Menikmati Pindang Kepala Ikan di Rumah Makan Pindang Meranjat Riu



Mreneyoo.com. Sebagai orang Sumatera dan penggemar ikan, saya kepingin nyobain ikan yang di masak pindang asam, sebetulnya saya sendiri sering masak pindang ikan, tapi beda kuahnya, di rumah makan Pindang Meranjat Riu ini kuahnya bercitarasa pedas, asam dan berwarna merah.

Biasanya kuah pindang asam buatan saya hanya bumbu iris, bukan berwarna merah, walaupun rasanya pedas dan asam, beda dengan pindang asam di sini yang asam pedas dan merah, di tambah dengan irisan buah nanas ada sedikit manis di kuahnya.

Nah pas malam Imlek, kakak dan adik serta seorang ponakan saya datang ke Lampung, mumpung ada libur beberapa hari, malam itu kami mendatangi salah satu rumah makan Pindang Meranjat Riu yang berlokasi di Jl. Pangeran M.Noer, Palapa Bandar Lampung, rumah makan ini memang menyajikan makanan khas Sumatra.

Kami memesan beberapa menu seafood seperti ikan dan olahan lainnya, tak ketinggalan sambalnya. Di sini memang sambalnya sambal segar, ada sambal tomat / terasi, sambal mangga dan sambal nanas, masing-masing orang mendapat free satu mangkuk kuah ikan pindangnya buat di hirup-hirup.




Pesanan pun enggak lama, karena malam itu sedang hujan gerimis halus, jadi baru ada beberapa pengunjung yang datang.

Untuk rasanya, ikan pindang ini kuahnya terasa asam pedas dan sedikit manis karena ada tambahan potongan buah nanas di dalamnya, untuk rasa kuahnya sendiri sangat segar, pas di lidah saya sebagai penyuka ikan olahan yang di masak begini, asamnya segar, ada sedikit pedas dan gurih, juga sedikit manis, ikannya enggak amis sama sekali, kebetulan yang kami pesan itu kepala ikan, jadi sebagai penyuka kepala ikan, hidangan ini cocok banget buat saya, saya kasih nilai delapan untuk pindang ikan asamnya, bangek temon kalo kata orang Lampung πŸ‘.


Pindang simba

Pindang baung


Untuk oseng bunga pepaya-nya juga enak, karena enggak terlalu terasa pahitnya, serta ada campuran ikan terinya, jadi kuahnya gurih pedas, ada rasa pahit tapi dikiiit banget.


Oseng bunga pepaya

Nah buat sambelnya, kami juga pesan sambal mangganya, rasa sambalnya segar, pedas dan terasa asam manis dari buah mangganya, saya nggak tau jenis mangga apa, tapi cocok dan pas rasa sambelnya, segeer, di sini juga ada menu buat nyeruit, penggemar seruit khususnya orang Lampung pasti bakalan cocok dengan menunya.

Untuk ikan bakarnya kebetulan ini ikan gurame bakar, jadi pas banget dengan menu makan malam kali ini yang serba seafood di tambah dengan cocolan lalapan dan sambal mangganya, plus udang saos padang, yang asam manis dan sedikit pedas.

Sebagai penutup kami memesan dua gelas vave, yaitu es krim dengan campuran buah mangga dan alpukat di tambah perintilannya, ada wafer dan coco crunch sebagai topingnya, tapi menurut saya rasanya gak terlalu wow sih, yang wow justru makanan utamanya.



Buat teman-teman yang berada di seputaran Bandar Lampung dan sekitarnya, terutama penggemar seafood dan sambal lalapan serta pindang ikan, rumah makan Pindang Meranjat Riu ini ok banget bisa jadi pilihan bagi penggemar seafood, tempatnya enak, ada pondokan dan lesehan, meja kursi juga ada bagi yang gak mau lesehan, makan di sini di jamin perut kenyang hati pun senang πŸ˜€.




Salam


Posting Komentar

52 Komentar

  1. ldy x pernah makan.. mesti sedap kan makanan Indonesia..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rasanya sedap sis..segar ,asam pedas dan gurih, saya penyuka ikanπŸ˜€

      Hapus
  2. ya allah...sedapnya masak pindang...fav kak SA tu Mreneyoo....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kak, sayapun penyuka pindang ikan ini..segar rasanyaπŸ˜€πŸ‘

      Hapus
  3. Oh..masak pindangnya warna merah. Seakan warna masakan asam pedas tapi yang ini lebih cair kuahnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, barangkali mirip kuah asam pedas,tapi ini gak terlalu kental sisπŸ˜€

      Hapus
  4. Aduh, aku mlh gak terlalu suka ama ikan mbak... apalg disuruh mkn kpalanya 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah kebalikan sama saya yaa...penyuka ikan, justru makan kepala ikan punya ke asiikan tersendiri.. hehehe

      Hapus
  5. zaty lapar sekarang ni lepas tengok hidangan ii ni. sedap bangat kelihatannya!! πŸ˜‹

    BalasHapus
  6. Kebetulan daerah sini pinggiran pantai dan banyak lelang ikan, tapi belum ada olahan ikan seperti pindang asam ini. Kalo deket dah pengen nyobain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sekali-sekali nyobain di buat masakan kayak gini mas, siapa tau cocok ,mumpung dekat dengan pantai.

      Hapus
  7. Sedapnya masak pindang, ada rasa masam dan manis dari nenas. Lama saya tak makan lauk pindang ikan ni. Biasa arwah ibu saya masak dulu, pindangnya warna kuning. Yang ini, warna merah ya. Hirup panas-panas masa cuaca hujan, nikmat! :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sis, ini rasa kuahnya asam pedas dan ada sedikit manis dari nanasnya,segar pokoknya..

      Hapus
  8. Lahhh jadi lapar.. wkwk 🀣 Maklum anaknya suka ileran mba kalau lihat foto makanan... btw, Mba Heni apakah pernah masak Bunga Pepaya sebelumnya? kebetulan di depan rumah aku ada pohon pepaya yg bunganya banyak sekali... Baca ini langsung kepikiran kalau tetangga depan ada rencana mau babat abis pohonnya. Terus kepikiran apa bunganya tak cabutin buat nyoba bikin sayur.. πŸ˜…

    Cuma ya gitu, aku khawatir kalau ternyata beracun (?) hehe...

    Enakk ya mba,, Hujan2 makan yang anget-anget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunga pepaya kalo udah di cuci di remes pake garam mas, dua tiga kali, trus cuci bersih,nah pas ngerebus bunga pepaya-nya di kasih asam Jawa....jadi ntar pas ngolahnya jadi tumisan gak pait amat.

      Hapus
  9. M parecieron muy ricos los postres. Te mando un beso.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,itu adalah vave, es krim buah dengan bermacam toping, terimakasih sudah berkunjung.

      Hapus
  10. Kepala ikan ini kesukaan ibuku :D Btw, vave mirip es krim di Pizza Hut gak sih? Kan bisa pakai topping sereal juga, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ibunya penyuka ikan pindang ya mbk....iya kayaknya mirip-mirip yang di Pizza Hut deh

      Hapus
  11. Hmmm...sepertinya lezat nih Mbak pindang kepala ikannya. Belum pernah saya coba mencoba makan pidang kepala ikan, barangkali nanti ketemu juga di restoran2 sekitar Sukabumi.
    Oseng bunga pepaya? Nah ini unik banget. Sepertinya disini gak ada kebiasaan memasak bunga pepaya Mbak. Ini jadi bikin saya penasaran banget...

    Salam,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pak...ini pindang kuah asam pedas begini biasanya orang Sumatra yang memasak olahan seperti ini, sekali"di coba pak,manatau suka...oseng bunga pepaya itu rasanya agak pait"dikit pak,tapi nambah selera makan.

      Hapus
  12. Wa menarik ini.. ikan baung adalah antara ikan kegemaran saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kepala ikan baung memang cocok di buat kuah asam pedas begini.. hehe.

      Hapus
    2. Kalau di Malaysia .. sy kdg masak singgang yg hanya di rumah bersama rempah ratus dan daun kesum yg wangi .

      Hapus
  13. Meriah bangat es krim dengan campuran buah tu.. sangat puas di makan .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bang...ada rasa buahnya...satu gelas tu bikin perut kenyangπŸ˜€

      Hapus
    2. Harus diberi perut puas kalau mata sudah puas melihat hahahahaa

      Hapus
  14. ada menu bunga pepaya ya
    wah itu kesukaan saya bangat
    saya mau yang porsi jombo dah, kalau segitu bagi saya kurang banyak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Suka oseng bunga pepaya juga ya mas ?...porsinya bisa di tambah lagi kalau kurang banyak.. hehehe

      Hapus
  15. Kalo aku kadang beli ikan pindang di pasar lalu istri suruh masak. Lumayan enak sih, cuma lebih enak yang langsung makan di restoran ya mbak, rasanya beda dengan sehari-hari.😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo yang pindang di jual di pasar beda lagi rasanya mas...kan gurih aja ya...tapi bisa juga mungkin di buat pindang asam pedasnya kalo mau yg berkuah.

      Hapus
  16. yuk link judulnya dibikin warna yang cerah saat disentuh kursor, jangan warna putih,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Link judulnya yang mana ya mas...maklum lewat hp, coba nanti saya cek

      Hapus
  17. sedapnyaaaa lauk pindang
    lebih2 lagi kalau ikan
    fuhhh mkn macam ni
    3 kali tambah nasi pun tak sedar
    hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,kuah pindangnya itu yang bikin selera dan ketagihan karena asam pedas dan manis, segaaarπŸ‘

      Hapus
    2. selalunya masuk sayur apa dalam kuah pindang tu?
      kalau kami kat sini, bendi atau sayur suluh keladi...

      Hapus
    3. Biasanya jarang di masukkan tambahan sayur, hanya buah yang rasanya asam manis seperti nanas atau belimbing wuluh saja.

      Hapus
  18. meriah betul ice cream nyaaa...
    da macam2 topping
    ;-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi rasanya tak terlalu istimewa, lebih enak makanan beratnya ...hehehe.

      Hapus
  19. Paling penting di rumah makan padang memang kepala ikannya, kalau buatku lho yaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbk, kepala ikan emang beneran pas di lidah saya, yang penting ada pedes"nya dan gak kelewat amis.

      Hapus
  20. waduh jadi laper mbak, kebetulan belum makan :)

    BalasHapus
  21. Aku kalo pindang ikan agak milih mba πŸ˜…. Soalnya memang ga terlalu suka ikan kalo dimasak kuah.

    Tapiii pernah coba yg enak, ya suka jadinya. Walo ga bisa dipungkiri, ada juga pindang ikan yg sukses bikin aku muntah waktu itu, pake ikan belida 🀣. Amisnya ampuuun ...

    Kalo nanti ke Lampung, aku ga keberatan untuk coba ini, Krn utk tahu bakal suka atau ga, ya hrs coba dulu 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebagai penyuka ikan, kalo di aku cocok mbk Fanny,aku suka kuahnya yang asam,pedas gurih dan ada manisnya dikit dari buah nanasnya,bukan yg kemanisan..seger gitu, ..saya malahan baru tau kalo ikan belida di pindang,taunya cuman di buat kerupuk dan mpek-mpek ajapaling banter di pepes 😁...

      Hapus
  22. Aku orang jawa dan juga suka ikan. Makanya ketika tinggal di sumatera-kalimantan merasa senang karena punya kesempatan makan ikan lebih banyak dan lebih bagus kualitasnya ketimbang ikan laut yang ada di jawa. Terserah mau dimasak hanya digoreng, dibakar, pakai kuah, diasap pasti bakal aku makan. Minggu lalu ibuku masak kuah kepala ikan manyung yang dipanggang atau diasap :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penggemar ikan pasti suka walau ikan di olah dengan cara apa saja, sebagai penyuka ikan khususnya kepala ikan memang ada keasikan tersendiri begitu makan kepala ikan, tulang dan daging bisa di srusup di selah"tulangnya...

      Gimana mas dengan olahan kepala ikan manyung asapnya...sedap kan πŸ˜€

      Hapus
  23. Aku suka oseng bunga pepaya. Itu pindangnya ikan patin atau ikan apa mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mbk Naia suka oseng bunga pepaya ya?...pait" dikit tapi enak hehehe.
      Ini kepala ikan simba dan ikan baung mbk, biasanya dari sungai.

      Hapus
  24. habis makan pindang dan gurami terus menikmati es krim, enakk banget
    aku sebenernya doyan doyan aja sama pindang cuman kadang malesnya kalau harus milah durinya hahaha
    gurami ehmm ini masih mending, meskipun berduri tapi ga sesulit pindang kalau milahnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak..pindang asam adalah salah satu ikan yang aku gemari, emang duri ikan tu lumayan banyak apalagi kalo di masak berkuah,agak sulit buangin tulang nya.. hehehe

      Hapus