Oseng Jantung Pisang & Sambal Bawang


Mreneyoo.com. Tau jantung pisang ? Udah pernah makan atau bahkan belum pernah tau sama sekali rasanya, jantung pisang enak di buat sayur oseng atau santan, kalau di lalap mentah rasanya agak sedikit getir karena getahnya, walau sudah di cuci tetap terasa sepet.

Kalau sebelumnya saya udah pernah ngerasain makan soto pak Muh dan jajan boci yang berkuah pedas, kali ini saya masak oseng jantung pisang sebagai menu makan siang saya, praktis aja cara masak dan bumbunya.

Kebetulan saya dapat jantung pisang pemberian tetangga sebelah rumah, tapi sayangnya di rumah lagi gak ada santan, jadi kali ini jantung pisang saya oseng-oseng aja, lebih sehat dikit lah, gak santan melulu, bahannya sederhana tapi rasanya uenak pool lur, sedikit pedas dan gurih.

Pertama-tama kupas bagian kulit jantung pisang yang berwarna merah, bagian dalam yang agak muda yang di ambil, cuci bersih jantung pisang menggunakan sedikit garam supaya getahnya keluar, setelah itu potonglah menjadi dua-tiga bagian dan rebus jantung pisang hingga matang.

Setelah matang, angkat jantung pisang dan sisihkan, iris sesuai selera, yang penting jangan hancur aja, soalnya kan udah di rebus tadi, lalu  persiapkan bumbu-bumbunya, di sini saya gak pakai banyak bumbu, cukup simpel aja.

Bumbu :

* Bawang merah 7 siung.

* Bawang putih 2 siung.

* Daun salam 2 lembar.

* Cabai rawit merah besar 5 buah.

* Ebi atau udang kering secukupnya.

* Bubuk kunyit secukupnya.

* Garam secukupnya.

* Gula pasir sejumput.

* Minyak untuk menumis dan sedikit air.

Cara memasak :

Giling semua bumbu dan ebi sampai halus, tumis bumbu hingga harum, masukkan bubuk kunyit, daun salam, masukkan juga irisan jantung pisangnya, tambahkan sedikit air, garam dan gula, masak hingga matang dan kuah sedikit menyusut, cicipi rasanya, sudah pas atau belum, jika sudah, angkat dan sajikan.




Kebetulan saya juga buat sambal bawang, caranya gampang dan bahannya juga gak banyak, cukup 6-7 butir bawang merah, 2 butir bawang putih, cabai rawit merah yang besar 6 buah, garam dan sejumput gula pasir.

Goreng sebentar bawang merah dan putih, angkat dan giling semua bumbu jadi satu, terakhir tuangkan minyak goreng yang panas secukupnya ke dalam ulekan sambal tadi, sajikan... selamat mencoba.






Posting Komentar

16 Komentar

  1. sayur dari jantung pisang kadang masih dibuat sama keluargaku, itupun waktu masih ada nenekku.
    Dulu waktu kecil sampe mikir, kok bisa-bisanya ada sayuran dari jantung pisang. malah waktu kecil ini ontong kalau aku sebut, malah aku buat mainan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini emang sayuran jadul ya mbk..hanya orang-orang dulu yang tau kayaknya😁akupun taunya dari nenekku semasa hidup sering buat sayur jantung pisang ini, cucu nya nerusin resep wkwk.

      Hapus
  2. Gracias por la receta. Te mando un beso.

    BalasHapus
  3. sukaaaa bgt masakan ini, tapi memang aku ga pernah masak sendiri mba... dulu selalu asistenku yg masakin... enak juga,,, tp ya itu yg doyan ini cuma aku dan aisten doang, jd suka lamaaaa baru abis hahahaha. asisten ku yg jago masak udh resign, jd ga pernah bikin lagi. aku nya juga males krn cuma aku doang yg makan.. jd masak 2x hihihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini masakan jadul si sebetulnya,kayaknya jaman sekarang udah jarang banget nemuin sayur jantung pisang, akupun taunya dari nenek ku dulu mbk Fanny 😀dan aku sukaa,apalagi kalo bumbunya gurih dan pedas👍

      Hapus
  4. Wah mbak aku kalo sambelnya kek gitu, makan apapun pastinya enak. Apalagi ini ada jantung pisang, takkan nolak. Saya yakin akan nambah nasi putih kalau menunya seperti itu, nampol

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai mas Cipu..iya saya cuman masak yang gampang "aja, tapi rasanya cukup uenaak ,pedes dan gurih...nyaamm

      Hapus
  5. sedapnyaaaaaa lauk. ini kalau ada ikan masin or ikan goreng, boleh bertambah nasi 3 pinggan ni!😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,tapi kebetulan saya masak ikan kembung yang kecil-kecil 😁

      Hapus
  6. sambal bawang tu, macam sambal ayam penyet ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,mirip sambal ayam penyet...pedaaas mantab

      Hapus
  7. Waaah, ini termasuk kesukaan saya, oseng jantung pisang. Mantap. Makasih banyak resepnya ya. Salam dari Jogja. Semoga sehat selalu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama pak...ini cuman menu ala ndeso..sederhana tapi nikmat.

      Hapus
  8. kalau saya suka jantung pisang di masak bersama daging asap... di malaysia dipanggil Masal lemak yng menggunakan coconut milk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, biasanya juga saya masak pakai santan kelapa,tapi kebetulan lagi kosong santannya.

      Hapus