi lebih segar dan harum...wah ikan kaloi namanya, nambah ilmu baru sayaπŸ˜€

      Hapus